5 Rekomendasi Film yang Cocok untuk Self Healing

  • Bagikan
5 Rekomendasi Film yang Cocok untuk Self Healing

Seruni.id – Self healing adalah sebuah proses yang dilakukan seseorang untuk menyembuhkan diri yang dilakukan oleh dirinya sendiri. Biasanya ini dilakukan guna menyembuhkan rasa trauma, sedih, kegagalan, kehilangan, kecewa, atau masalah lainnya yang menganggu kesehatan mental. Kondisi ini bukanlah hal mudah, sehingga self healing menjadi metode yang paling dibutuhkan.

Adapun salah satu hal yang bisa dilakukan untuk self healing ini adalah ‘me time’, alias menghabiskan waktu sendirian dengan aktivitas yang disukai. Termasuk menonton film. Nah, berikut ini Seruni akan merkomendasikan sejumlah film yang dapat membantu proses self healing-mu. Selamat menyimak, ya!

1. Little Forest

5 Rekomendasi Film yang Cocok untuk Self Healing
ratudrakor.com

Film pertama yang bisa membantumu self healing adalah Little Forest. Film yang diadaptasi dari film Jepang ini menyuguhkan scene menenangkan, loh. Bahkan, alur ceritanya pun sangat dekan dan releatable dengan kondisi generasi saat ini. Bagaimana seseorang merasa tertekan, entah karena adanya persaingan, pekerjaan, dan memilih kembali pulang ke kampung halaman.

Salah satu pemerannya, Hyen Won (Kim Tae Ri) menjalani gaya hidup yang slow-living. Film ini juga menampilkan adegan ia menanam bahan-bahan makanan, memetiknya, dan mengolahnya diambil ampik dan sangat indah. Kehidupannya saat itu, membuatnya mulai berdamai dengan dirinya sendiri dan ibunya, yang kala itu meninggalkannya tanpa alasan. Belum lagi munculnya sahabat lamanya yang turut mewarnai alur cerita menjadi seru.

2. Litte Forest Summer/ Autumn

5 Rekomendasi Film yang Cocok untuk Self Healing
theyacker.com

Sepertinya tak cukup jika hanya menyaksikan Little Forest dari Korea saja. Kamu juga bisa menyaksikan versi Jepangnya nih. Secara visual, memang tak kalah apik dari versi sebelumnya. Namun, film yang akan membantumu untuk self healing ini, memiliki cerita yang lebih detail. Film yang rilis pada 2014 silam ini merupakan adaptasi dari manga berjudul sama dengan setting tempat di Komori, jika menerjemahkan artinya little forest.

Melihat dari alurnya, Little Forest versi Jepang ini hampir mirip dengan cerita aslinya dalam manga karya Daisuke Igarashi. Termasuk lokasinya pun benar-benar seperti ada di tengah hutan terpencil, sangat sesuai dengan judulnya. Selain itu, interaksi Ichiko sang tokoh utama dengan penduduk setempat juga lebih intens jadi lebih terasa kehidupan desanya.

3. Little Forest Winter/Spring

5 Rekomendasi Film yang Cocok untuk Self Healing
listal.com

Ternyata Little Forest versi Jepang ini terbagi menjadi dua bagian, yang masing-masing terdiri dari dua musim. Setelah kamu selesai menyaksikan bagian pertama Summer/Autumn, barulah lanjutkan ke bagian ini.

Berbeda dengan versi Korea, Little Forest yang satu ini tampak lebih dekat dengan kenyataan sehari-hari, karena menangkap momen-momen ketika sang tokoh melakukan tiral and error dalam memasak makanannya. Secara garis besar, Little Forest yang ini juga bisa membantu penonton untuk berdamai dengan diri sendiri.

4. Our Little Sister

5 Rekomendasi Film yang Cocok untuk Self Healing
charolatesometimes.com

Meski film ini tak ada klimaks, tapi sarat akan makna. Film yang rilis pada 2015 ini merupakan adaptasi dari manga Umimachi Diary (Sea Town Diary) karya Akimi Yoshida. Our Little Sister menceritakan tentang tiga bersaudara yang tinggal di tepi laut, Kamakura. Mereka menerima kehadiran adik tiri, yang baru mereka ketahui saat ayahnya meninggal dunia.

Ternyata adik tiri tersebut merupakan anak dari selingkuhan sang ayah. Saat mengetahui kebenarannya, mereka tidaklah marah, justru menikmati proses kehidupan. Dari kisah ini, pikiranmu pun perlahan-lahan akan berubah, bahwa setiap orang berhak dan layak untuk hidup bersandingan.

5. Nanti Kita Cerita Tentang Hari ini

5 Rekomendasi Film yang Cocok untuk Self Healing
okeguys.com

Film yang bisa membantumu untuk self healing tidak hanya berasal dari luar negeri saja, loh. Ternyata ada pula film dalam negeri yang bisa kamu kamu saksikan untuk self healing, yakni Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (NKCHTI). Film yang sudah tayang di bioskop pada 2020 lalu ini, menceritakan bahwa setiap keluarga mempunyai rahasia dan masalahnya masing-masing.

Film ini menyuguhkan dengan sangat apik, siapa saja yang menonton akan merasakan perasaan dari setiap karakternya. Alur ceritanya akan membuat kita tersadar, bahwa terkadang kita perlu mengadili rasa, sekalipun itu kesedihan.

Baca Juga: 6 Rekomendasi Film Bertema Kecantikan Bukanlah Segalanya

Itulah lima film yang bisa membantumu untuk self healing. Jika ada waktu luang, jangan lupa saksikan film di atasnya, ya. Semoga apa yang kamu rasakan saat ini, terlebih karena kesedihan, kegagalan, pun kecewa, bisa segera berlalu. Selamat menyaksikan!

  • Bagikan
seruni.id