Penyebab Hepatitis A dan Cara Mencegahnya

beritagar.id

Seruni.id – Hepatitis A menjadi perbincangan hangat setelah penyakit yang menular ini mewabah di Pacitan, Jawa Timur. Mewabahnya penyakit ini tentunya membuat banyak orang panik. Penyakit tersebut telah dikategorikan sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB) sehingga membuat banyak orang bertanya-tanya tentang penyebab hepatitis A ini.

liputan6.com

Hepatitis A merupakan sebuah penyakit yang menyerang organ hati, yang kemudian mengalami peradangan yang disebabkan oleh infeksi virus, bakteri dan parasit hepatitis A. Penyakit ini akan menular dengan mudah, bisa melalui makanan atau minuman yang sudah terkontaminasi hepatitis A.

Penyakit ini akan mudah menular apabila tinggal satu rumah atau kontak fisik dengan penderitanya. Jika telah tekontaminsai, akan ada perubahan pada warna mata dan kulit yang menjadi kuning. Itulah yang menyebabkan penyakit hepatitis A sering disebut dengan penyakit kuning.

Baca Juga

Lantas, Penyebab Hepatitis A?

Hepatitis A sendiri disebabkan oleh virus dan parasit biasanya melalui makanan dan minuman. Seperti makanan yang tidak dimasak dengan baik, pencemaran air buruk, sanitasi yang buruk serta tingkat kebersihkan yang rendah menjadi jalan bagi penyakit hepatitis menyerang tubuh.

Gejala Ketika Terserang Hepatitis A

Mudahnya hepatitis A menular, membuat penyakit ini harus diwaspadai secara ekstra. Salah satu cara mewaspadainya ialah dengan mamahami gejala yang akan muncul ke fisik penderita. Berikut gejalanya:

• Perubahan warna mata dan kulit menjadi kuning
• Demam
• Lemas
• Mual dan muntah
• Warna urine gelap
• Warna tinja pucat

Pengobatan Hepatitis A

Apabila sudah mengalami gejala penyakit hepatitis A maka yang harus dilakukan selanjutnya ialah proses pengobatan. Pengobatan yang bisa dilakukan ialah menjaga tubuh untuk tidak terkontaminasi lebih parah penyakit hepatitis A. Artinya pola hidup sehat akan bisa ringankan gejala penyakit hepatitis A.

Penyakit hepatitis A sebenarnya akan sembuh dengan sendirinya. Hal itu terjadi terkait sistem kekebalan tubuh penderita yang mampu membasmi virus dalam tubuh. Biasanya apabila penderita sudah sembuh dari penyakit ini maka tubuh penderita akan kebal dari penyakit hepatitis A.

Cara Mengantisipasi

• Memperbaiki pola hidup yang bersih dan sehat
• Menjaga kebersihan diri
• Tidak mengonsumsi makanan mentah atau setengah matang
• Lakukan vaksinasi hepatitis A

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.