Pertama Kali Mendaki Gunung? Perhatikan Hal-hal Berikut Ini

Pertama Kali Mendaki Gunung? Perhatikan Hal-hal Berikut Ini
google.com

Seruni.id – Mendaki gunung merupakan kegiatan menikmati alam yang kini banyak digemari oleh anak-anak muda. Di Indonesia sendiri, cukup banyak kawasan pegunungan, yang menawarkan mendangan indah nan cantik jika dinikmati dari ketinggian.

Pertama Kali Mendaki Gunung? Perhatikan Hal-hal Berikut Ini
hipwee.com

Nah, jika kamu ingin melakukan kegiatan ini untuk yang pertama kalinya, kamu harus mengetahui hal-hal apa saja yang diperbolehkan dan dilarang untuk kamu lakukan. Maka dari itu, Seruni telah merangkumnya untuk kamu yang baru pertama kali mendaki gunung, berikut ulasannya:

Hal yang Boleh Dilakukan Pendaki Gunung Pemula

1. Rutin Berolahraga

Jika kamu masih pemula dalam mendaki gunung, kamu perlu mengetahui bahwa mendaki bukanlah hal yang mudah seperti apa yang kamu bayangkan. Namun, merupakan olahraga yang penuh dengan tantangan. Sebelum mendaki, setidaknya kamu sudah melakukan olahraga secara teratur satu minggu sebelum melakukan pendakian.

2. Pahami Area Pendakian

Hal yag diperbolehkan ketika mendaki adalah melakukan penelitian mengenai jalur pendakian yang dituju. Sehingga kamu dapat mengetahui kondisi alam sekitar tempat yang akan menjadi tujuan.

3. Membawa Barang Prioritas

Ketika melakukan pendakian, kamu tidak bisa membawa seluruh bawaan layaknya pergi liburan ke pantai. Melainkan kamu harus membawa barang dan tas yang sesuai dengan kemampuan. Pastikan kamu membawa pakaian hangat yang, makanan, minuman, juga obat-obatan. Tak lupa pula GPS dan map yang dapat kamu gunakan untuk mencari arah jika tersesat.

Hal yang Dilarang Kamu Lakukan Sebagai Pendaki Pemula

1. Meremehkan Medan Pendakian

Meremehkan medan pendakian sebaiknya harus dihindari, apalagi jika kamu adalah pendaki yang masih tergolong baru alias pemula. Sebab, risiko yang dihadapi bisa jadi adalah hilangnya nyawa. Jadi, sebelum mendaki baik pemula ataupun yang sudah berpengalaman, sebaiknya mempersiapkan diri sebelum melakukannya.

2. Mengeluarkan Kata-kata Kotor

Konon, kebanyakan gunung di Indonesia diyakini banyak orang sebagai tempat kramat. Kearifan masyarakat sekitar sebenarnya bermanfaat untuk menjaga gunung agar tetep terawat dan mengajarkan kita bagaimana caranya untuk menghargai alam, bukan merusaknya. Salah satu bentuk kearifan lokal yang masih sering disepelekan adalah larangan berkata kotor ketika berada di pendakian.

3. Dilarang Membawa Tisu Basah

Mengapa kita tidak boleh membawa tisu basah ketika mendaki gunung? Hal ini dikarenakan tisu basah memiliki kandungan plastik yang sulit untuk terurai. Namun, hingga saat ini, tisu basah masih sering ditemukan ketika mendaki gunung.

4. Dilarang Mengambil Apapun Kecuali Gambar, dan Dilarang Meninggalkan Apapun Kecuali Jejak

Maksud dari hal di atas adalah, agar para pendaki tidak meninggalkan sampah ketika melakukan pendakian. Dan sebaiknya sampah-sampah tersebut dibawa kembali pulang. Serta selalu menjaga kelestarian alam dengan tidak membunuh dan membawa pulang habitat yang ada.

5. Membuat Perapian

Gunung memiliki hawa yang sangat dingin, banyak dari kita yang tentu melakukan upaya penghangatan tubuh. Namun, sebaiknya jangan membuat perapian, ya, apalagi jika memasuki musim kemarau. Hal ini untuk menghindari terjadinya kebarakan yang bisa saja terjadi terutama saat kemarau dimana alam cenderung kering dan mudah terbakar.

Baca Juga: 5 Manfaat Mendaki Gunung

Jadi, itulah beberapa hal yang boleh dan dilarang dilakukan ketika mendaki gunung yang perlu kamu pahamai. Apakah kamu sudah siap mendaki gunung?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.