6 Permainan yang Dapat Mengasah Skill dalam Bekerja

6 Permainan yang Dapat Mengasah Skill dalam Bekerja
linovhr.com

Seruni.id – Skill dalam bekerja harus selalu kita tingkatkan. Sebab, jika tidak kita hanya akan berjalan di tempat. Keterampilan kerja tersebut bisa kita tingkatkan dengan berbagai macam cara, salah satunya melalui permainan yang dapat mengasah skill dalam bekerja. Jangan dulu berpikir bahwa semua game itu berdampak buruk, buktinya ada kok sejumlah game asah otak yang memang dapat mengasah skill dalam bekerja.

Ketika kamu sudah mencobanya, maka pandangamu mengenai game pun akan berubah. Sebab, game tidak hanya untuk mengisi waktu luang saja, tapi juga dapat meningkatkan kreativitas logika, dan imajinasi. Untuk mendapatkan game tersebut, tidaklah sulit. Kita bisa mendownloadnya dan memainkannya melalui gadget. Apa saja sih permainan tersebut?

1. Teka-teki Silang

6 Permainan yang Dapat Mengasah Skill dalam Bekerja
minews.id

Permainan yang mengasah otak pertama adalah teka-teki silang. Awalnya game ini memang terasa sulit, karena kita harus mencari kata sesuai dengan instruksi yang tertera. Namun, secara tidak langsung, permainan ini juga dapat menguji kemampuan verbalmu, loh. Permainan sederhana ini, menjadi ajang untuk pembuktian pengetahuan yang kita miliki. Jika semua kolom terisi penuh dan jawabannya benar, itu tandanya kamu memang memiliki wawasan yang luas dan kaya akan kosa kata.

Seiring peningkatan perbendaharaan kata, keterampilan kerja dalam hal komunikasi pun akan lebih terasah. Sehingga hal ini akan mendukungmu untuk melakukan pekerjaan sehari-hari, khususnya yang berhubungan dengan penyampaian ide tertulis. Selain itu, kamu juga terlatih untuk memikirkan solusi berdasarkan petunjuk-petunjuk. Kebiasaan berpikir jernih dapat membantumu dalam proses penyelesaian masalah di tempat kerja.

2. Rubik

6 Permainan yang Dapat Mengasah Skill dalam Bekerja
hitekno.com

Saat kamu kecil, mungkin permainan ini cukup populer. Selain menghilangkan kejenuhan, rubik ternyata mampu untuk mengasah otak. Sebab, kita harus berpikir keras bagaimana caranya untuk menyamakan warna. Permainan yang dapat mengasah skill dalam bekerja ini memiliki bentuk yang bervariasi. Semua hanya berbentuk kubus, tapi saat ini rubik sudah memiliki beragam bentuk.

Meski demikian, sistem permainannya masihlah sama, yaitu kamu harus menyamakan warna di setiap bidang kubus. Karena teknologi yang sudah semakin canggih, membuatmu dapat memainkannya secara online dengan berbagai pilihan. Bahkan, kamu bisa memainkannya menggunakan browser, loh.

3. Sudoku

6 Permainan yang Dapat Mengasah Skill dalam Bekerja
idntimes.com

Permainan yang dapat mengasah skill berikutnya ada sudoku. Jika kurang mengerti, game ini memang cukup membingungkan. Di mana kita ditantang untuk mengisi kotak kosong dengan angka berdasarkan aturan tertentu. Sudoku menjadi salah satu permainan melatih daya ingat, konsentrasi, membiasakan berpikir logis, hingga berlatih bekerja dengan cepat.

Dengan mengasah keterampilan kerja seperti berpikir logis, analisis dan memahami pola, maka kemampuan problem solving di tempat kerja pun akan semakin baik. Perlu diketahui, bahwa keahlian yang satu ini perlu dimiliki pekerja setiap level dan pada semua sektor industri. Biasanya, individu yang mampu memecahkan masalah sendiri akan menjadi karyawan yang dapat diandalkan.

4. Puzzle

6 Permainan yang Dapat Mengasah Skill dalam Bekerja
fmx-tours.com

Pastinya kamu tahu kan permainan yang satu ini? Di mana kita harus menyusun potongan-potongan gambar kecil untuk menjadi puzzle yang utuh. Selain menyenangkan, permainan ini dapat mengasah kemampuan kita dalam memperhatikan hal detail. Keterampilan kerja ini tentu saja sangat berguna sebagai pendukung dalam melakukan tugas kantor. Seperti menyusun strategi atau membuat laporan.

Jika jeli dalam melihat peluang atau menemukan kesalahan saat mengoreksi dokumen, sehingga hasil pekerjaan pun akan lebih sempurna. Permainan ini juga dapat mengasah kemampuan untuk lebih fokus, konsentrasi, hingga mempertajam daya ingat jangka pendek. Puzzle bisa dimainkan sendiri atau berkelompok. Nah, untuk yang berkelompok ini, dapat meningkatkan kemampuan berkolaborasi dan bekerja sama.

5. Catur

6 Permainan yang Dapat Mengasah Skill dalam Bekerja
indozone.id

Beberapa waktu terakhir, permainan catur menjadi viral karena Dewa Kipas alias Dadang Subur, yang menang dalam melawan pemain di platform permainan catur. Berbicara soal catur, permainan ini mampu mengasah otak kiri dan kanan, loh. Bagaimana tidak, saat bermain kita harus berpikir logis sekaligus kreatif. Kita harus mengingat bagaimana pola langkah setiap bidang. Seiring berjalannya permainan, kita menjadi tertantang untuk bisa membuat strategi.

Permainan asah otak ini lagi-lagi dapat mendorong peningkatan kemampuan problem solving, baik di tempat kerja atau di kehidupan sehari-hari. Keterampilan ini dapat kita terapkan ketika menghadapi situasi yang tidak terduga. Misalnya, saat pekerjaan berjalan tidak sesuai rencana, maka kita harus bisa memadukan logika dan kreatif dalam mencari jalan keluar.

6. Board Game

6 Permainan yang Dapat Mengasah Skill dalam Bekerja
media.timeout.com

Permainan yang dapat mengasah skill ini juga sangat seru dan asyik untuk dimainkan. Game yang terdiri dari lembaran persegi (bisa berbentuk papan), dan bidak-bidak. Selain catur permainan yang termasuk ke dalam board game adalah monopoli, ludo, halma, hingga ular tangga. Permainan ini juga bagus untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dalam pemecahan masalah. Selain itu, kita juga dapat mengasah keterampilan kerja lainnya, seperti komunikasi dan kolaborasi jika permainan dilakukan dengan tim.

Dari sejumlah permainan yang dapat mengasah skill di atas, salah satunya bisa kamu coba, ya. Meski demikian, bukan berarti kamu harus memprioritaskan game daripada pekerjaanmu. Artinya kamu harus tetap ingat waktu, sebisa mungkin bermainlah saat waktu senggang atau di akhir pekan.

Baca Juga: 6 Skill Utama yang Harus Dimiliki untuk Karier yang Cemerlang

Dengan adanya permainan asah otak, stres yang diakibatkan karena pekerjaan, berangsur-angsur akan berkurang. Pada akhirnya, hal ini akan mendorong peningkatan produktivitas dalam bekerja. Jadi, di antara games di atas, mana yang menjadi favoritmu?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.