Pelupa dengan Pikun, Beda atau Sama?

0
pelupa dengan pikun
Ilustrasi Pelupa

Seruni.id – Melupakan sesuatu adalah hal yang wajar, tapi jika sering lupa apakah masih wajar? Sering lupa, ada yang menyebutnya sebagai pikun. Lantas, apakah pelupa dengan pikun sama?

Beberapa ahli menegaskan bahwa pelupa dengan pikun adalah dua hal yang berbeda. Apa perbedaan dari keduanya?

Pikun adalah penurunan fungsi kognitif yang disertai dengan perubahan perilaku. Pikun dapat menyebabkan perubahan aktivitas keseharian. Sementara itu, orang yang lupa belum tentu pikun. Pelupa disebabkan hanya karena adanya penurunan daya ingat yang berkaitan dengan memori jangka pendek maupun memori jangka panjang.

Pada seseorang yang terserang pikun, sangat mungkin karena ada persoalan yang tidak beres dengan sistem otaknya. Namun, jika bagi seseorang yang pelupa, maka hal itu justru menunjukkan tingkat kecerdasan yang tinggi.

Baca juga: Pelupa Merupakan Salah Satu Ciri Orang yang Cerdas?

Pikun terjadi biasanya dikarenakan adanya perubahan dalam saraf manusia. Perubahan yang terjadi bisa saja dikarenakan faktor usia, penyakit, ataupun efek dari penggunaan obat-obatan kimia. Memang, saat seseorang mengalami pikun, orang tersebut sangat mudah lupa dengan hal-hal di sekitarnya. Dalam beberapa kasus, pikun bahkan hampir menyerupai kehilangan ingatan.

Sedangkan untuk kasus pelupa, hanya memiliki kebiasaan lupa untuk hal-hal sepele yang tidak begitu berat. Seperti contohnya, lupa menaruh kunci motor, atau lupa menaruh dompet. Pada kasus pelupa, biasanya dikarenakan adanya kerja otak spesial yang memfilter mana informasi penting, dan mana yang kurang penting. Untuk informasi ringan yang dianggap tidak begitu penting, otak akan mengabaikannya sehingga mudah lupa. Kinerja otak seperti pelupa ini tidak dimiliki oleh semua orang.

Baca juga: Top Secret! Cara Mudah Cegah Pikun Saat Usia Makin Tua

Seorang pelupa akan bisa mengingat jika diminta mengulang lagi kronologi kejadian yang membuatnya lupa menempatkan suatu barang. Sedangkan, seorang yang pikun sama sekali tidak dapat mengingat apa yang baru saja ia lakukan, apalagi menelusuri lebih jauh lagi dengan mengulang kronologi kejadian.

Selain itu, orang yang pikun biasanya akan lupa terhadap sesuatu dalam waktu yang cukup lama. Meskipun kejadiannya diulang beberapa kali, seseorang yang pikun akan tetap tidak ingat. Namun, untuk seorang pelupa biasanya hanya lupa sebentar saja. Ketika kejadiannya diulang, orang yang pelupa akan ingat lagi apa yang sudah ia lupakan.

Jadi, sudah tahu kan bedanya pelupa dengan pikun?

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.