Selain Lebih Aman dan Praktis, Ini Alasan Lain Perlunya Beralih ke Pembalut Kain

Selain Lebih Aman dan Praktis, Ini Alasan Lain Perlunya Beralih ke Pembalut Kain
klikdokter.com

Seruni.id – Menggunakan pembalut sekali pakai bukan lagi menjadi satu-satunya pilihan bagi para wanita saat sedang menstruasi. Sebab, ada banyak produk yang bisa digunakan, bahkan lebih aman dan ramah lingukan. Salah satunya adalah pembalut kain.

Selain Lebih Aman dan Praktis, Ini Alasan Lain Perlunya Beralih ke Pembalut Kain
liputan6.com

Jenis yang satu ini, fungsinya sama seperti pembalut sekali pakai yang kerap digunakan para wanita untuk menampung darah menstruasi. Hanya saja, pembalut kain bisa dicuci dan digunakan kembali. Terdapat pula alasan lain mengapa kita perlu segera beralih dari pembalut sekali pakai ke pembalut kain. Apa saja alasannya?

1. Mudah Dibersihkan

Mungkin, banyak dari kita tidak berpikir untuk menggunakan produk kain yang bisa dipakai berkali-kali setelah digunakan. Ketika darah haid keluar hanyalah membutuhkan serangkaian perawatan yang higenis. Dengan adanya pembalut kain, ini akan menjadi solusi yang tepat dalam menjaga organ kewanitaan.

Pembalut kain sangat mudah dibersihkan setelah digunakan. Sebab, kamu hanya perlu mencuci pembalut tersebut sampai bersih dengan air dingin. Karena jika kamu mencucinya menggunakan air panas, justru hanya akan mengotori bagian pembalut saja, loh. Jadi, kamu bisa merendamnya terlebih dahulu atau dapat mencucinya bersamaan ketika mandi.

2. Banyak Pilihan Produk

Sama halnya seperti produk pembalut sekali pakai yang memiliki banyak pilihan, pembalut kain juga memilih beragam produk, loh. Jika ingin menggunakan, sebaiknya pilihlah produk yang sesuai dengan kegiatan sehari-hari dan pastinya nyaman ketika kamu gunakan. Ini termasuk bantalan kain yang dapat digunakan kembali, ukuran panjang dari pembalut kain, dan pembalut yang dapat digunakan untuk aktivitas yang lebih aktif seperti yoga atau kegiatan fisik lainnya.

3. Aman untuk Kesehatan

Tak sedikit pembalut sekali pakai biasanya menyebabkan ruam dan iritasi pada kulit. Sedangkan, bahkan dari pembalut kain terbut dari bahan katun yang memiliki tekstur lembut dan memungkinkan sirkulasi udara tetap baik pada bagian yang sensitive. Pembalut kain juga dapat membuat area tersebut tetap lembap, tentunya tidak seperti pembalut lain yang menyerap semua kelembapan dan membuat lebih kering.

4. Ramah Lingkungan

Perlu kita ketahui, proses pembuatan pembalut sekali pakai sangat berbahaya bagi lingkungan. Seperti udara, air, hingga mengganggu habitat hewan. Sebab, pembalut sekali pakai memiliki komponen seperti plastik, serat sintetis, dan pemutih, di mana jika dibuang sembarangan akan merugikan ekosistem. Jumlah limbah yang dihasilkan pun begitu mengkhawatirkan.

5. Pembalut Sekali Pakai Lebih Berbahaya

Seperti yang disebutkan di atas, pembalut sekali pakai mengandung bahan-bahan yang berbahaya, di anataranya seperti plastik serat sintetis, yang bukan hanya membahayakan lingkungan, tapi juga area kewanitaan. Produk kertas sanitas menyebabkan iritasi pada area sensitif karena gesekan akibat kativitas tubuh.

Beberapa perempuan juga sensitif terhadap zat pemutih yang digunakan dalam produk pembalut sekali pakai. Lebih mengkhawatirkannya lagi, pembalut sekali pakai biasanya menggunakan bahan kimia pengharum yang digunakan untuk menyamarkan bau yang datang saat menstruasi. Bahan-bahan kimia tersebut diketahui dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Contohnya, kanker, infertilitas, serta gangguan hormon.

6. Hemat Pengeluaran

Alasan terakhir mengapa kita harus segera beralih ke pembalut berbahan kain, karena dapat menekan pengeluarkan kita, loh. Di mana biasanya ketika memakai pembalut sekali pakai, dan harus membelinya kembali saat sudah habis. Dengan menggunakan pembalut kain akan membuatmu jauh lebih hemat. Masalah harga, memang berbeda antara keduanya. Namun, pembalut dari kain bisa digunakan berbulan-bulan bahkan hingga tahunan, tergentung pada penggunaan dan perawatannya.

Baca Juga: Sakit Jelang Menstruasi? Begini Cara Mengatasinya Menurut Para Ahli

Demikianlah beberapa alasan mengapa perlunya beralih ke pembalut berbahan kain. Selain hemat, kita juga akan merasakan beragam manfaat yang luar biasa dan mengubah gaya hidup kita menjadi lebih ramah lingkungan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.