Ketahui Perbedaan Sunscreen dan Sunblock Sebelum Menggunakannya

  • Bagikan
Ketahui Perbedaan Sunscreen dan Sunblock Sebelum Menggunakannya
kamini.id

Seruni.id – Berbagai brand kecantikan banyak yang mengeluarkan produk tabir surya berupa sunscreen atau sunblock. Banyak wanita yang memanfaatkan produk ini untuk melindungi kulitnya dari paparan sinar matahari. Namun, kamu sudah tahu apa perbedaan sunscreen dan sunblock? Biasanya para wanita menggunakan sunscreen ketika sedang tidak menggunakan makeup.

Ketahui Perbedaan Sunscreen dan Sunblock Sebelum Menggunakannya
cnnindonesia.com

Sedangkan sunblock identik dengan liburan ke pantai dan aneka kegiatan di luar ruangan. Namun, tak jarang produk kecantikan yang mengeluarkan sunblock untuk masuk dalam rangkaian skincare harian. Lalu, sebenarnya apa sih perbedaan sunscreen dan sunblock dan apa manfaat dari keduanya? Berikut Seruni akan mengulasnya secara lengkap.

Apa Perbedaan Sunscreen dan Sunblock?

Sunscreen maupun sunblock merupakan tabir surya yang berfungsi untuk melindungi kulit dari sinar matahari. Meski demikian, kedua produk ini memiliki perbedaan yang cukup jelas. Nah, di bawah ini terdapat sejumlah perbedaan sunscreen dan sunblock untuk memudahkanmu dalam melindungi kulit sesuai dengan kegunaannya:

Cara Kerjanya

Perbedaan sunscreen dan sunblock yang cukup signifikan adalah mengenai cara kerjanya. Walaupun keduanya sama-sama dapat melindungi kulit, tetapi memiliki mekanisme yang berbeda. Sesuai dengan namanya, sunblock dianggap dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari dan menangkal sinar UVA dan UVB.

Sedangkan suncreen dianggap hanya sebagai pelindung ringan dari sinar matahari. Oleh karena itu, kebanyakan sunscreen hanya memiliki kandungan UVB. Namun, kini mulai bermunculan suncreen dengan kandungan lengkap yaitu perlindungan dari sinar UVA dan UVB. Terdapat dua istilah lain, yaitu physical sunscreen dan chemical sunscreen.

Physical sunscreen adalah krim tabir surya yang mengandung mineral titanium dioksida dan zinc oksida. Di mana kandungan tersebut berfungsi untuk melindungi kulit dari sinar matahari dengan cara menghalangi dan memantaulkan sinar matahari pada permukaan kulit, inilah yang disebut dengan sunblock.

Sementara chemical sunscreen berfungsi sebagai pelindung kulit dengan cara menyerap sinar matahari dan mengubahnya menjadi energi panas. Kemudian energi panas tersebut akan terlepas melalui permukaan kulit. Teksturnya pun lebih cair daripada physical sunscreen sehingga lebih mudah diserap oleh kulit. Sunscreen pada umumnya adalah chemical sunscreen.

Kandungan Zat di Dalamnya

Selain cara kerjanya, perbedaan sunscreen dan sunblock juga bisa dilihat dari kandungan zat di dalamnya. Jika dilihat dari segi tekstur karena bahan di dalamnya, perbedaan antara sunscreen dan sunblock cukup terlihat oleh mata. Sunscreen memiliki berbagai senyawa kimia yang bereran dalam menyerap sinar matahari, seperti oxybenzone atau avobenzone.

Namun, kedua bahan aktif tersebut dapat memicu reaksi alergi pada orang yang memiliki alergi terhadap BAPA (asam para-aminobenzoic). Kendati demikian, suncreen memiliki tekstur yang lebih tipis dan tidak terlihat oleh mata ketika diaplikasikan. Inilah yang menjadi alasan mengapa banyak orang yang lebih tertarik menggunakan sunscreen daipada sunblock, walaupun tingkat konsistensi dan bahan di dalamnya dapat memicu alergi.

Sedangkan sunblock, umumnya mengandung titanium oksida atau seng oksida. Kedua senyawa aktif ini akan menghasilkan tekstur yang lebih tebal dengan warna yang lebih buram. Sebagian orang menganggap bahwa tekstur sunblock cukup menyulitkan saat mengoleskannya secara merata. Selain itu, warna buram tersebut akan tampak begitu jelas saat diaplikasikan. Kabar baiknya, sudah banyak sunblock yang kini memiliki warna yang hampir tak tampak. Sebagai contoh, sunblock untuk anak hanya mengandung salah satu dari senyawa aktif di atas sehingga tidak tampak pekat.

Manfaat Keduanya

Perbedaan sunscreen dan sunblock juga tertelak pada manfaatnya. Sebelum kamu memutuskan untuk menggunakannya, cari tahu dulu apa manfaat di dalamnya, ya. Berikut Seruni telah merangkum manfaat keduanya, yaitu:

Manfaat Sunscreen

  • Menghindari wajah dari paparan sinar matahari secara langsung.
  • Mencegah kanker kulit. Tentu jika menggunakan sunscreen yang mengandung perlindungan dari sinar UVA.
  • Mencegah penuaan dini dari sunscreen dengan SPF minimal 30.
  • Mencegah timbulnya komedo.
  • Dapat mencegah agar kulit tidak terbakar saat terkena sinar matahari.

Manfaat Sunblock

  • Dapat menangkal efek buruk dari sinar UVA dan UVB. Semua sunblock tentunya memiliki kandungan ini.
  • Terbebas dari kulit terbakar.
  • Mampu memaksimalkan penyerapan nutrisi pada kulit. Di mana penyerapan nutrisi dari produk kecntikan yang digunakan dan makanan bisa terserap maksimal jika kulit tidak sehat dan terlindungi maksimal dari sinar matahari.
  • Membuat kulit tampak awet muda.
  • Menjaga kelembapan alami kulit. Manfaat Keduanya

Lebih Bagus Sunblock atau Sunscreen?

Sebenarnya keduanya sama-sama dapat berfungsi optimal untuk mencegah efek buruk sinar UV. Hanya saja, kita perlu melihat kandungan apa saja yang kulit kita butuhkan saat itu. Untuk penggunaan setiap hari dan tak melulu terpapar sinar matahari, sebenarnya menggunakan sunscreen saja sudah cukup. Sedangkan sunblock bisa digunakan saat sedang menghabiskan waktu lama di bawah sinar matahari.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Sunscreen yang Aman untuk Kulit Berjerawat

Itulah beberapa perbedaan sunscreen dan suncblock yang mesti kita ketahui sebelum memutuskan menggunakan salah satunya. Hal lain yang harus menjadi perhatian adalah kandungan SPF yang tinggi, di mana itu bisa melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari. Kemudian jangan lupa pastikan untuk mengaplikasikan sunscreen dan sunblock secara berkala agar efeknya tetap maksimal. Semoga bermanfaat!

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

seruni.id