Selain Dipakai Memasak, Ini 9 Manfaat Minyak Jagung untuk Kesehatan

Selain Dipakai Memasak, Ini 9 Manfaat Minyak Jagung untuk Kesehatan
sehatq.com

Seruni.id – Ada bermacam-macam jenis minyak yang bisa digunakan untuk memasak. Namun, tak semua minyak baik untuk digunakan. Kriteria yang paling baik adalah yang kandungan lemak jenuhnya sedikit, dibandingkan lemak tak jenuh. Selain minyak kelapa sawit, minyak jagung juga bisa kamu gunakan untuk memasak yang terbilang jauh lebih sehat.

Selain Dipakai Memasak, Ini 9 Manfaat Minyak Jagung untuk Kesehatan
99.co

Menurut Healthline, minyak yang berasal dari jagung 100% lemak dan tidak mengandung protein maupun karbohidrat. Bukan hanya dapat digunakan untuk memasak, ternyata juga memiliki manfaat yang luar biasa, loh. Apa saja, ya?

1. Menurunkan Kolesterol Lebih Efektif

Manfaat yang paling unggul dari minyak jagung yakni dapat menurunkan kadar kolesterol. Hal ini diyakini karena tingginya kandungan asam lemak tak jenuh yang ada di dalamnya. Fungsi dari lemak tak jenuh sendiri nantinya akan mengikis kadar low-density lipoprotein (LDL) atau lemak jahat dalam darah. Kemudian, lemak jahat tersebut akan digantikan oleh high-density lipoprotein (HDL) atau lemak baik.

2. Menekan Risiko Terjadinya Diabetes Tipe 2

Minyak dari jagung memiliki asam lemak tak jenuh yang berasal dari rantai tunggal. Maka dari itu, sangat bermanfaat sekali untuk mengontrol kadar gula dalam darah. Selain itu, juga dapat menjaga stabilitas tingkat insulin dan gula darah. Sehingga, menekan risiko terjadinya diabetes tipe 2. Bahkan, kandungan penting lainnya seperti asam linoleat akan bekerja menormalkan fungsi pankreas. Hal ini agar dapat terus menghasilkan insulin di dalam tubuh.

3. Mencegah Sel dari Radikal Bebas

Minyak jagung juga mengandung Ubiquinone dan vitamin E dalam jumlah yang cukup signifikan. Menurut Healthhabitum, vitamin Q10 (Ubiquinone) merupakan antioksidan yang sangat baik, dalamencegah sel dari radikal bebas. Selain itu, minyak yang berasal dari jagung dikemas dengan vitamin E terutama alfa dan gamma-tokoferol. Keduanya memiliki manfaat yang sangat luar biasa dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mencegah pembentukan gumpalan darah dan melindungi terhadap kerusakan DNA.

4. Menyehatkan Jantung

Ingin memiliki jantung yang lebih sehat? Selain mengonsumsi makanan yang bergizi serta berolahraga dengan rutin, ternyata untuk meningkatkan kesehatan jantung, kamu bisa mendapatkannya di dalam minyak dari jagung. Sebab, minyak yang berasal dari jagung ini, mengandung senyawa yang menyehatkan jantung, seperti vitamin E, asam linoleat dan pitosterol. Vitamin E adalah antioksidan kuat, sehingga bisa mencegah kerusakan oksidatif pada jantung dan pembuluh darah yang disebabkan oleh radikal bebas berlebih. Dikutip dari Healthbenefitstimes, diet teratur harus memiliki kandungan asam lemak tak jenuh ganda yang tinggi seperti minyak jagung. Ini membantu menurunkan kadar kolesterol LDL.

5. Mengatasi Masalah Kehamilan

Bagi kamu yang saat ini sedang menjalankan program kehamilan, banyak hal yang menjadi pertimbangan. Terutama dalam mengonsumsi makanan. Kamu bisa mengomsumsi minyak dari jagung ini demi kelangsungan program tersebut. Pasalnya, manfaat minyak jagung dengan asam folatnya juga terbukti dapat menjadi suplemen penunjang kehamilan agar bayi tetap sehat. Selain itu, dengan mengonsumsinya secara rutin, dapat memperkuat sel telur sehingga persentase kehamilan jauh lebih besar.

6. Mengatasi Masalah Pencernaan

Selain lemak tak jenuh dan asam folat, minyak dari jagung juga memiliki kandungan serat yang cukup tinggi dan sangat baik bagi tubuh. Kandungan seratnya membuat minyak ini memiliki manfaat yang cukup luar biasa. Dan tidak perlu lagi diragukan khasiatnya. Segelas minyak jagung mengandung 18,4% serat yang merupakan jumlah tepat yang diperlukan oleh tubuh setiap harinya.

7. Meringankan Rematik

Lagi-lagi, manfaat minyak jagung berikutnya ini dihasilkan oleh kandungan asam linoleat yang terdapat di dalamnya. Untuk kamu yang memiliki penyakit rematik, kamu perlu mengonsumsi minyak jagung secara rutin. Pasalnya, dengan kandungan asam linoleat di dalamnya, minyak jagung terbukti dapat menghilangkan peradangan dan mengobati kerusakan pada sendi. Kedua gejala tersebut merupakan penyebab timbulnya gejala asam urat.

8. Mempercantik Kulit dan Wajah

Ingin kulit dan wajah cantik berseri dengan obat kulit yang sederhana? Cobalah gunakan minyak jagung secara rutin, ya. Selain untuk mengatasi penyakit berat, masalah kesehatan dan kecantikan kulit dan wajah juga dapat diselesaikan dengan obat alami ini. Ada dua faktor penting untuk mempercantik kulit, yaitu percepatan regenerasi sel dan kelancaran transfer oksigen ke dalam darah. Nah, manfaat minyak jagung juga dapat digunakan untuk mendukung dua faktor penting tersebut yang dapat membantu menyehatkan kulit dan wajah.

9. Menyehatkan Otak dan Jantung

Terakhir, ada juga kandungan omega 3 dalam minyak ini, yang manfaatnya sudah teruji dan kualitasnya sudah terbukti. Asam omega-3 inilah yang berperan penting dalam memperbaiki sel-sel otak dan meningkatkan fungsi jantung. Apalagi bagi anak-anak, kandungan omega-3 ini sangat dibutuhkan untuk menunjang proses perkembangan fisik dan kognisi mereka.

Baca Juga: 10 Cara Asyik Mengolah Jagung Manis Jadi Makanan Lezat

Demikianlah sembilan manfaat minyak dari jagung bagi kesehatan. Yuk, rasakan kebaikan dari penggunaan minyak jagung!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.