Selain Uang, Hindari Menyimpan 6 Benda ini di Dalam Dompet

  • Bagikan
Selain Uang, Hindari Menyimpan 6 Benda ini di Dalam Dompet
freepik.com

Seruni.id – Dompet merupakan benda yang difungsikan untuk menyimpan uang. Biasa dibilang dompet menjadi salah satu benda yang penting, sehingga keberadaannya tak boleh ketinggalan. Namun, oleh beberapa orang dempet juga kerap digunakan sebagai tempat menyimpan barang-barang berharga, seperti kartu kredit, KTP, atau SIM.

Selain Uang, Hindari Menyimpan 6 Benda ini di Dalam Dompet
yukepo.com

Sayangnya, harus diakui bahwa dompet termasuk benda yang paling sering hilang dan menjadi sasaran kejahatan. Sehingga, kamu perlu melakukan cara cerdas untuk mengurangi kerugian. Karenanya, ada beberapa barang yang sebaiknya tidak kamu simpan di dalam dompet untuk mengurangi risiko kerugian. Berikut ini adalah beberapa benda yang perlu kamu hindari.

1. Kartu Debit atau Kartu Kredit

Menyimpan kartu debit atau kredit di dalam dompet bukanlah solusi yang baik. Bisa saja, ketika dompetmu hilang, ada kemungkinan kartu yang kamu miliki ada yang menyalahgunakan sebelum kamu memblokirnya. Jadi, lebih baik bawalah satu kartu yang akan kamu gunakan ketika hendak keluar rumah. Untuk menghindari hal-hal yang tidak kamu inginkan, sebaiknya ambil foto kartu tersebut dan menyimpannya di rumah, seandainya kamu kehilangan kartu dan tidak dapat mengingat nomornya.

2. Tanda Terima

Meski tanda terima bukanlah benda yang sangat penting. Namun, menurut Adam Levin, pendiri perusahaan perlindungan identitas global dan layanan risiko data, seorang penjahat yang terampil dapat menggunakan informasi tersebut untuk mencuri uangmu secara lebih efektif.

“Jika tidak membutuhkannya, jangan disimpan di dompet, tetapi hancurkan. Atau minta salinan tanda terima melalui email,” katanya.

3. Catatan Kode Rahasia

Mungkin beberapa dari kita ada yang gemar menuliskan kata sandi di selembar kertas lalu menyimpannya di dalam dompet. Hal ini memang sah-sah saja, apalagi bagi kamu yang mudah lupa. Namun, kamu perlu berhati-hati, karena bisa saja ini akan menimbulkan masalah. Bayangkan saja, dompetmu hilang dan di dalamnya terdapat kartu ATM, kartu kredit, sekaligus PIN.

Alhasil, hanya butuh waktu beberapa menit bagi orang yang tidak bertanggung jawab untuk menguras ATM atau menggasak kartu kreditmu. Alih-alih menaruh kata sandi dan PIN di dompet, akan lebih baik jika kamu menggunakan pengelola kata sandi di ponsel atau komputer demi alasan keamanan.

4. Kunci Rumah Cadangan

Sebagian orang, mungkin kamu termasuk salah satunya, yang suka menyimpan kunci rumah cadangan di dalam dompet. Menghindari hal yang tidak kita inginkan, Seruni sarankan sebaiknya pindahkan kunci tersebut ke tempat yang lebih aman. Sebab, apabila dompetmu hilang, bukan tidak mungkin orang jahat cukup melihat alamat rumah mu di KTP dan langsung memiliki akses ke dalam rumah. Situs penasehat keuangan, kiplinger.com, menyarankan untuk meninggalkan kunci cadangan kepada kerabat atau teman.

5. Flash Disk

Mungkin memang tak banyak orang yang menyimpan USB Flash Disk di dompet. Namun, karena bentuknya yang semakin bervariasi, membuat flash disk mudah untuk kamu simpan di mana saja, termasuk di dalam dompet. USB bisa saja rusak karena terlipat di dalamnya. Ada baiknya benda yang banyak menyimpan informasi penting seperi ini jangan disimpan di dalam dompet. Bahkan, sebaiknya jangan dibawa bepergian kalau memang tidak digunakan.

6. Ponsel

Beberapa produsen telah membuat casing yang berfungsi ganda, bisa berfungsi sebagai dompet dan tempat ponsel. Biasanya ada dua kantong yang memungkinkan pelanggan memasukkan beberapa lembar uang dan kartu. Meski benda ini tampak praktis, tapi sebenarnya kombinasi ini cukup berbahaya. Pertama, beberapa kartu dapat rusak oleh gelombang ponsel, jadi bukanlah hal yang baik jika menyimpan ponsel dan kartu dalam jarak yang sama. Kedua, ketika dompetmu hilang, ponselmu otomatis juga ikut hilang.

Baca Juga: Bolehkah Seorang Istri Mengambil uang dari Dompet Suami yang Pelit?

Ternyata, itulah beberapa benda yang sebaiknya tidak kamu taruh di dalam dompet. Untuk kenyamanan dan keamanan diri sendiri, yang terbaik adalah membuat tempat penyimpanan tersebut seringan mungkin. Perhitungkan hal-hal krusial yang harus kamu bawa dan tidak. Dengan memperhitungkan daftar hal-hal yang tidak boleh ditaruh di dalam dompet, ini dapat membantu mengurangi kerugian jika kamu kehilangan dompet.

  • Bagikan