7 Tips Menghindari Gigitan Nyamuk Ketika Tidur

7 Tips Menghindari Gigitan Nyamuk Ketika Tidur
doktersehat.com

Seruni.id – Meski tubuhnya kecil, nyamuk menjadi hewan yang sangat menyebalkan. Apalagi saat sedang tidur, bukan hanya suaranya saja yang menganggu, tapi juga gigitannya yang terkadang menyebabkan gatal dan bentol. Sebenarnya menghindari gigitan nyamuk tidaklah sulit, karena ada banyak sekali cara yang bisa kamu lakukan.

7 Tips Menghindari Gigitan Nyamuk Ketika Tidur
news.detik.com

Pada artikel kali ini, Seruni telah merangkum beberapa caranya. Pastikan kamu menyimaknya sampai selesai, ya!

1. Mengenakan Pakaian Berwarna Cerah

Mengapa harus mengenakan pakaian berwarna cerah? Hal ini karena nyamuk cenderung lebih tertarik dengan warna lebih gelap, sementara mereka tak menyukai warna cerah. Dengan menggunakan baju berwarna cerah akan menghindarimu dari gigitan nyamuk ketika tidur.

2. Memakai Pakaian yang Menutupi Seluruh Tubuh

Selain mengenakan baju dengan warna cerah, memakai pakaian tertutup seperti piyama dapat melindungimu dari gigitan nyamuk, loh. Sehingga jadi lebih aman.

3. Hindari Penggunaan Produk Beraroma

Di malam hari, mungkin sebagian dari kita masih ada yang mengenakan produk beraroma pada tubuhnya, seperti lotion atau parfum. Meski aromanya akan membuatmu tidur lebih nyenyak, namun sebenarnya produk beraoma justru akanmengundang perhatian nyamuk, loh. Maka dari itu, sebisa mungkin hindari penggunaan pafrum ketika hendak tidur.

4. Musnahkan Sumber Air

Sebagaimana yang kita tahu, jentik nyamuk bisa berada di sejumlah tempat yang tergenang air. Semakin banyak jentik nyamuk, akan semakin banyak pula nyamuk yang hidup. Maka dari itu, musnahkan sumber air tergenang yang bisa menjadi tempat bertelur nyamuk. Kuras kolam renang, kaleng, wadah air, atau pot keramik untuk mengurangi jumlah nyamuk yang berkeliaran.

5. Oleskan Lotion Anti Nyamuk

Untuk menghindari gigitan nyamuk ketika tidur, pastikan kamu telah menggunakan pengusir nyamuk yang aman dan bersertifikat dan aplikasikan pada kulit yang terbuka. Pastikan untuk tidak mengaplikasikannya pada luka, luka atau kulit yang meradang. Jangan gunakan di dekat mata atau mulut. Hindari mengoleskan obat nyamuk pada anak di bawah dua bulan dan pada tangan mereka, karena bukan tidak mungkin mereka akan memasukkan tangan ke dalam mulut.

6. Menggunakan Kelambu

Meskipun ini merupakan praktik yang dianggap kuno, namun kelambu bisa menjadi alternatif bagi kamu yang alergi terhadap obat nyamuk. Kamu bisa memasangnya pada tempat tidurmu, sehingga kamu akan terjaga dan terhindar dari gigitan nyamuk.

7. Mengencangkan Putaran Kipas Angin

Menggunakan kipas angin menjadi salah satu cara yang efektif untuk menghindari gigitan nyamuk ketika tidur. Jadi, sebelum tidur pastikan kamu telah menyalakan kipas angin dengan kekuatan yang cukup.

Baca Juga: 10 Cara Ampuh Mengusir Nyamuk dari Kamar

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghindari gigitan nyamuk ketika tidur. Meski sepele hal ini tidak boleh diabaikan. Sebab, nyamuk tersebut bisa saja membawa penyakit, seperti malaria, cikungunya, dan lainnya. Potensi mengidap penyakit tersebut menjadi lebih tinggi karena mereka menggigir saat diru. Ini akibat nyamuk bisa merasakan sensasi panas yang ditimbulkan tubuh kita saat tidur.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.