Sakit Jelang Menstruasi? Begini Cara Mengatasinya Menurut Para Ahli

Sakit Jelang Menstruasi? Begini Cara Mengatasinya Menurut Para Ahli
dream.co.id

Seruni.id – Kamu mungkin pernah merasakan sakit jelang menstruasi? Kondisi ini secara medis disebut sebagai menstruasi symptoms. Mulai dari sakit perut, sakit pinggang, sakit kepala, sulit buang air kecil, hingga begitu banyak jerawat yang memenuhi wajah.

Sakit Jelang Menstruasi? Begini Cara Mengatasinya Menurut Para Ahli
hijab.dream.co.id

Bahkan, ketidaknyamanan tersebut hampir dirasakan oleh semua wanita. Biasanya, untuk mengtasi hal ini, sebagian wanita memilih untuk mengonsumsi jamu kunyit asam. Dan sebagian lainnya justru hanya membutuhkan waktu istirahat yang lebih. Atau mengompresnya dengan air hangat hingga memanjakan tubuh dengan pijatan.

Kebanyakan dari kalian mungkin menerapkan cara-cara tersebut untuk mengatasi sakit jelang menstruasi. Namun tahukah kamu, ternyata ada beberapa cara yang lebih ampuh, loh. Ada beberapa studi yang mencari cara paling ampuh untuk meredakan setiap gangguan menjelang haid. Berikut caranya yang dilansir dari fimela.com:

Daftar Isi

1. Sakit Pinggang atau Punggung

Mengatasi sakit pinggang jelang haid sangatlah mudah. Menurut seorang ahli kesehatan perempuan Dr. Jennifer Wider, ia menyarankan stretching dan heat massage untuk meredakan nyeri punggung atau pinggang.

2. Perut Kembung

Jelang menstruasi, banyak wanita yang merasakan perutnya sangat kembung. Masih menurut Wider, dalam mengatasi ini kamu disarankan untuk mengurangi konsumsi sodium, terutama pada sup yang biasa kamu santap. Selain itu, kamu juga harus lebih banyak minum air putih serta mengonsumsi makanan yang kaya akan potasium.

3. Sakit Perut

Sakit perut sering kali dialami para wanita jelang menstruasi, sakit yang dirasakan tak bisa tertahankan. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh seorang ahli bernama J Educ Promot yang dirilis pada 2018 lalu, menunjukkan olahraga menjadi cara paling aman dan ampuh untuk meredakan sakit jelang menstruasi. Seperti olahraga peregangan atau bersepeda. Tapi, kamu juga bisa meredekannya dengan menaruh botol kaca berisikan air hangat atau heating pad.

4. Gangguan Tidur

Tak hanya tiga masalah di atas yang kerap dirasakan wanita jelang menstruasi. Namun gangguan tidur pun mereka rasakan, seminggu sebelum haid tidur cenderung akan berkurang bahkan tidak berkualitas sama sekali. Wider mengatakan, hal ini wajar terjadi pada banyak wanita. Menurutnya, hal tersebut disebabkan oleh hormon yang drop menjelang menstruasi di hari pertama. Untuk mengatasi masalah ini, kamu bisa mencoba berbagai cara sehat yang dapat meningkatkan kualitas tidur seperti mengonsumsi teh chamimile hangat.\

Baca Juga: Tata Cara Serta Doa Mandi Haid yang Benar Menurut Islam

Kamu bisa mencoba cara-cara di atas demi mengurangi rasa sakit jelang menstruasi. Semoga setelah menerapkan cara tersebut, rasa sakitmu segera berkurang, ya. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.