Segera Hapus 8 Aplikasi yang Bisa Mencuri Data Pribadi dan Uangmu ini!

  • Bagikan
Segera Hapus 8 Aplikasi yang Bisa Mencuri Data Pribadi dan Uangmu ini!
wolipop.detik.com

Seruni.id – Waspada, ternyata ada sejumlah aplikasi yang bisa mencuri data pribadi dan uangmu, loh. Oleh karena itu, kamu harus lebih jeli lagi sebelum mengunduhnya, ya. Sebab, ancaman tersebut bisa saja berada di ponselmu, terutama yang berbasis Android. Jangan sampai hal-hal yang tidak diinginkan terjadi, seperti ‘perampok’ yang secara leluasa mencuri data pribadi maupun uangmu.

Segera Hapus 8 Aplikasi yang Bisa Mencuri Data Pribadi dan Uangmu ini!
jogja.suara.com

Melansir dari laman CNBC Indonesia, sedikitnya ada delapan aplikasi yang terdeteksi mengandung malware. Namun sebelumnya, apa sih malwere itu? Malware adalah sebuah perangkat lunak yang diciptakan untuk memasuki dan terkadang bisa merusak sistem komputer, jaringan, atau server tanpa diketahui oleh si pemilik.

Istilah malware diambil dari gabungan potongan dua kata yaitu malicious “berniat jahat” dan software “perangkat lunak”. Tujuannya tentu untuk merusak atau mencuri data dari perangkat yang dimasuki.

Malware tersebut bernama Joker, yang dapat masuk ke dalam ponsel Andorid milikmu. Virus tersebut diketahui cukup gigih dalam mengincar smartphone Android. Hal ini pertama kali ditemukan pada 2017 silam. Di mana Joker tersebut menyusup di ribuan aplikasi yang ada di Play Store.

Sebagaimana informasi yang dirilis oleh Quick Heal Security Labs, ke-delapan aplikasi itu berpotensi bisa mencuri data pribadi kamu, loh. Sangat mengerikan, bukan? Dikhawatirkan mereka akan menyalahgunakan datamu untuk hal-hal yang tidak kamu inginkan. Namun, kamu bisa bernapas lega. Sebab, APK tersebut sudah dihapus dan kabarnya telah dilaporkan ke Google.

Aplikasi Berbahaya

Jika kamu sudah telanjur mengunduhnya. Tak ada opsi lain selain segera menghapusnya sekarang juga. Namun, apa saja sih aplikasi tersebut? Berikut daftarnya:

Delapan aplikasi yang membawa malware Joker antara lain:

  • Auxiliary Message
  • Element Scanner
  • Fast Magic SMS
  • Free CamScanner
  • Go Messages
  • Super Message
  • Super SMS
  • Travel Wallpapers

Bagaimana Virus Ini Bekerja?

Perlu kamu ketahui, bahwa virus tersebut berperan membuat ponselmu berlanggan pada layanan premium. Namun, hal tersebut terjadi tanpa sepengetahuanmu. Sehingga mereka akan leluasa mencuri data dan uangmu. Jadi, kamu harus banget berhati-hati nih. Pastikan kamu tidak sembarangan mengunduh aplikasi, ya.

Peneliti Quick Heal menambahkan virus Joker tak hanya mencuri uang, lho.Tapi juga dapat mencuri data pengguna termasuk SMS, daftar kontak, informasi perangkat, one time password (OTP) dan lainnya.

Baca Juga: 7 Aplikasi Pemblokir Iklan di Android

Demikian daftar sejumlah aplikasi yang dapat membahayakamu. Bila kamu sudah mengunduhnya ini, maka segerlah menghapusnya demi keamanan data dan keuanganmu. Semoga bermanfaat!

  • Bagikan
seruni.id