7 Produk Kecantikan yang Berbahaya Jika Terlalu Sering Digunakan

7 Produk Kecantikan yang Berbahaya Jika Terlalu Sering Digunakan
popbela.com

Seruni.id – Merawat wajah sudah menjadi keharusan yang dilakukan oleh wanita, agar tampil menawan disetiap kesempatan. Banyak cara yang dilakukan oleh mereka, mulai dari menggunakan bahan-bahan alami, hingga menjajal produk kecantikan dengan harga selangit. Perlu diketahui, bahwa produk kecantikan yang bagus dan mahal tak selalu baik dalam dosis yang berlebihan, loh. Meski terlihat aman, ada beberapa produk kecantikan yang berbahaya jika terlalu sering digunakan, salah satu dampaknya yakni dapat merusak kulit. Nah, agar kulitmu tetap aman, Seruni telah merangkum produk kecantikan yang tidak boleh dipakai terlalu sering. Yuk segera disimak!

1. Pelembap

7 Produk Kecantikan yang Berbahaya Jika Terlalu Sering Digunakan
halodoc.com

Demi menghindari munculnya garis halus pada wajah, beberapa dari kita mungkin akan mengaplikasikan pelembap dengan jumlah yang cukup banyak. Namun sayang, hal ini tidaklah aman untuk kulitmu, loh. Sebab, ada akibat buruk yang akan terjadi, seperti tersumbatnya pori-pori, kulit tebal, dan tekstur kulit kasar karena sel kulit mati yang menumpuk. Apabila jenis kulitmu berminyak, maka risiko timbulnya jerawat dan komedo akan lebih besar. Selain menggunakan pelembap secukup dan sewajarnya, pastikan kamu juga memilih produk yang sesuai dengan jenis kulitmu, ya.

2. Petroleum Jelly

7 Produk Kecantikan yang Berbahaya Jika Terlalu Sering Digunakan
webmd.com

Produk kecantikan yang berbahaya jika terlalu sering digunakan berikutnya adalah petroleum jelly. Biasanya produk yang satu ini kerap digunakan untuk membuat bagian kulit bibir kering menjadi lebih lembap. Namun pada kenataannya, zat ini tidaklah meresap ke kulit. Sebab, fungsi yang sesungguhnya hanyalah sebagai pelapis kulit saja, tidak benar-benar melembapkan kulit.

Justru sebaliknya, petroleum jelly hanya membuat lapisan pada kulit, yang justru mencegaj kelembapan dari luar untuk masuk ke dalam, sehingga akan menyebabkan kulit menjadi lebih kering. Kalau kamu memiliki masalah kulit kering, Seruni sarankan lebih baik menggunakan bahan alami saja, seperti minyak kelapa yang bisa melembapkan kulit kering

3. Lipstik Matte

7 Produk Kecantikan yang Berbahaya Jika Terlalu Sering Digunakan
japansoftlens.com

Beberapa tahun terakhir, lipstik matte jadi primadona di kalangan wanita. Hal ini karena lipstik matte memiliki ketahanan dan warna yang lebih intens dibanding pewarna bibir lainnya. Akan tetapi, di samping kelebihannya itu, produk ini juga memiliki kekurangan, namun seringkali diabaikan. Perlu diketahui, bahwa formula lipstik matte lebih mudah membuat bibit menjadi kering dan sisanya sulit dibersihkan. Apabila digunakan terlalu sering, bibir akan semakin kehilangan kelembapannya dan berisiko pecah-pecah. Bukan hanya itu saja, sisa lipstik yang menempel di bibir, jika tidak dibersihkan dengan sempurna, bisa membuat warna bibir semakin menghitam, loh.

4. Condisioner

7 Produk Kecantikan yang Berbahaya Jika Terlalu Sering Digunakan
allthingshair.com

Kebanyakan orang akan menggunakan conditioner saja tanpa dibilas kembali. Padahal, penggunaanc onditioner terlalu banyak dan tidak dibilas dengan bersih akan membuat rambut menjadi lebih lepek dan berminyak. Nah, kamu tidak boleh lupa untuk membilas rambutmu agar tetap bersih setelah keramas. Kalau kamu terlalu sering menggunakan conditioner setelah keramas, maka rambut akan berisiko mengalami kerontokan dan beruban karena produk tersebut terbuat dari bahan-bahan kimia.

Maka dari itu, penting sekali untuk selalu memeriksa produk yang kamu gunakan aman. Ini tips agar kamu bisa tetap menggunakan conditioner tetapi dengan cara yang lebih mudah dan cepat. Yakni dengan menyiapkan ikat rambut di kamar mandi, lalu setelah selesai keramas ikat rambutmu dan aplikasikan conditioner. Biarkan selama beberapa menit, lalu bilas dengan menyeluruh.

5. Cleansing Brushes

7 Produk Kecantikan yang Berbahaya Jika Terlalu Sering Digunakan
soco.id

Penggunaan cleaning berushes memang lebih praktik untuk membersihkan wajah. Apalagi, produk mesin pembersih ini terbuat dari bulu yang lembut. Namun, apabila digunakan terlalu sering, bahkan setiap hari, efeknya sangat berbahaya untuk kulit. Karena selembut apapun bulu yang digunakan untuk wajah, organ tubuh selembut kulit juga bisa iritasi jika terus menggunakan alat ini. Akibat lain yang terjadi adalah, impian untuk memiliki kulit bersih dan sehat tidak akan terjadi, malah hanya mengakibatkan jerawat serta infeksi, terlebih kalau alat tersebut tidak dijaga kebersihannya.

6. Primers

7 Produk Kecantikan yang Berbahaya Jika Terlalu Sering Digunakan
hijab.dream.co.id

Tak sedikit primer berbahan dasar silikon sehingga membantu pori-pori menjadi lembut, namun dapat keringan dan minyak terjebak dalam pori-pori sehingga menyebabkan jerawat. Sebaiknya gunakan primer pada event tertentu atau ketika wajahmu membutuhkan pertolongan pertama untuk mengurangi noda pada wajah. Jangan lupa untuk memakai pembersih wajah yang bagus untuk bisa membantu menghapus primer berbahan dasar silikon ini dengan sempurna.

7. Scrubbing Wajah

7 Produk Kecantikan yang Berbahaya Jika Terlalu Sering Digunakan
cosmopolitan.co.id

Melakukan scrub, baik untuk wajah maupun tubuh memang bisa mengangkat kulit mati serta menghaluskannya. Di balik manfaat tersebut, ada dampak yang akan ditimbulkan jika kamu terlalu serinng menggunakannya. Dimana butiran scrub yang kasar justru bisa membahayakan kulit wajahmu.

Bukan hanya kulit mati saja yang terangkat, tapi juga mengangkat bagian kolagen yang sehat serta mengekspos bagian kulit dalam. Ini nantinya akan membuat kulitmu menjadi sensitif terhadap bakteri yang menyebabkan jerawat, sinar matahari atau bahkan kulitmu menjadi mudah lecet akibat seringnya scrubbing. Kalau kamu tetap ingin melakukannya, sebaiknya diberi jadwal, seperti satu kali dalam seminggu.

Baca Juga: 10 Produk Kecantikan yang Harus Disimpan di Dalam Kulkas

Nah, itu dia produk kecantikan yang berbahaya jika kamu gunakan secara berlebihan. Sebaiknya bijaklah dalam menggunakannya. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, sebaiknya digunakan secara rutin, bukan berlebihan. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.