8 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Ponsel Baru

8 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Ponsel Baru
idntimes.com

Seruni.id – Seiring berkembangnya teknologi, berbagai tipe smartphone kian bermunculan. Tak jarang membuat kita tergiur untuk membeli ponsel baru. Apalagi, tiap kali peluncuran model baru, beragam fitur ditawarkan demi menarik minat pembeli. Namun, sebelum kamu memutuskan untuk membeli ponsel baru, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, di antara sebagai berikut:

8 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Ponsel Baru
suara.com

1. OS atau Sistem Operasi

Kalau kamu memutuskan untuk membeli ponsel berbasis Android, usahakan kamu mengetahui sedikit informasi tentang OS buatan Google tersebut. Setidaknya kamu mengetahui perbedaan antara Android 9 Pie dan Android 10. oh, versi terkini Android 10 menawarkan sejumlah fitur baru dan unik. Namun, saat ini masih belum banyak seri smartphone yang beredar di pasaran memakai Android 10.

Seruni sarankan, untuk kamu fokus pada dua versi OS Android tersebut. Setidaknya pilihlah Andorid yang sudah menggunakan Android Pie. Mengapa demikian? Sebab, kemungkinan besar perangkat Android Pie tersebut akan mendapatkan update ke Adroid 10, dibandingkan versi yang sebelumnya. Selain itu, pastikan kamu tidak tergiur dengan harga murah, tetapi masih menggunakan OS Android dengan sistem Nougat atau Marshmellow yang sudah lama.

2. Desain dan Fungsi

Selain sistem yang digunakan, biasanya desain juga akan menjadi pertimbangan sebelum membeli ponsel baru. Mungkin kamu lebih suka smartphone dengan bodi yang berbeda. Namun, kelengkapan fitur perangkan sebaiknya tidak dilupakan, ya. Salah satu fitur tersebut adalah port 3,5 mm audiojack dan micro SD. Tak sedikit produk smartphone yang menghilangkan fitur tersebut dengan beragam alasan. Oleh sebab itu, pertimbangkan semua hal berdasarkan fungsi dan fitur yang mungkin kamu butuhkan.

3. Prosesor dan RAM

Prosesos sendiri memiliki peran penting dalam sebuah smartphone, yang bekerja layaknya otak di dalam tubuh kita. Sebab, prosesor merupakan pusat kendali seluruh fungsi komponen di dalam ponsel yang kamu miliki. Berhubung sebagian besar smartphone saat ini menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon, hal yang satu ini sudah pasti menjadi pilihan. Selain prosesor, komponen penting lainnya yang akan mendukung performa smartphone adalah RAM. Perlu diingat, secepat apapun prosesor yang digunakan, tidak akan berfungsi dengan baik jika tidak didukung dengan kapasitas RAM yang memadai. Melihat perkembangan aplikasi, gim, dan fungsi smartphone yang semakin beragam, kami menyarankan untuk setidaknya memilih RAM minimal 4GB.

4. Perhatikan Kapasitas Baterai

Nah, yang satu ini tak boleh luput dari perhatian, ya. Tapi, sepertinya bukanlah hal yang sulit menemukan smartphone dengan kapasitas baterai yang besar. Terlebih, sejumlah vendor mulai menghadirkan smartphone dnegan kapasitas baterai besar. Saat ini, ponsel dengan kapasitas baterai di atas 3.000 mAh sudah menjadi standar smartphone, yang bisa digunakan untuk keperluan sehari-hari.

5. Kemampuan Kamera

Belakangan, beberpa vendor smartphone kini sudah mulai memerhatikan kualitas dan fitur kamera yang terpasang pada produk buatan mereka. Terbukti, tak sedikit perusahaan yang menawarkan berbagai macam fitur dan megapiksel yang fantastis untuk menarik perhatian pembeli. Tapi, Seruni sarankan, kamu tidak terlalu fokus pada angka megapiksel yang tercantum, ya. Karena besarnya megapiksel tidak memberikan informasi lengkap dan penting tentang kemampuan kamera smartphone ketika mengambil gambar.

6. Mem-backup Data

Selain hal-hal di atas, mengenai back up data, juga penting untuk diperhatikan. Pastikan kamu telah mem-back up data berukuran kecil melalui layanan Google, ya. Cara melakukannya cukup mudah, kunjungi Settings > Accounts > Google > (nama akun) dan nyalakan opsi “Sync” untuk semua jenis layanan yang dikehendaki. Data yang ditransfer nantinya sudah tersinkronisasi secara otomatis. Lantas, apakah hanya file dengan ukuran kecil saja yang dapat diback up? Tenang saja, kamu bisa memindahkannya melalui komputer. Selain itu, kamu dapat memanfaatkan server Cloud, Dropbox, atau Google Drive untuk menyimpan data-data penting.

7. Melakukan Factory Reset

Jika kamu berniat membeli smartphone baru, jangan lupa untuk melakukan factory reset (reset pabrik). Fungsinya adalah untuk menghapus semua data, dan pengaturan smartphone akan kembali seperti pertama kali dibeli. Caranya adalah buka Settings, lalu pilih back up dan reset. Pengguna akan diminta memasukkan kode PIN yang digunakan untuk mengunci perangkat sebelum sistem reset pabrik.

Baca Juga: 6 Tanda Kamu Sudah Ketergantungan dengan Smartphone

8. Jangan Sembarangan Ketika Mengeluarkan SIM Card atau Memori

Dan terakhir yang harus dilakukan adalah mengeluarkan SIM card dan kartu memori dari smartphone. Namun, perhatikan caramu mengeluarkan kedua kartu penting itu. Berhati-hatilah ketika mengeluarkannya dari kompartemen yang membutuhkan tusukan pin khusus.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.