Posisi Tidur yang Baik dan Buruk untuk Kesehatan

lifestyle.okezone.com

Seruni.id – Bagaimana posisi tidurmu selama ini, sudah benarkah? Sudah tahu belum, jika posisi tidur dapat mempengaruhi kesehatan kita? Pada sebuah studi mengungkapkan, bahwa ada beberapa posisi yang baik untuk tubuh, dan apa pula posisi yang buruk untuk tubuh yang harus kita hindari. Berikut posisi tidur yang baik dan buruk untuk kesehatan:

[read more]

 

Tidur Telentang

Hasil gambar untuk tidur hijab tidur telentang
grid.id

Posisi tidur ini dianggap baik untuk sebagain orang. Tidur telentang memungkinkan kepala, leher dan tulang belakang akan beristirahat dalam posisi netral. Dengan begitu, tidak ada tekanan ekstra pada tubuh dan tidak menyebabkan rasa sakit pada bagian tubuh tertentu. Harus kamu tahu, bahwa tidur dengan posisi telentang dapat mencegah penyakit asam lambung.

Namun, penting untuk diperhataikan, pastikan bantal yang digunakan dapat menyangga kepala dengan baik. Dan tidur dengan posisi seperti ini pun dapat mencegah terjadinya kerutan di wajah. Hal ini memang masuk akal, karena tidak ada yang menekan wajah. Akan tetapi, tidur telentang sangat tidak disarankan bagi orang yang mendengkur saat tidur, ya.

Tidur Menyamping

Hasil gambar untuk Tidur Menyamping
fimela.com

Tidur dengan posisi tubuh miring ke kanan pun ke kiri adalah posisi yang lebih baik dibandingkan dengan posisi meringkuk. Namun, saat tidur, gunakanlah bantal pada kepala dan di samping tubuh untuk membantu menopang dikala tidur. Posisi tidur menyamping dianggap menjadi posisi yang baik untuk mengurangi dengkuran saat tidur.

Tidur dalam posisi ini, sangat disarankan bagi wanita hamil, juga dianggap baik bagi mereka yang menderita penyakit asam lambung. Selain memiliki kelebihan, tidur menyamping juga memiliki efek negatif, yaitu dapat membuat payudara kendur dan memunculkan kerutan di wajah. Tak hanya itu saja, tidur miring juga membuat terbatasnya pernapasan melalui diafragma.

Tidur Tengkurap

Hasil gambar untuk Tidur Tengkurap
medcom.id

Tengkurap merupakan posisi tidur yang paling buruk. Saat tidur dengan posisi ini, perut akan berisiko tertekan, otot-otot pada kepala, leher dan rahang pun akan menegang. Dan bisa membuat punggung serta tulang panggul akan terkilir, pernapasan pun akan ikut terganggu.

Namun, posisi ini sangat pas untuk kamu yang sering mendengkur. Jika sudah terbiasa dengan posisi seperti ini, disarankan untuk menaruh bantal yang berfungsi sebagai penyangga dahi, dan posisikan wajah atau kepala menghadap ke bawah, ke arah kasur, bukan menghadap ke kiri atau ke kanan, agar jalan pernapasan terbuka lancar.

Setelah mengetahui keuntungan dan kerugian dari posisi tidur di atas, maka mulai sekarang pilihlah posisi yang paling baik untuk kesehatanmu, ya.

[/read]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.