Sering Dikira Sama, Ini Bedanya Nasi Padang dan Nasi Kapau

  • Bagikan
Sering Dikira Sama, Ini Bedanya Nasi Padang dan Nasi Kapau
orami.co.id

Seruni.id – Meski sama-sama berasal dari Sumatera Barat dan memiliki tampilan yang mirip, rupanya nasi padang dan nasi kapau itu berbeda. Bahkan, perbedaannya pun cukup signifikan. Oleh sebab itu, penting sekali untuk mengetahui perbedaan antara nasi padang dan nasi kapau. Berikut ini beberapa perbedaan yang harus kamu tahu agar tidak salah pesan nantinya. Disimak, ya!

 

Sering Dikira Sama, Ini Bedanya Nasi Padang dan Nasi Kapau
nibble.id

1. Asal-usul

Perbedaan paling utama antara nasi padang dan nasi kapau yaitu asal-usul daerah dan penjualnya. Nasi padang sendiri dibuat dan dijual oleh penduduk Minangkabau dari berbagai wilayah di Sumatera Barat.

Sedangkan nasi kapau, dibuat dan dijual oleh masyarakat asli Kapau, sebuah desa di Tilatang Kamang, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Umumnya, warga setempat menyebut tempat makan nasi kapau sebagai lapau kapau alias rumah makan nagari kapau.

 

2. Nama-nama yang Digunakan untuk Rumah Makan

Perbedaan nasi padang dan nasi kapau berikutnya terletak pada namanya. Biasanya, restoran padang berskala kecil dan menengah, menggunakan nama-nama dalam bahasa Minang. Seperti Bundo Kanduang, Parmato Bundo, Rancak Bana, dan sebagainya.

Sedangkan restoran berskala besar dan sudah memiliki banyak cabang, nama restorannya lebih ‘Indonesia’. Seperti Sederhana, Pagi Sore, Ampera, Simpang Raya, Surya, Sari Bundo, dan Garuda. Mereka pun memiliki bangunan unik yang identik dengan atap berupa rumah gadang atau hanya logonya saja yang memiliki unsur rumah gadang.

Berbeda dengan rumah makan kapau, mereka lebih sering menamai restorannya dengan nama sang pendiri. Seperti Nasi Kapau Uni Lis di Pasar Atas, Bukittinggi. Ada sejarah di balik menyisipkan nama wanita di restoran tersebut, yakni karena dahulu para penjual nasi kapau didominasi oleh para wanita yang ditinggal merantau oleh suaminya.

 

3. Menu Makanan

Selain asal dan nama restorannya, yang menjadi perbedaan antara nasi padang dan nasi kapau berikutnya adalah menu makanannya. Jenis makanan yang dijual di lapau nasi kapau, berbeda dari yang ada di rumah makan padang. Ada sejumlah lauk yang hanya bisa dijumpai di lapau nasi kapau. Seperti, gula tambusu, rendang daka-daka, ikan mas bertelur, dan gulau kapau.

 

4. Tata Letak Makanan

Biasanya, makanan-makanan yang ada di rumah makan padang, disusun sedemikian rupa di atas piring atau mangkuk dan diletakkan di dalam etalase. Lauk pauk kering berada di bagian atas, serta lauk berkuah, gulai, dan sambal berada di bagian bawah.

Sementara di rumah makan kapau, semua menu diletakkan di atas meja besar secara bertingkat seperti tangga dan posisinya lebih rendah dari penjualnya. Sehingga pembeli bisa langsung memilih lauk mana yang mereka inginkan. Selain itu, ciri khas dari lapau nasi kapau adalah sendok gulai yang terbuat dari tempurung kelapa dengan ukuran panjang. Fungsinya adalah untuk menjangkau panci gulai yang letaknya jauh.

 

5. Cita Rasa Makanan

Ada satu jenis lauk nasi kapau dengan cita rasa yang berbeda, yaitu gulai kapau. Gulai kapau merupakan olahan yang terbuat dari bahan dasar kol, nangka, dan kacang panjang. Gulai kapau paling nikmat disantap bersama satu lauk, yaitu olahan ikan, ayam, daging, atau hidangan khas Kapau, rendang ayam.

 

6. Cara Pembeli Memesan Menu

Di rumah makan padang, pembeli akan diberikan dua pilihan dalam memesan makanan. Pertama, konsep pesan, dimana saat pelanggan datang, mereka bisa langsung memilih lauk pauk yang terpajang di etalase. Pramusaji kemudian akan menatanya di dalam piring, lalu mengantarkannya ke meja yang dipilih pelanggan.

Kedua, dengan konsep hidang. Begitu datang, pembeli langsung duduk di kursi, kemudian mereka akan mengantarkan semua nasi, lauk pauk, gulai, dan sambal ke meja untuk dipilih. Pelanggan hanya perlu membayar makanan yang dimakan.

Sedangkan di restoran yang menyajikan nasi kapau, pelanggan langsung memilih menu yang terdiri dari lauk pauk, gulai, sambal, dan sayuran di meja besar yang berada di bagian depan rumah makan. Biasanya lauk yang dipilih lebih dari dua macam. Setelah memilih, pramusaji akan mengantarkannya ke meja.

Baca Juga: 6 Rahasia di Balik Kelezatan Nasi Padang yang Bikin Ketagihan

Nah, sekarang sudah tahu kan apa saja perbedaan antara nasi padang dan nasi kapau? Kalau kamu sendiri, lebih suka yang mana?

  • Bagikan