Jangan Keliru, ini Manfaat Infused Water yang Sebenarnya

Jangan Keliru, ini Manfaat Infeused Water yang Sebenarnya

Seruni.id – Banyak yang mengira bahwa infused water merupakan minuman yang bisa mendetox racun di dalam tubuh. Namun, hal tersebut hanyalah mitos. Lantas, apa sih manfaat yang sebenarnya? Simak ulasannya di bawah ini, yuk!

Jangan Keliru, ini Manfaat Infeused Water yang Sebenarnya

Apa itu Infused Water?

Infused water adalah air mineral yang dicampurkan dengan berbagai potongan buah-buahan segar, sayuran, herbal, atau rempah-rempah. Setiap orang bisa membuat minuman ini dengan sangat mudah. Tak ada buah, sayur, herbal, atau rempah khusus untuk membuatnya. Pilihlah bah bahan yang sesuai dengan apa yang kamu sukai.

Banyak yang mengira, bahwa infused water merupakan salah satu minuman sekaligus cara untuk mendetox tubuh, tapi ternyata anggapan tersebut keliru. Infused water sendiri tidak bisa dimanfaatkan untuk membuang racun yang ada di dalam tubuh. Sebab, kalori yang terkandung di dalamnya pun tidak terlalu banyak. Kendati demikian, bukan berarti minuman ini tidak bermanfaat, ya.

Infused water masih memiliki sejumlah manfaat baik untuk tubuh. Apa saja manfaat yang sebenarnya?

1. Meningkatkan Imun Tubuh

Ketika mengonsumsi infused water, secara tidak langsung tubuh akan menerima vitamin dari buah-buahan yang dimasukkan ke dalam air tersebut. Dengan adanya potongan buah-buhan di dalamnya, ternyata dapat meningkatkan sistem imun pada tubuh, terbelih dengan vitamin C. Meski begitu, kandungan vitaminnya tidaklah banyak, dibandingkan kamu mengonsumsinya secara langsung.

2. Menyeimbangkan Berat Badan

Orang yang mengonsumsi air putih lebih banyak, mereka akan mudah menurunkan berat badan, daripada mereka yang kurang minum air putih. Dengan demikian, infused water bisa membantu menyeimbangkan berat badanmu agar stabil atau mengurangi berat badan. Hal ini karena adanya rasa buah-buahan yang enak, sehingga kamu ingin minum air putih terus-menerus.

3. Memperbaiki Sistem Pencernaan

Kurangnya asupan cairan di dalam tubuh bisa menjadi pemicu terganggunya sistem pencernaan. Maka dari itu, minuman ini sangat bermanfaat untuk memperbaiki sistem pencernaanmu. Apalagi dengan adanya kandungan rasa sari buah yang ada di dalamnya, yang dipercaya akan membuatmu ingin meminum air dari infused water terus-terusan lantaran rasanya yang enak.

4. Membantu Pasca Perawatan Kanker

Banyak orang yang telah menjalani sebuah perawatan seperti kemoterapi di tengah kanker kesulitan untuk tetap terhidrasi. Untuk itu infused water hadir dan dianjurkan sebagai salah satu manfaat untuk kamu yang tengah atau habis melakukan perawatan kanker.

5. Mencegah Penuaan Kulit

Biasanya buah-buahan yang terkandung dalam air ini kaya akan antioksidan dan vitamin C. Itulah mengapa banyak orang memilih buah jeruk, lemon, stroberi, kiwi, apel dan lain sebagainya untuk campuran infused water. Berbagai buah dan sayur yang kaya antioksidan dan vitamin C memang memberikan banyak manfaat untuk kesehatan kulit, termasuk untuk menghambat penuaan kulit.

Kedua senyawa tersebut terbukti membantu tubuh untuk memproduksi lebih banyak kolagen guna mengencangkan dan mengenyalkan kulit. Akan tetapi, tidak secara otomatis bisa mencegah atau menghentikan proses penuaan yang telah terjadi.

Untuk menjaga kesehatan kulit secara keseluruhan, kamu juga harus mencukupi kebutuhan gizi dengan banyak mengonsumsi buah-buahan, sayuran, biji-bijian, serta sumber protein rendah lemak. Jadi, tidak hanya mengonsumsi air dari buah-buahan saja, tapi harus mengimbanginya dengan penerapan pola makan sehat dengan gizi yang seimbang. Dengan begitu, manfaat infused water satu ini bisa lebih optimal dirasakan oleh tubuhmu.

Baca Juga: 10 Dampak Buruk Akibat Kurang Minum Air Putih

Itulah lima manfaat infused water yang sebenarnya. Kendati demikian, pastikan kamu memilih buah dan sayuran yang tepat, ya. Sebelum mengolahnya pun, pastikan kamu telah mencuci buah dan sayuran tersebut. Pilihlah buah dan sayuran yang segar serta gunakan air matang. Hal yang tak kalah penting, agar manfaatnya optimal adalah penerapan gaya hidup sehat.

Rutin melakukan aktivitas fisik dan olahraga secara teratur setidaknya 30 menit setiap hari. Jangan lupa, perhatikan asupan makanan harianmu. Atur porsi makan dengan hanya mengonsumsi makanan dalam jumlah yang kecil. Selain itu, penuhi piringmu dengan menu yang mengandung gizi seimbang terdiri dari buah, sayura, protein, serat, dan lemak sehat. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan manfaatnya secara optimal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.