Sulit Menghilangkan Perut Buncit? Ini 8 Penyebabnya!

  • Bagikan
Sulit Menghilangkan Perut Buncit? Ini 8 Penyebabnya!
okezone.com

Seruni.id – Hal yang paling menjengkelkan bagi banyak orang adalah, melihat perutnya yang masih saja buncit. Padahal, segala upaya telah dilakukan untuk menghilangkan perut buncit. Mulai dari diet hingga olahraga. Namun, tak juga menunjukkan tanda-tanda perut mengecil.

Sulit Menghilangkan Perut Buncit? Ini 8 Penyebabnya!
journal.sociolla.com

Jika sudah seperti ini, bukan lagi cara apa yang harus dilakukan, tapi langkah terbaik adalah mencari tahu penyebabnya. Bagi kamu yang sedang mengalami masalah ini, yuk cari tahu apa saja penyebabnya melalui ulasan yang Seruni rangkum melalui artikel berikut ini.

1. Selalu Stres

Salah satu faktor penyebab sulitnya menghilangkan perut buncit adalah stres. Contohnya, jika kamu sudah olahraga sangat ekstra dan menjaga makanan, tapi sayangnya kamu justru terjebak dalam pikiran yang stres. Tak heran kalau perut buncit sulit untuk dimusnahkan.

Perlu diketahui, bahwa tubuh kita sangat dipengaruhi oleh apa yang kita pikirkan. Begitupun ketika merasa stres, otomatis tubuh akan mendeteksi sehingga menyebabkan hormon kortisol lebih banyak. Hormon ini diketahui memiliki peranan terhadap penumpukan lemak pada perut, loh.

2. Salah Memilih Program Diet

Sudah diet, tapi belum juga menunjukkan tanda lemak di perut menghilang? Coba diingat-ingat, apakah program diet yang kamu lakukan itu sudah tepat? Maka dari itu, penting sekali untuk mengetahui tinggi tubuh, berat badan, indeks massa tubuh, dan komposisi lemak di tubuh untuk menentukan diet yang tepat. Jika perlu, kamu bisa menghubungi dokter atau ahli gizi untuk merencanakan pernurunan berat badan.

3. Terobsesi dengan Berat Badan

Mungkin kita selalu penasaran dengan berat tubuh kita, sehingga terus-menerus menimbangnya. Namun, ternyata kebiasaan ini adalah salah satu penyebab sulitnya menghilangkan perut buncit, loh. Karena setiap kali angka timbangan tak sesuai ekspektasi, hal ini justru bisa menyebabkan pikiran negatif dan merusak suasana hati.

Agar tidak menggagalkan niatmu untuk menghilangkan perut buncit, Seruni sarankan timbanglah badan setidaknya seminggu sekali atau sesuai anjuran dokter. Dengan begitu, kamu tidak akan cemas ketika melihat angkanya.

4. Cara Makan yang Salah

Alasan mengapa susah mengecilkan perut buncit yang berikutnya adalah karena cara makan yang salah. Mayoritas dari kita pasti sudah tahu, bahwa tumbuh membutuhkan banyak vitamin, karbohidrat, dan bahkan lemak itu sendiri. Namun, apabila kita kekurangan atau mengecualikan satu di antaranya, maka kerugian akan kita rasakan.

Contohnya, hanya mengonsumsi sayur dan buah-buahan atau fast food alias makanan cepat saji, gula, dan garam, dapat menyebabkan sulitnya menurunkan berat badan. Oleh karena itu, penting sekali untuk mengonsumsi gizi seimbang yang meliputi magnesium, vitamin, lemak sehat, serta gizi lainnya.

5. Malas Berolahraga

Menjaga makanan sudah, tapi masih sulit menghilangkan perut buncit? Mungkin ini terjadi karena kamu yang malas berolahraga. Karena diet tanpa dibarengi dengan olahraga, tidak ada artinya. Jadi, jangan heran kalau kamu masih merasa sulit untuk menghilangkan perut buncit.

6. Sering Mengonsumsi Minuman Tinggi Gula

Terlalu sering mengonsumsi minuman tinggi gula, tidak hanya membuat kadar gula pada tubuh jadi meningkat secara drastis. Namun juga membuat perut menjadi buncit. Apabila hal ini terjadi, maka sebaiknya segeralah ganti minuman tersebut dengan air mineral. Selain lebih sehat, air mineral dapat membantu menjaga metabolisme tubuh sehingga program dietmu berjalan lancar.

7. Adanya Gangguan pada Usus

Sulitnya menghilangkan perut buncit tidak hanya disebabkan oleh lemak. Jika kamu memiliki tubuh kurus, tetapi perut tampak buncit, cobalah periksakan ke dokter. Bisa jadi terdapat gangguan pada pencernaan seperti perut kembung, iritasi usus, bahkan laktosa intoleran. Jangan lakukan self diagnose, ya. Periksakan pada dokter yang ahli di bidangnya agar kamu bisa mendapatkan penanganan yang tepat.

8. Hanya Mengandalkan Satu Jenis Latihan Olahraga

Olahraga teratur adalah cara yang tepat untuk mengurangi perut buncit berlemak. Tapi penting untuk tidak lupa bahwa latihan harus beragam. Setiap jenis latihan memengaruhi tubuh dengan cara tertentu.

Misalnya memadukan latihan kardio dengan latihan beban. Tambahkan latihan intensitas tinggi, seperti lari atau berenang untuk cepat mengecilkan perut. Tak harus di tempat gym, di rumah pun kita masih bisa melakukan beberapa work out.

Baca Juga: 5 Gerakan Pilates untuk Mengatasi Perut Kembung

Jadi, itulah beberapa penyebab mengapa sulit sekali menghilangkan perut buncit. Yuk segera cek, apakah kamu sering melakukan hal seperti yang Seruni sebutkan atau tidak?

  • Bagikan
seruni.id