Alasan Penting Memberi Jeda 30 Menit untuk Minum Setelah Makan

Alasan Penting Memberi Jeda 30 Menit untuk Minum Setelah Makan
health.detik.com

Seruni.id – Langsung minum setelah makan mungkin sudah menjadi kebiasaan banyak orang. Sepintas, tidak ada hal yang salah mengenai ini. Namun, nyatanya hal ini sangat tidak dianjurkan, loh. Mengapa demikian?

Alasan Penting Memberi Jeda 30 Menit untuk Minum Setelah Makan
fame.grid.id

Bisa Menyebabkan GRED

Menurut seorang nutrisionis asal California, Amerika Serikat, Claire Martin, meminum air putih di sela atau selesai makan dapat memperburuk gastroesophageal refluz disease (GRED) alias naiknya asam lambung. Hal ini akan menyebabkan kembung, perut tidak nyaman, serta gangguan pencernaan lainnya.

Di dalam lambung, terdapat asam hidroklorida yang memiliki peran penting dalam menghancurkan makanan yang dikonsumsi. Sehingga, air putih yang masuk ke dalam perut secara bersamaan dengan makanan dapat mengubah tingkat keasaman lambung dan memperlambat pencernaan.

Dalam sistem pencernaan, makanan yang masuk akan dihancurkan, lalu dipecah kandungannya. Nutrisi penting akan diserap tubuh secara optimal, sedangkan sisanya dibuang. Jadi, jika makanan tidak dicerna dengan baik, hal ini akan mempengaruhi keseluruhan fungsi pencernaan.

Kapankah Waktu yang Baik?

Perlu kita ketahui, ternyata waktu terbaik minum setelah makan adalah dengan memberi jeda 30 menit. Hal ini disebabkan karena ketika tubuh mencerna makanan, ada porsi cairan yang perlu dijaga agar tetap seimbang. Apabila kalian terbiasa minum usai makan, hal yang dikhawatirkan adalah keseimbangan proporsi tersebut bisa terganggu. Apalagi butuh waktu dua jam agar makanan yang kita konsumsi dicerna dengan baik oleh tubuh.

Selain itu, langsung minum usai makan bisa menyebabkan kamu akan menjadi mudah lapar. Hal ini yang nantinya menyebabkan kita mengonsumsi makanan secara berlebihan, sehingga kalori yang masuk pada tubuh menjadi berlebihan.

Masih ada lagi dampak buruk jika kalian terbiasa langsung minum setelah makan, yakni bisa menyebabkan heartburn atau rasa panas pada dada. Hal itu karena terhambatnya proses sekresi enzim yang mengakibatkan peningkatan kadar asam pada tubuh.

Oleh karena itu, ada baiknya mulai sekarang cobalah untuk memberi jeda untuk minum, setidaknya 30 menit setelah makan. Dengan jangka waktu itu, tubuh sudah terkondisikan untuk proses pencernaan. Sehingga kalian akan terhindar dari gangguan kesehatan seperti obesitas, meningkatknya kadar gula darah hingga kolesterol.

Baca Juga: 5 Minuman Sehat yang Mampu Atasi Rasa Lemas Saat Bangun Tidur

Kalau kamu terbiasa minum air putih sebelum atau sesudah makan nih? Lantas, spa yang kamu rasakan? Cerita di kolom komentar, ya!

1 KOMENTAR

  1. Aku terbiasa dg minum 2jam setelah makan dan minum 2jam sebelum makan. Lalu perut / penvernaan berasa enak. Hal ini sdh saya lakukan sejak 8tahun yg lalu…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.