Selain Makanan, Ini 6 Penyebab Kolesterol Tinggi

  • Bagikan
Selain Makanan, Ini 6 Penyebab Kolesterol Tinggi
blog.insanmedika.com

Seruni.id – Selama ini, mungkin kita hanya tahu bahwa kolesterol sangat buruk untuk kesehatan tubuh. Namun ternyata, kolesterol juga penting untuk tubuh kita, karena dapat membantu mentransportasikan lemak ke beberapa area tubuh, sehingga dapat digunakan sebagai energi. Akan tetapi, jika kadar kolesterol tidak seimbang, alias kolesterol tinggi maka akan menjadi sebuah masalah.

Selain Makanan, Ini 6 Penyebab Kolesterol Tinggi
anlene.com

Melansir Verywell Health, jumlah kolesterol jahat (lipoprotein densitas rendah/LDL) tinggi dapat berkontribusi terhadap masalah kesehatan, seperti penyakit jantung dan stroke. Menjaga keseimbangan kolesterol dalam tubuh dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung dan memastikan tubuh kita menggunakan energi secara efisien.

Banyak dari kita yang mengira waba penyebab kolesterol tinggi adalah konsumsi makanan tertentu, padahal penyebab kolesterol tinggi adalah dari beberapa faktor. Berikut penyebab kolesterol tinggi yang perlu kita ketahui:

1. Pola Makan

Penyebab kolesterol tinggi yang pertama adalah karena pola makan. Menurut Eat This, Not That, ada sejumlah kebiasaan makan yang menjadi faktor pemicu kolesterol tinggi, di antaranya sebagai berikut:

Kurang Makanan Serat

Serat dari sumber pangan nabati, seperti biji-bijian utuh, buah, sayur, kacang, hingga legume berkaitan dengan penurunan kolesterol LDL, kolesterol jahat yang memicu peradangan dan penumpukan plak di arteri.

Makanan Tinggi Karbohidrat Olahan

Studi menemukan bahwa ketika lemak jenuh diganti dengan karbohidrat olahan seperti gula, rasio kolesterol cenderung memburuk. Artinya, kolesterol baik turun dan kolesterol jahat naik.

Tinggi Konsumsi Produk Hewani

Mengonsumsi makanan tinggi lemak jenuh dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular. Memasak dengan mentega. Lebih disarankan menggunakan minyak nabati untuk memasak, seperti minyak zaitun extra virgin, minyak alpukat, atau minyak safflower yang secara signifikan dapat mengurangi kolesterol total dan kolesterol jahat.

Pola Makan Tinggi Lemak Trans

Konsumsi makanan tinggi lemak trans dapat meningkatkan kolesterol jahat. Meningkatkan konsumsi serat dapat menjadi cara untuk menurunkan kolesterol secara alami. Kita juga bisa meningkatkan konsumsi makanan tertentu yang dapat menaikkan kolesterol baik, seperti ikan dan alpukat.

2. Gaya Hidup

Gaya hidup tidak sehat juga bisa menjadi penyebab kolesterol tinggi, loh. Oleh karena itu, kita dianjurkan untuk menerapkan pola hidup aktif dan sehat demi menjaga keseimbangan kolesterol, seperti:

  • Memastikan jalan kaki atau berolahraga setidaknya lima hari dalam seminggu, dengan durasi setidaknya 30 menit.
  • Menjaga pola tidur yang baik.
  • Berhenti merokok.

3. Genetik

Faktor genetic memegang peran penting dalam menentukan tingkat kolesterol dalam tubuh. Kondisi seperti hiperkolesterolemia familial, misalnya, dapat menyebabkan kadar kolesterol yang sangat tinggi. Maka dari itu, apabila kita memiliki riwayat keluarga dengan kadar kolesterol tinggi, mungkin kita perlu melakukan pemeriksaan riwayat genetik. Bahkan, sejumlah peneliti juga menunjukkan kadar kolesterol yang berbeda antar populasi kulit putih, kulit hitam, dan Asia Selatan. Namun, masih perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk memahai hal ini.

4. Kondisi Kesehatan yang Mendasari Beberapa Penyakit

Beberapa jenis penyakit seperti arteri koroner, aterosklerosis, diabetes, dan hipertensi, biasanya berhubungan terhadap kadar kolesterol tinggi. Peningkatan kadar kolesterol dapat membuat kondisi tersebut memburuk. Jadi, penting bagi mereka untuk mengendalikan kadar kolesterol dalam tubuhnya. Sering kali, dokter akan meresepkan obat yang disebut statin untuk mengobati kadar kolesterol tinggi. Statin bekerja sama dengan obat lain untuk membantu menurunkan kadar kolesterol

5. Stres

Kolesterol tinggi juga bisa diakibatkan karena stress yang berkepanjangan. Hal tersebut akan merusak keseimbangan fungsi tubuh. Tekanan darah dan kolesterol darah orang stres cenderung lebih tinggi dibandingkan ketika stresnya sudah terkendali.

6. Kurang Olahraga

Kurang olahraga dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Begitu juga sebaliknya, olahraga yang dilakukan secara teratur diketahui dapat meningkatkan kolesterol high density lipoprotein (HDL) atau kolesterol baik. Selain itu, olahraga sangat bermanfaat untuk menekan kolesterol total dan kolesterol jahat, membakar trigliserida, serta menurunkan berat badan.

Baca Juga: 5 Trik Mengolah Masakan Bersantan Saat Lebaran Agar Minim Kolesterol

Jadi, itulah beberapa penyebab kolesterol tinggi selain dari makanan. Semoga dengan adanya artikel ini, kita dapat lebih peduli dengan kesehatan, ya. Terutama masalah kolesterol ini. Pastikan untuk selalu menjalani pola hidup sehat.

  • Bagikan
seruni.id