10 Aplikasi yang Dapat Mengakses PeduliLindungi

  • Bagikan
10 Aplikasi yang Dapat Mengakses PeduliLindungi
phiradio.net

Seruni.id – Aplikasi PeduliLindungi kini memang dibutuhkan untuk melacak penyebaran Covid-19, serta menjadi salah satu syarat untuk melakukan berbagai aktivitas di sejumlah tempat. Jika sebelumnya, kamu harus mengunduh aplikasi tersebut, kini kamu tak perlu lagi repot-repot melakukannya.

10 Aplikasi yang Dapat Mengakses PeduliLindungi
cnbcindonesia.com

Sebab, PeduliLindungi telah terintegrasi dengan sejumlah aplikasi lainnya. Hal ini tentu saja untuk memudahkan setiap orang dalam menggunakan aplikasiki tersebut. Lantas, aplikasi apa saja ya yang dapat mengakses PeduliLindungi? Yuk cari tahu selengkapnya pada artikel berikut ini:

Berbagai Fitur PeduliLindungi di Sejumlah Aplikasi

Meski terdengar mudah dan bisa diakses di mana pun, tapi tak sedikit orang mengeluhkan mengenai kendala saat menggunakan PeduliLindungi. Salah satunya adalah kesulitan untuk mengakses berbagai fitur yang ada di dalamnya.

Untuk memudahkan masyarakat, maka dari itu, pemerintah memutuskan untuk menambahkan PeduliLindungi melalui aplikasi lain. Dengan begitu, masyarakat akan lebih mudah mengaksesnya tanpa harus menginstalnya.

Apakah Fiturnya Masih Sama?

Ini mungkin menjadi salah satu hal yang kerap dipertanyakan, yakni apakah fiturnya masih sama atau tidak? Tentunya fitur yang tersedia di aplikasi lain berbeda dengan versi asli, ya. Pada aplikasi aslinya kamu dapat mengakses banyak fitur, mulai dari lokasi penyebaran Covid-19, pendaftaran vaksin, hingga sertifikat vaksin.

Sedangkan, di aplikasi lain yang terintegritas memiliki akses yang cukup terbatas. Bisa dibilang, PeduliLindungi pada aplikasi lain merupakan versi beta kedua, sehingga hanya dapat melakukan pemindaian scan QR code untuk masuk ke berbagai tempat umum. Seperti pusat perbelanjaan, perkantoran, bank, hingga lokasi lainnya.

Fitur Scan QR Code di Aplikasi Lain

Sejumlah orang memiliki alasan tersendiri mengapa tidak mengunduh aplikasi PeduliLindungi. Namun, terhitung dari bulan Oktober ini, kamu dapat mengaksesnya melalui aplikasi lain. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, fiturnya sangat terbatas.

Meski demikian, tetap dapat membantu kamu saat membutuhkan akses scan QR code sebelum masuk ke area publik. Kamu pun hanya perlu membuka salah satu aplikasi yang terintegrasi dengan PeduliLindungi agar bisa check-in lewat scan QR code saat masuk ke lokasi tertentu. Namun, jika dirasa kurang lengkap. Maka, kamu bisa langsung mengaksesnya melalui PeduliLindungi, ya.

Aplikasi Apa Saja yang Dapat Mengakses PeduliLindungi?

Bagi kamu yang memiliki salah satu aplikasi di bawah ini, berbahagialah, karena kamu tak perlu mendownload PeduliLindungi secara langsung. Apa saja aplikasi tersebut? Berikut daftarnya:

  • Cinema XXI
  • Dana
  • Gojek
  • Grab
  • Jaki
  • Linak Aja
  • Shopee
  • Tokopedia
  • Traveloka
  • Tiket

Bagaimana cara untuk dapat melakukan scan QR code pada aplikasi di atas? Mudah saja. Kamu hanya perlu melihat di halaman muka aplikasi tersebut. Di bagian home atau halaman muka, nantinya kamu akan menemui logo PenduliLindungi.

Kamu cukup menekannya, kemudian aplikasi tersebut akan mengarahkanmu untuk mengisi Nama Lengkap dan NIK sesuai KTP. Selanjutnya kamu pun bisa menekan tombol ‘Lanjut Scan QR’ untuk melakukan scan QR code sesuai yang ada di masing-masing lokasi.

Apakah Aman?

Lantas, apakah aman jika PeduliLindungi terintegritas dengana aplikasi lain? Apakah data kita tetap terjaga dengan baik? Menurut Kementerian Kesehatan (Kemenkes), pihaknya menjamin data pengguna, datanya akan tetap aman meski kini telah terintegrasi ke berbagai aplikasi mitra. Seperti dikutip dari CNN Indonesia, data pengguna Pedulilindungi yang dibagikan pada aplikasi mitra telah terenskripsi sekaligus terlindungi secara hukum.

Selain itu, data pengguna yang dikirimkan ke aplikasi mitra juga tidak keseluruhan berisi data pribadi. Kemenkes mengungkap informasi dari mitra justru akan dikirimkan pada PeduliLindungi untuk bisa melakukan pengecekan status penggunanya.

Baca Juga: Solusi Mengatasi Sertifikat Vaksin Tidak Muncul di PeduliLindungi

Selanjutnya, saat melakukan scan QR code dengan aplikasi lain, pengguna pun juga akan mengetahui statusnya akan diperbolehkan masuk atau tidak ke lokasi itu. Semoga bermanfaat!

  • Bagikan