7 Perawatan Kecantikan Alami Ala Istri Rasulullah

7 Perawatan Kecantikan Alami Ala Istri Rasulullah
travel.detik.com

Seruni.id – Sebagai seorang wanita, tentunya ingin selalu tampil cantik, kan? Berikut Seruni telah merangkum beberapa tips perawatan kecantikan alami ala istri Rasulullah. Simak baik-baik, ya!

7 Perawatan Kecantikan Alami Ala Istri Rasulullah
ayonikah.com

Berbicara masalah kecantikan, tak hanya soal fisik semata. Sebab, seharusnya kecantikan wanita juga datang dari dalam hati yang disebut dengan inner beauty. Kunci untuk merawat diri bisa dimulai dari perawatan yang alami, sebagaimana yang dilakukan oleh istri Rasulullah saw.

Melansir dari berbagai sumber, perawatan kecantikan alami ala istri Rasulullah tidaklah sulit. Untukmu yang ingin mengikuti cara tersebut, berikut Seruni telah merangkum beberapa bahan alami yang bisa dipakai untuk mempercantik diri yang dianjurkan dalam Islam.

Daftar Isi

1. Siwak

7 Perawatan Kecantikan Alami Ala Istri Rasulullah
kalam.sindonews.com

Kecantikan tidak sekadar paras semata, tapi wanita yang cantik pasti sudah tahu cara merawat dirinya, terutama dalam hal kebersihan. Salah satunya menjaga kebersihan gigi. Membersihkan gigi tidak cukup hanya dengan odol saja, tapi cobalah untuk menggunakan siwak. Selain untuk menjaga kebersihan, siwak juga merupakan salah satu sunnah, loh. Siwak atau miswak berbentuk tongkat kecil yang dioleskan ke gigi.

Untuk menggunakannya, kita cukup mengunyah salah satu ujungnya dan memisahkan seratnya. Menurut Medicine of the Prophet karya Ibnu Qayyim Al-Jawiziyya, jika digunakan dalam jumlah sedang, miswak dapat membersihkan gigi, mencegah terbentuknya lubang, dan mempermanis napas.

2. Minyak Zaitun

7 Perawatan Kecantikan Alami Ala Istri Rasulullah
bola.com

Manfaat minyak zaitun rasanya tak perlu diragukan lagi, baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Antioksidan yang terdapat di dalamnya merupakan bahan alami yang baik untuk mencegah oksidasi. Nah, yang dimaksud dengan oksidasi adalah proses yang dapat menghasilkan radikal bebas, dan termasuk ke dalam kategori bahan kimia yang berpotensi merusak sel dan dapat berkontribusi pada perkembangan kanker.

Minyak zaitun mengandung berbagai macam vitamin, mulai dari A, D, E, dan K yang dapat larut dalam lemak. Sebagaimana yang kita tahu, bahwa vitamin E sangat baik untuk merawat kulit, termasuk untuk pengobatan psoriasis dan eksim. Zaitun juga merupakan salah satu perawatan kecantikan alami ala istri Rasulullah, loh.

3. Henna

7 Perawatan Kecantikan Alami Ala Istri Rasulullah
kumparan.com

Tentunya kita sudah tidak asing lagi dengan yang namanya henna ini. Sebab, henna memang kerap digunakan oleh para wanita. Henna sendiri dibuat dengan cara menggiling daun kering dari batang tanaman henna menjadi bubuk halus. Kemudian mencampurkannya dengan air atau minyak hingga berbentuk pasta.

Pada zaman Nabi Muhammad saw, pria dan wanita kerap memanfaatkan henna sebagai pewarna rambut alami mereka. Sedangkan pada wanita, biasanya mereka menggunakan henna untuk mempercantik tangan dan kakinya.

4. Minyak Dzarirah

7 Perawatan Kecantikan Alami Ala Istri Rasulullah
indonesian.alibaba.com

Selain minyak zaitun, perawatan kecantikan ala istri Rasulullah berikutnya adalah minyak dzarirah. Minyak tersebut diketahui ampuh untuk menyembuhkan jerawat. Hal ini juga sebagaimana yang dianjurkan oleh Rasulullah sendiri saat melihat jerawat pada istrinya.

Rasulullah pernah bertanya, “Engkau punya minyak wangi dzarirah?” Mereka menjawab punya. Rasulullah lalu membalas lagi, “Bubuhkan di jerawatmu itu seraya membaca doa, ‘Ya Allah yang mengecilkan yang besar dan membesarkan yang kecil, kecilkanlah jerawatku ini’.” (HR. Al Hakim).

Di dalam minyak dzarirah terkandug etanol yang dapat melakukan proses purging dan mengurangi rasa sakit akibat peradangan di kulit. Tentunya hal ini juga dapat mengurangi rasa nyeri yang diakibatkan oleh jerawat.

5. Madu

7 Perawatan Kecantikan Alami Ala Istri Rasulullah
health.kompas.com

Ada banyak alasan mengapa madu sangat disarankan untuk merawat kecantikan. Madu memiliki sifat antibakteri dan dapat membantu mengurangi bekas jerawat. Kamu bisa memanfaatkan madu untuk mengobati kulit merah dan meradang. Atau kamu juga bisa menggunakannya sebagai masker yang dicampur denagn jus lemon dan yogurt untuk mencerahkan kulit.

6. Celak

7 Perawatan Kecantikan Alami Ala Istri Rasulullah
fimela.com

Bubuk gelap halus yang diaplikasikan ke bagian dalam kelopak mata disebut dengan celak [kohl]. Menggunakan celak merupakan sunnah yang ditujukan baik untuk laki-laki maupun perempuan sebagai perhiasan dan untuk tujun terapeutik.

Rasulullah pernah bersabda, “Gunakanlah antimon [kohl], karena itu membersihkan penglihatan dan membuat rambut tumbuh.” (HR. Tirmidzi).

7. Susu

7 Perawatan Kecantikan Alami Ala Istri Rasulullah
jovee.id

Perawatan alami berikutnya adalah susu. Jika kamu ingin memiliki rambut yang bersinar, halus, dan tebal, maka susu bisa digunakan sebagai salah satu perawatan rambut. Untuk mengaplikasikannya, cukup campurkan susu dengan madu dan gunakan masker rambut untuk membuatnya sehalus sutra. Gunakan secara rutin, seminggu sekali untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

Baca Juga: Faktor Penyebab Memudarnya Kecantikan Alami

Itulah beberapa perawatan kecantikan ala istri Rasulullah yang juga dianjurkan di dalam Islam. Mulai sekarang, kamu bisa mengikuti anjuran-anjuran ini, karena bukan hanya halal dan aman, khasiatnya sangat besar bagi kesehatan. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.