7 Gerakan Olahraga untuk Membentuk Otot Perut

  • Bagikan
7 Gerakan Olahraga untuk Membentuk Otot Perut
ruparupa.com

Seruni.id – Membentuk otot perut tidaklah mudah. Sebab, diperlukan latihan khusus yang dilakukan secara rutin. Tidak hanya pria, wanita pun juga bisa memiliki otot pada perutnya, loh. Caranya dengan melakukan gerakan yang dapat membentuk otot perut. Selain itu, penting juga untuk menerapkan gaya hidup sehat. Keberhasilan juga dilihat dari cara kita mengonsumsi makanan sehari-hari. Nah, berikut ini, Seruni telah merangkum beberapa gerakan yang bermanfaat untuk membentuk otot perut, di antaranya adalah:

 

1. Mountain Climber

7 Gerakan Olahraga untuk Membentuk Otot Perut
kompas.com

Gerakan olahraga untuk membentuk otot perut yang pertama adalah mountain climber. Selain membentuk otot perut, gerakan ini juga bisa melatih kekuatan otot tangan dan juga kaki. Cara melakukannya mulailah dengan posisi push up, pastikan lengan lurus dengan satu lutut di antara siku, dan kaki berada di belakang.

Lakukan gerakan seperti memanjat dengan menggunakan kaki kanan dan kiri secara bergantian. Nantinya, otot pada bagian perut akan terasa seperti ‘ditarik’. Mountain climber adalah salah satu gerakan yang bagus untuk membakar kalori serta mampu mengecilkan perut buncit.

 

2. Reserve Crunch

7 Gerakan Olahraga untuk Membentuk Otot Perut
bodybuilding.com

Ingin membentuk otot perut dengan waktu singkat? Lakukanlah gerakan reserve crunch secara rutin. Untuk melakukannya, berbaringlah dan angkat kaki sehingga paha dan lutut berada dalam posisi ditekuk. Bawalah lutut ke bagian dada, lakukan gerakan ini secara berulang. Nantinya kamu akan merasakan perut lebih kencang sesaat setelah melakukannya dengan rutin.

 

3. Plank

7 Gerakan Olahraga untuk Membentuk Otot Perut
kompas.com

Salah satu cara membentuk otot perut adalah dengan melakukan gerakan plank. Gerakan ini tidak hanya unutk menguatkan initi perut, tapi juga membangun kekuatan daya tahan tubuh. Olahraga yang praktis dan tak membutuhkan banyak alat ini cocok untuk dilakukan di rumah.

 

4. Gerakan Bersepeda

7 Gerakan Olahraga untuk Membentuk Otot Perut
orami.co.id

Gerakan berikutnya yakni menyerupai saat kita sedang bersepeda. Bagaimana cara melakukannya? Berikut langkah-langkahnya:

  • Berbaringlah dengan telentang di lantai dengan punggung diluruskan.
  • Posisikan tangan berada di belakang kepala.
  • Kemudian, angkat kaki ke arah dada dan kepala sedikit dimajukan.
  • Lakukan gerakan mengayuh kaki secara bergantian seperti bersepeda.
  • Ulangi macam gerakan ini 20 kali setiap latihan untuk mendapatkan hasil yang optimal.

 

5. Bird Dog

7 Gerakan Olahraga untuk Membentuk Otot Perut
facetofeet.com

Bagi kamu yang masih pemula, lakukanlah gerakan bird dog untuk membentuk otot perut. Gerakan ini mengharuskan kamu untuk menggerakkan anggota tubuh berlawanan secara bersamaan. Cobalah dalam posisi telentang dan angkat tubuh seperti merangkak.

Lalu, angkat salah satu tangan dalam keadaan lurus ke depan. Dibarengi dengan salah satu kaki yang berlawanan direntangkan ke belakang. Tahan posisi untuk satu ketukan, lalu kembali perlahan ke gerakan awal. Melakukannya secara berulang akan menguatkan otot bagian perut dan juga kaki.

 

6. Gerakan Superman

7 Gerakan Olahraga untuk Membentuk Otot Perut
orami.co.id

Cara membentuk otot perut yang berikut ini mungkin sudah tidak asing lagi. Terutama bagi kaum pria. Gerakan superman bisa dicoba unutk memiliki bentuk perut yang ideal. Bisa dengan memanfaatkan peralatan olahraga sebagai tumpuan tubuh ketika melakukan gerakan ini. Lakukan gerakan seperti push up di udara dengan kaki yang disangkutkan pada alat.

 

7. Hollow Body Hold

7 Gerakan Olahraga untuk Membentuk Otot Perut
sfidn.com

Gerakan berikutnya adalah hollow body hold. Untuk melakukannya, siapkanlah matras, lalu mulailah dengan mengangkat bahu dari lantai. Pada saat bersamaan, angkat lutut dan kaki hingga membentuk sudut 90 derajat.

Sambil mempertahankan posisi ini dengan punggung yang ditekan, mulailah bergoyang ke depan dan ke belakang. Lakukan gerakan tersebut secara berulang selama 20 detik. Untuk membuat latihan lebih menantang, cobalah untuk memperpanjang waktu latihan.

Baca Juga: 25 Jenis Gerakan Olahraga Mengecilkan Perut Buncit

Demikianlah beberapa gerakan yang dapat dilakukan untuk memperkuat otot perut. Apapun gerakan yang dilakukan, pastikan kamu selalu mengimbanginya dengan pola hidup yang sehat. Ingat, ya. Hasil yang baik akan terbayarkan dari proses panjang yang kamu lalui. Selamat mencoba!

  • Bagikan