Selain Kurma, Ini 7 Makanan Kesukaan Rasulullah SAW

Selain Kurma, Ini 7 Makanan Kesukaan Rasulullah SAW
liputan6.com

Seruni.id – Siapa yang tidak tahu, bahwa kurma merupakan buah kering yang memiliki banyak kandungan nutrsi yang baik untuk tubus seperti zat besi dan kalisum. Kurma juga merupakan makanan kesukaan Nabi Muhammad SAW. Tetapi tidak hanya kurma, beberapa makanan berikut ini merupakan makanan kesukaan Rasulullah SAW yang memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh yang perlu kita ketahui.

1. Anggur

Selain Kurma, Ini 7 Makanan Kesukaan Rasulullah SAW
rumahtanaman.com

Anggur menjadi salah satu makanan kesukaan Rasulullah SAW. Buah kecil yang memiliki macam-macam warna ini sangat bermanfaat untuk kesehatan diantaranya dapat membantu dalam membuat kulit terbebas dari jerawat, meringankan sembelit dan mengurangi risiko penyakit jantung. Buah anggur dapat digunakan dalam bentuk buah mentah atau dapat digunakan dalam bentuk selai dan lain-lain. Nabi Muhammad biasa memakannya dan salah satu hidangan untuk para tamu. Anggur juga salah satu buah dari surga.

2. Buah Zaitun

Selain Kurma, Ini 7 Makanan Kesukaan Rasulullah SAW
khasiatsehat.com

Sejak zaman dahulu, buah zaitun diketahui memiliki khasiat yang sangat luar biasa untuk mengatasi berbagai macam penyakit. Bahkan, dalam salah satu hadits menjelaskan tentang manfaat buah zaitun untuk manusia yang berbunyi,

Dari Abi Usaid Al-Anshari dia berkata Rasulullah SAW bersabda, “Makanlah minyak zaitun! Sesungguhnya ia diberkahi. Berlauklah dengannya dan berminyaklah dengannya! Sesungguhnya ia keluar dari pohon yang diberkahi”. (HR. Ahmad, Ad Darimi dan Tirmidzi)

Jadi dengan hadits di atas sudah jelas tentunya bagaimana manfaat dan berkah yang ada pada buah zaitun.

3. Madu

Selain Kurma, Ini 7 Makanan Kesukaan Rasulullah SAW
liputan6.com

Madu dapat dikonsumsi tanpa efek samping untuk segala macam penyakit. Saat ini, penelitian menyatakan bahwa meski madu memiliki rasa manis, namun jika dikonsumsi dalam dosis yang tepat sebagai obat, itu tidak akan menyebabkan diabetes. Madu juga baik untuk pasien radang sendi, untuk mengendalikan kerontokan rambut, meningkatkan nafsu makan, meningkatkan kesehatan pencernaan dan mengontrol kadar kolesterol.

4. Susu

Selain Kurma, Ini 7 Makanan Kesukaan Rasulullah SAW
idntimes.com

Selain itu, susu juga menjadi minuman kesukaan Rasulullah SAW. Susu sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, karena menyediakan kalsium, juga sangat baik bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan.

5. Ara

Selain Kurma, Ini 7 Makanan Kesukaan Rasulullah SAW
news.detik.com

Buah ara atau lebih dikenal dengan buah tin menjadi makanan kesukaan Rasulullah SAW. Beliau pernah bersabda bahwa buah tin merupakan buah surga tanpa biji. Manfaatnya yang sangat banyak seperti dapat mengobati sembelit, penyakit usus, bisul, dan lambung membuat buah ini sangat cocok untuk dikonsumsi ketika berbuka puasa.

6. Buah Delima

Selain Kurma, Ini 7 Makanan Kesukaan Rasulullah SAW
aladokter.com

Mungkin tak banyak yang tahu bahwa delima masuk dalam daftar buah surga. Hal ini tercantum pada Surat Al-Rahman ayat 68 yang artinya, “di dalam kedua-dua syurga itu terdapat buah-buahan, pohon kurma dan pohon delima.”

Sedangkan dalam hadis dijelaskan bahwa kita dianjurkan untuk memakan buah tersebut beserta kulitnya. Selain itu, buah yang kini mulai langka ini, juga dipercaya dapat mengusir setan selama 40 hari.

7. Melon

Selain Kurma, Ini 7 Makanan Kesukaan Rasulullah SAW
eventkampus.com

Buah melon menjadi makanan kesukaan Nabi Muhammad SAW. Hal ini dikuatkan dengan hadis berikut. Rasulullah SAW bersabda,

“tak satu pun dari wanita yang sedang hamil dan makan semangka akan gagal untuk menghasilkan keturunan yang baik di wajah dan sangat baik dalam sifat.”

Rasulullah pernah bersabda mengenai Kurma dan Melon. “Yang satu mengusir panas, yang lain mengusir dingin.” (HR. At-Tirmidzi).

Melon dapat membantu mengusir penyakit batu ginjal dan kantung kemih. Jadi, Melon sangat aman dikonsumsi untuk santapan berbuka puasa.

Baca Juga: Tak Perlu Dikupas, 6 Jenis Buah Ini Memiliki Vitamin Tinggi

Itulah beberapa makanan kesukaan Rasulullah SAW yang tidak hanya memiliki rasa yang enak tetapi juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh bagi siapa saja yang mengonsumsinya dalam jumlah normal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.