7 Penyebab Tubuh Terasa Dingin Meskipun Tidak Demam

  • Bagikan
7 Penyebab Tubuh Terasa Dingin Meskipun Tidak Demam
uscvhh.org

Seruni.id – Tubuh terasa dingin adalah hal yang wajar, apalagi jika kamu sedang berada di ruangan ber-AC. Namun, kamu perlu waspada ketika rasa dingin tersebut tak kunjung hilang sekalipun kamu berada di tempat yang hangat. Sebagian orang, memang lebih sensitif terhadap suhu dingin. Akan tetapi, kalau kamu sering merasakannya, bisa jadi karena danya penyakit tertentu. Kira-kira apa, ya? Berikut adalah beberapa kondisi yang dapat menyebabkan tubuh terasa dingin:

 

1. Kadar Gula yang Menurun Drastis atau Hipoglikemia

Kondisi yang menyebabkan tubuh terasa dingin, bisa jadi karena kamu mengalami hipoglikemia atau kadar gula yang menurun drastis. Biasanya, kondisi tersebut bisa menyebabkan penderitanya merasakan badannya gemetaran, otot lemas, dan kedinginan yang dahsyat. Kondisi ini, rawan dialami oleh penderita diabetes yang mengonsumsi obat pengontrol gula darah. Namun, gula darah juga bisa turun, meskipun mereka bukan penderita diabetes.

 

2. Insomnia

Menurut para ahli, orang yang kurang mendapatkan waktu istirahat, cenderung lebih sering merasa kedinginan. Sebab, pada waktu tidur, suhu tubuh akan menurun. Sedangkan orang yang kurang tidur, membuat fungsi tubuh mengira waktunya tidur, sehingga dapat merasa dingin meskipun di siang hari.

 

3. Kurang Vitamin

Tubuh terasa dingin tidak hanya disebabkan oleh insomnia saja, tapi juga bisa terjadi lantaran kurangnya asupan vitamin dalam tubuh, khususnya vitamin B12. Gejala yang dirasakan oleh meraka bisa beragam, mulai dari lelah, kurang nafsu makan, berat badan menurun, kesemutan pada bagian kaki dan tangan, dan anemia yang menyebabkan tubuh menjadi dingin. Untuk mengatasinya, tentu saja kamu harus memenuhi asupan tersebut, yaitu dengan mengonsumsi berbagai makanan yang mengandung vitamin B12.

 

4. Dehidrasi

60 persen tubuh manusia terdiri dari air. Asupan tersebut memiliki peran penting dalam mengontrol suhu tubuh. Jadi, ketika kamu dehidrasi, tubuh akan lebih sensitif terhadap suhu ekstrem. Agar terhindar dari dehidrasi, pastikan asupan cairan selalu tercukupi. Caranya dengan mengonsumsi air mineral setidaknya 8 gelas per hari. Terutama sebelum dan sesudah melakukan aktivitas fisik.

 

5. Peredaran Darah Tidak Lancar

Apabila hanya tangan dan kaki saja yang terasa dingin, bisa jadi karena adanya masalah pada sirkulasi darah. Biasanya, kondisi ini disebabkan oleh penyakit jantung, yaitu kondisi ketika jantung tidak mampu memompa darah dengan maksimal. Alhasil, aliran darah ke berbagai bagian tubuh menjadi terhambat, termasuk tangan dan kaki.

 

6. Reaksi Emosional

Penyebab tubuh terasa dingin tanpa disertai demam, juga bisa berkaitan dengan reaksi emosional yang intens pada suatu ketakutan, kecemasan, atau merasakan pengalaman yang menyentuh. Biasanya reaksi ini terjadi ketika sistem saraf memicu pelepasan hormon dopamin dan neurotransmitter.

 

7. Malnutrisi

Malnutrisi atau kekurangan gizi, juga bisa menyebabkan tubuh terasa dingin. Malnutrisi biasanya terjadi karena tubuh terlalu kurus atau indek masa tubuh (IMT) kurang dari 18,5. Ketika tubuh terlalu kurus, akan membuat jaringan lemak berkurang. Sehingga menyebabkan penderitanya sering merasa kedinginan. Selain itu, kekurangan kalori juga dapat menurunkan metabolisme tubuh sehingga tubuh tidak mampu memproduksi panas yang cukup. Untuk mengatasinya, konsumsilah makanan sehat yang mengandung banyak protein, lemak, dan karbohidrat kompleks.

 

Bagaimana Cara Mengatasi Tubuh Terasa Dingin?

7 Penyebab Tubuh Terasa Dingin Meskipun Tidak Demam
businessinsider.com

Dari berbagai penyebab tubuh terasa dingin, langkah untuk mengatasinya adalah dengan melakukan konsultasi pada dokter. Tentu saja ini dilakukan guna mengetahui penyebabnya secara pasti. Apalagi, jika rasa dingin berlangsung dalam waktu yang lama atau sering datang dan hilang.

Solusi lainnya adalah bergerak, karena dengan bergerak akan membuat tubuh terasa hangat. Olahraga yang teratur selain menyehatkan juga untuk meredakan rasa dingin. Tidur yang cukup juga sangat penting untuk dilakukan demi menjaga kestabilan kondisi tubuh.

Baca Juga: 5 Olahan Jahe yang Cocok untuk Menghangatkan Tubuh di Musim Hujan

Atau kamu juga bisa menggunakan pakaian yang lebih tebah untuk membuat tubuh terasa hangat. Jangan lupa pula untuk mengonsumsi makanan bergizi dan pastikan tubuh selalu mendapatkan nutrisi yang cukup. Semoga bermanfaat.

  • Bagikan