8 Tips Memilih Kulkas dengan Tepat Sebelum Membelinya

8 Tips Memilih Kulkas dengan Tepat Sebelum Membelinya
id.sharp

Seruni.id – Kulkas adalah barang elektronik rumah tangga yang sangat bermanfaat. Bukan hanya sebagai pendingin, namun juga menjadi tempat untuk menyimpan bahan makanan agar lebih awet. Apakah saat ini kamu berniat untuk membelinya? Tapi sebelum membeli, kamu wajib banget membaca beberapa tips memilih kulkas dengan tepat nih, agar nantinya kamu tidak salah beli dan juga tidak menyesal di kemudian hari. Untuk kamu yang penasaran bagaimana tips memilih kulkas yang tepat, berikut daftarnya.

8 Tips Memilih Kulkas dengan Tepat Sebelum Membelinya
aquajapanid.com

1. Volume

Tips memilih kulkas yang pertama adalah dengan memerhatikan volume alias ruang kulkas tersebut. Sebelum membelinya, pilihlah kulkas dengan volume penyimpanan yang sesuai dengan kebutuhanmu. Tapi, ada baiknya memilih kulkas yang memiliki kapasitas besar. Sehingga, jika di kemudian hari kebutuhanmu meningkat, maka kamu tak perlu repot-repot membeli yang baru.

2. Tentukan Jenis yang Diinginkan

Selain itu, kamu juga perlu menentukan jenis kulkas seperti apa yang kamu inginkan. Apalagi kulkas memiliki beragam jenis. Kamu bisa memilih kulkas berjenis Top Freezer atau kulkas dengan pintu freezer di bagian atas yang merupakan salah satu jenis paling banyak digunakan saat ini. Jika kurang puas, kamu bisa kok memilih kulkas berjenis Buttom Freezer yang letak pintu freezer-nya berada di bagian bawah kulkas atau bahkan kamu bisa memilih kulkas dengan dengan dua pintu samping (Side by Side).

Ada juga kulkas berjenis French Door yang merupakan kulkas sejenis Side by Side dengan dua pintu samping dan dilengkapi dengan satu atau bahkan dua pintu lagi di bagian bawahnya. Kulkas ini juga termasuk jenis kulkas yang juga banyak dipilih masyarakat karena kapasitasnya yang besar.

3. Pilih yang Hemat Energi

Agar dapat berfungsi sebagaimana mestinya, tentu kulkas membutuhkan listrik sebagai dayanya. Oleh sebab itu, pilihlah kulkas yang dirasa hemat energi, agar tidak terlalu banyak memakan daya listrik. Terlebih, saat ini sudah banyak tersedia kulkas yang menawarkan fitur hemat energi.

4. Desain

Untuk yang satu ini, tentu sudah menjadi tolak ukur belanja sejak dulu. Semuanya kembali pada pilihan masing-masing. Jadi, usahakan untuk memilih kulkas dengan tampilan dan desain yang sesuai seleramu. Jangan pernah tergoda dengan tawaran toko yang menawarkan kulkas di luar seleramu. Sebab, nantinya hanya akan membuatmu kecewa.

5. Fitur Wadah

Pertimbangkan masalah fitur wadah yang terpasang pada seluruh bagian ruang kulkas. Seperti rak telur harus ada lubangnya, wadah daging dan ikan harus terpisah dari wadah makanan lain, wadah buah-buahan tidak diberi lubang untuk menjaga kesegarannya, tempat penyimpanan sayur-mayur harus memiliki lubang sebagai sirkulasi udara dan suhu agar kesegarannya lebih terjaga, rak-rak makanan dan minuman harus yang bisa distel supaya mudah dalam penggunaan fungsinya. Sementara pada wadah pembuangan yang berada dibagian belakang bodi kulkas harus memiliki sirkulasi udara yang baik, sehingga air bisa lebih mudah dan cepat dalam menguap.

6. Garansi

Garansi menjadi prioritas utama saat membeli barang elektronik apapun, salah satunya saat membeli kulkas. Garansi sangat berguna dalam meminimalisir terjadinya kerugian ketika kulkas yang kamu beli mengalami kerusakan, khususnya pada bagian mesin. Jadi, catat baik-baik kiat yang berikut ini, demi kepuasan dan kenyamanmu pribadi.

7. Memilih Brand yang Tepat

Sekali lagi, jangan mudah tergiur dengan brand yang menawarkan harga murah karena kualitasnya belum tentu terjamin. Jadi, lebih baik merogoh kocek sedikit lebih mahal dari brand ternama dengan kualitas yang baik juga tentunya. Sebab, brand terpercaya dan banyak dipilih masyarakat juga biasanya memberikan garansi resmi serta pelayanan aftersales yang baik. Tidak hanya itu, mereka juga memiliki gerai service center khusus yang siap melayani konsumen kala dibutuhkan.

8. Sesuaikan dengan Budget yang Dimiliki

Selain tips memilih kulkas di atas, yang satu ini juga penting sekali menjadi pertimbanganmu. Sebaiknya pilihlah kulkas yang memang sesuai dengan budget yang kamu miliki. Kamu bisa memilih kulkas dengan ukuran serta kapasitas besar, seperti Side by Side fridge, Bottom Fridge atau bahkan French Door fridge. Kulkas berjenis French Door, Side by Side dan Bottom Freezer fridge dibanderol dengan harga belasan sampai puluhan juta rupiah.

Namun, jika budget yang kamu miliki kurang dari itu, kamu bisa memilih kulkas berjenis Top Freezer yang dibanderol dengan harga yang lebih terjangkau, yakni mulai dari dua juta rupiah per-unitnya. Tentu, setiap brand menawarkan harga yang berbeda-beda, ya.

Baca Juga: Trik Aman Menyimpan Makanan di Kulkas Saat Listrik Padam

Nah, beberapa tips memilih kulkas di atas dapat membantumu dalam menentukan kulkas seperti apa yang cocok untukmu. Jadi, mana nih pilihan kulkas yang kamu mau?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.