10 Rutinitas yang Membuat Tidur Lebih Nyenyak

10 Rutinitas yang Membuat Tidur Lebih Nyenyak
wolipop.detik,com

Seruni.id – Rutinitas setiap hari kerap membuat kita kehilangan diri, hingga lupa menyediakan waktu untuk me time. Bahkan, terkadang akan berdampak pada kualitas tidur. Namun ternyata, beberapa aktivitas bisa kamu lakukan sebagai cara mencintai diri sendiri, sekaligus membuat tidur lebih nyenyak. Rutinitas apa sajakah yang bisa membuat tidur lebih berkuaitas? Yuk, cek ulasannya di bawah ini.

10 Rutinitas yang Membuat Tidur Lebih Nyenyak
republika.co.id

1. Skincare Rutin

Melakukan skincare secara rutin, dapat membuatmu lebih rileks. Selain membuat kulit lebih sehat. Ternyata skincare juga baik untuk menutrisi kulit. Jadi, untuk mendapatkan tidur yang berkualitas, jangan lupa lakukan rutinitas yang satu ini, ya.

2. Mandi dengan Air Hangat

Perlu diketahui, saat malam hari, temperatur tubuh kita akan menurun dan kita akan merasakan lelah, mengantuk, dan lesu. Semakin dingin suhu tubuh, maka akan semakin sedikit pula motivasi diri untuk melakukan aktivitas penting, seperti bernapas dan memompa darah. Nah, pendinginan tubuh tersebut, menjadi tanda alami bahwa tubuh kita butuh istirahat dan siap untuk tidur.

Namun, pendinginan di malam hari bukan tidak mungkin menjadi suatu hal yang menganggu, terlebih ketika kita berada di lingkungan yang gerah dan lembap, dimana udara cenderung untuk tetap berada di suhu kamar atau bahakan lebih panas lagi. Jadi, ketika kamu mandi air hangat sebelum beranjak tidur, dapat membantu tubuhmu untuk menurunkan temperatur alaminya dan juga melemaskan otot-otot tubuh, agar ketika bangun di pagi hari, tubuhmu segar kembali.

3. Merapikan Kamar

Rutinitas yang satu ini ternyata juga bisa membuat tidurmu menjadi lebih nyenyak, loh. Sebab, kenyamanan serta kebersihan menjadi faktor penting yang mendukung dan memperbaiki kualitas tidurmu. Maka sebisa mungkin, sebelum tidur di malam hari dan sesudah bangun tidur, usahakan untuk membersihkan dan merapikan kamar, ya.

4. Jauhkan Handphone atau Laptop

Melatonon merupakan hormon alami dari dalam tubuh yang diproduksi oleh kelenjar pituitary, dimana hal ini akan membantumu tidur lebih nyenyak, dan hanya ada di malam hari saja. Jadi, ketika kamu mematikan lampu kamar dan berhenti bermain handphone maupun alat elektronik lainnya, otak dan mata akan memulai mengirimkan sinyal ke kelenjar pineal untuk memproduksi melatonin. Kalau kamu termasuk orang yang tidak bisa lepas dari gadget, cobalah install aplikasi yang bisa mengurangi gelombang cahaya biru dari perangkatmu.

5. Perhatikan Suhu Udara

Temperatur suhu tubuh akan berubah ketika malam hari menjelang tidur. Agar tubuh lebih nyaman, pastikan suhu udara tepat, sehingga akan membuatmu tidur lebih nyenyak. Usahakan jangan mengatur suhu ruangan terlalu dingin atau panas.

6. Yoga atau Meditasi

Untuk membuat tidur lebih nyenyak, kamu juga bisa melakukan rangkaian olahraga ringan yang dibarengi dengan sesi relaksasi napas sejenak. Namun, jangan melakukannya secara berlebihan, setidaknya 10-20 menit, karena jika berlebihan hanya membuat tubuh semakin lelah dan akan terdistraksi dari tidur. Yoga atau meditasi bisa menjadi solusi yang ampuh melawan insomnia, bukan hanya untuk menenangkan pikiran saja, namun juga menyiapkan tubuh untuk siap tidur nyenyak.

7. Membaca Buku

Sebelum tidur, kamu bisa melakukan rutinitas kecil, seperti membaca buku. Namun, buku yang dibaca bukanlah yang membuatmu berpikir keras, melainkan buku yang bacaannya ringan. Seperti buku fiksi atau novel. Dengan begitu, kamu akan merangsang pikiranmu untuk memasuki alam mimpi sebelum tidur. Selain itu, kegiatan membaca sebelum tidur, juga akan melatih pikiran untuk dapat mengingat lebih lama.

8. Jauhkan Jam dari Jangkauan

Apabila kamu kesulitan untuk tidur, atau bahkan terbangun di malam hari dan melihat waktu yang berjalan seakan ‘menghantuimu’, ini akan membuatmu gugup dan cemas, hingga semakin sulit terlelap kembali. Agar tidur lebih nyenyak, sebaiknya jauhkan jam dari jangkauanmu.

9. Hindari Makan Sebelum Tidur

Makan sebelum tidur dapat berkontribusi ke masalah pencernaan, sehingga kemudian akan mempersulit untuk tidur. Selain itu, makan sebelum tidur juga akan menyebabkan gairah kecil yang mungkin tak akan diingat dan bisa menghindarkanmu dari memasuki fase dalam tidur dan membuat bangun dengan rasa lelah. Namun, jika kamu benar-benar tidak bisa menghindari camilan di malam hari, maka cobalah alihkan ke makanan yang direkomendasikan, seperti alomond, teh chamomole, jus tart cerry, kiwi, walnut, teh passionflower, serta nasi putih.

10. Hindari Minuman Berkafein Seteleh Jam 2 Siang

Untuk mendapatkan tidur berkualitas, maka segeralah hentikan mengonsumsi kafein dalam bentuk apapun, seperti teh, kopi, minuman energi, soda, permen coklat, serta alkohol di atas jam 2 siang. Sebagai solusinya, kamu bisa menggantinya dengan minuman non kafein, agar lebih mudah terasa lelah dan ingin segera istirahat di malam hari. Sebab, dengan jumlah kafein yang lebih sedikit atau bahkan tidak sama sekali, akan membuat tidur malam jadi lebih baik setiap harinya.

Baca Juga: 7 Tips Menghindari Gigitan Nyamuk Ketika Tidur

Setelah membaca ulasan di atas, apakah kamu sudah siap untuk melakukannya demi mendapatkan tidur yang berkualitas?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.