Sempat Kontak dengan Orang Positif Covid-19 dan Tidak Terinfeksi, Mengapa?

Sempat Kontak dengan Orang Positif Covid-19 dan Tidak Terinfeksi, Mengapa?
cantik.tempo.co

Seruni.id – Banyak kasus di mana seseorang yang sempat melakukan kontak dengan orang positif Covid-19, tetapi setelah dites ia justru tidak tertular. Sekalipun mereka tinggal dalam satu rumah yang sama. Jika kamu pernah mengalami hal ini, mungkin ini sebuah keberuntungan besar untukmu. Mengapa demikian?

Sempat Kontak dengan Orang Positif Covid-19 dan Tidak Terinfeksi, Mengapa?
tirto.co.id

Menurut sejumlah pakar, ketika melakukan kontak dengan orang positif Covid-19, tapi tidak tertulang, ini tergantung pada seberapa banyak partikel tetesan yang diproduksi seseorang dan seberapa lama mereka mengandung virus. Dua hal ini bisa sangat bervariasi.

Namun, sangat sulit mendeteksi berapa banyak virus yang mungkin menginfeksi pada titik tertentu. Sebagaimana penelitian yang dirilis oleh Nature pada bulan April tahun lalu, pada 94 pasien Covid-19 dan menemukan bahwa 44% orang tertular dari pasien yang belum menunjukkan gelaja, sebagaimana melansir dari laman bustle.com

Mengapa Tidak Terinfeksi Meskipun Pernah Kontak dengan Orang Positif Covid-19?

Hal ini bisa jadi karena beberapa orang akan menularkan dengan waktu yang lebih lama. Menurut laporan yang disampaikan oleh MedScape, sejumlah penelitian telah menemukan orang dengan Covid-19 tetap menular, dalam waktu antara 8 hingga 37 hari setelah mereka pertama kali terpapar virus.

Tidak jelas mengapa ada begitu banyak variasi. Sitem imun tubuh bisa menjadi sumber, aktivitas, dan hal lainnya mungkin akan memudahkan menempatkan sejumlah besar virus ke udara.

Sebuah editorial di British Medical Journal pada bulan Desember menyebutkan bahwa orang tanpa gejala mungkin tidak terlalu menular, akan tetapi model statistik oleh CDC yang diterbitkan di JAMA Network Open pada tahun 2021 menemukan bawha mereka sebenarnya bertanggung jawab atas 60% kasus infeksi COVID-19.

Tempat tinggal juga berkontribusi, jika kamu berada di ruangan kecil dengan ventilasi udara yang buruk, risikonya akan lebih besar daripada jika kamu berada di luar ruangan atau di dalam ruangan luas dengan ventilasi yang baik.

Baca Juga: Syarat Donor Plasma Darah untuk Pasien Covid-19

Jika kamu melakukan kontak dengan seseorang yang positif Covid-19, maka sebaiknya segera melakukan pencegahan, seperti sering mencuci tangan, membersihkan permukaan benda-benda yang sering disentuh, mandi segera setelah keluar rumah, dan hindari menyentuh wajah. Wajib untuk tetap memakai masker dan menjaga jarak sosial.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.