Jangan Diabaikan, Ini Tanda Tubuh Kekurangan Vitamin

Jangan Diabaikan, Ini Tanda Tubuh Kekurangan Vitamin
uangteman.com

Seruni.id – Gizi seimbang dan vitamin sangat diperlukan untuk tubuh kita. Keduanya penting sekali demi kelangsungan kesehatan. Ketika tubuh kekurangan vitamin, akan muncul tanda seperti kelopak mata berkedut, kuku dan kulit yang mengelupas. Namun sayangnya, gejala seperti ini kerap diabaikan. Bahkan, ada yang menganggap bahwa hal tersebut biasa terjadi bukan karena kurangnya asupan vitamin.

Jangan Diabaikan, Ini Tanda Tubuh Kekurangan Vitamin
lifestyel.okezone.com

Dilansir dari suara.com, menurut juru bicara American Academy of Dietetics and Nutrition, Jarlyn Jones, mengatakan gejala kekurangan vitamin dan nutrisi seharusnya tidak diabaikan. Karena hal tersebut bisa menyebabkan masalah yang lebih luas dan mungkin saja parah. Adapun gejala kekurangan vitamin pada tubuh adalah sebagai berikut:

1. Rambut Mudah Rapuh

Rambut yang kering dan rapuh dapat menjadi salah satu tanda jika tubuhmu kekurangan zat besi atau protein. Sedangkan, rambut rontok berarti menandakan kamu kekurangan vitamin D. Ketika dalam kondisi ini, untuk memperbaikinya, kamu perlu mengonsumsi lebih banyak susu atau yogurt setiap harinya, ikan salon dan tuna, daging merah, sayur bayam, jeroan hewan, dan memperbanyak aktifitas di luar ruangan untuk mendapat paparan sinar matahari pagi.

2. Sariawan

Sariawan yang sering kali merupakan akibat defisiensi vitamin besi atau B. Sebuah penelitian menyebutkan, bahwa seseorang yang menderita sariawan tampaknya dua kali lebih mungkin memiliki kadar zat besi rendah. Dalam penelitian lainnya, sekitar 28 persen pasien dengan sariawan memiliki kekurangan thianmin (vitamin B1), riboflavin (vitamin B2) dan piridoksin (vitamin B6).

Baca Juga: 30 Obat Alami dan Bahan Untuk Mencegah Sariawan

3. Kulit Kering

Jika kamu mudah memar, kemungkinan kamu kekurangan vitamin K. Kulit ering mungkin mengindikasikan perlunya peningkatan vitamin A atau E. Kurangnya vitamin ini juga dapat menyebaban munculnya benjolan merah kecil di bagian belakang tanganmu. Untuk mengatasinya, kamu diharuskan mengonsumsi sayuran hijau, brokoli, alpukat, pepaya, tomat, wortel, susu, dan makanan yang mengandung tiga vitamin di atas.

4. Kram Otot

Sering merasakan kram otot di kaki atau tangan? Jika iya, kamu mungkin perlu meningkatkan asupan magnesium, kalsium, potasium, dan zinc. Otot berkedut mungkin menunjukkan kekurangan kalsium dan magnesium. Kekurangan vitamin B12 bisa menyebabkan dingin, kesemutan, dan mati rasa di tangan atau kaki. Ini berarti kamu perlu memperbanyak mengonsumsi susu dan yogurt, sayuran hijau seperti brokoli dan bayam, ikan tuna atau salmon, serta daging merah.

5. Mata Sering Berkedut

Dalam istilah medis, mata keduatan adalah miopenia yang bisa disebabkan oleh banyak hal, seperti kelelahan dan stres sehingga terlalu banyak mengonsumsi kafein dan alkohol. Namun, kedutan juga bisa disebabkan karena kurangnya magnesium. Menurut riset dari Pusat Pendidikan dan Penelitian Magnesium pada Maret 2012 di Ulasan Gizi, dari 48 persen orang Amerika kekurangan magnesium.

6. Kuku yang Rapuh

Jika kuku jari tangan maupun kakimu rapuh, beberti kamu memerlukan lebih banyak vitamin A, vitamin C, dan biotin. Kuku yang berbentuk menglengkung seperti sendok, menandakan kamu kekurangan zat besi. Maka dari itu perbanyaklah mengonsumsi makanan sehat, seperti wortel, buah yang mengandung vitamin C, produk susu, kedelai, jamur, mentimun, kacang-kacangan dan telur akan membantu meningkatkan asupan vitamin yang dibutuhkan.

Jika mengalami beberapa tanda di atas, jangan dibiarkan begitu saja, ya. Rajin-rajinlah mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin agar kesehatanmu tetap terjaga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.