10 Perbuatan yang Dapat Menghapus Amal Kebaikan

10 Perbuatan yang Dapat Menghapus Amal Kebaikan
tongkronganisalmi.net

Seruni.id – Manusia memang tempatnya salah dan lupa. Bahkan, tak jarang kita kerap melakukan kesalahan dan kekhilafan. Namun, sadarkah kita, bahwa ada perbuatan yang dapat menghapus amal kebaikan. Dosa-dosa tersebut dapat menyebabkan seseorang masuk ke dalam golongan orang yang bangkrut di akhirat kelak.

10 Perbuatan yang Dapat Menghapus Amal Kebaikan
muslimobsession.com

Betapa meruginya kita jika selalu melakukan perbuatan yang menghapus amal kebaikan. Agar bisa segera bertaubat, penting sekali untuk mengetahui apa saja perbuatan tersebut. Mari simak bersama-sama ulasannya berikut ini.

1. Berlaku Zalim

Jika tak segera bertaubat, perbuatan maksiat akan membuat pelakunya kecanduan. Dengan begitu, orang tersebut akan semakin sulit meninggalkannya. Maksiat itu ibarat candu, meski nikmat, tapi sesungguhnya kenikmatan itu justru akan mencelakakan pelakunya. Tidak hanya mendapatkan balasan di dunia, pelaku maksiat juga akan mendapatkan azab dari Allah SWT di akhirat kelak.

2. Syirik

Syirik merupakan salah satu perbuatan yang dapat menghapus amal kebaikan. Salah satu contoh perbuatan syirik adalah mempersekutukan Allah dengan sesuatu yang lainnya. Seorang musyrik melakukan suatu perbuatan, seperti menyembah makhluk lainnya selain Allah. Misalnya menyembah benda atau manusia.

Perbuatan ini dianggap sebagai sebuah kezaliman besar dan merupakan sebuah penghinaan terhadap Allah. Bagi mereka yang melakukan kesyirikan, maka Allah akan balasan bagi mereka yang berbuat syirik, yaitu dengan tidak menerima amal ibadah yang mereka perbuat. Bahkan, Allah tidak akan mengampuni umat-Nya yang mati dalam keadaan belum bertaubat dari perbuatan syirik tersebut. Dalam Al-Qur’an surat Al-An’am ayat 88, Allah berfirman:

“Zaalika hudallaahi yahdii bihii may yasyaa’u min ‘ibaadih, walau asyraku lahabita ‘an-hum maa kaanu ya’malun,”

Artinya: “Itulah petunjuk Allah, yang dengannya Dia memberi petunjuk kepada siapa yang dikehendaki-Nya di antara hamba-hamba-Nya. Seandainya mereka mempersekutukan Allah, niscaya lenyaplah dari mereka amalan yang telah mereka kerjakan.”

3. Hati yang Keras

Kerasnya hati manusia terkadang lebih kerang dari batu karang. Bagaimana ciri-ciri hati manusia yang keras? Yakni mereka akan sulit menerima nashiat. Hal ini membuat seseorang terhalang dari kebenaran dan menejuruskan dirinya pada kebinasaan.

4. Riya

Perbuatan yang dapat menghapus amal kebaikan berikutnya adalah riya atau sombong. Riya adalah perbuatan melakukan suatu amalan dengan tujuan untuk mendapkatkan pujian dari orang lain. Sifat tersebut tidaklah Allah sukai. Sebab, perbuatan tersebut merupakan salah satu ciri dari syirik kecil. Jika seseorang memiliki sifat ini, maka amal baik yang pernah ia lakukan akan terhapus. Bukankah ini adalah hal yang sangat merugikan? Dalam sebuah hadits, Rasulullah bersabda:

“Aku paling tidak butuh pada sekutu-sekutu, barangsiapa yang beramal sebuah amal kemudian dia menyekutukan-Ku di dalamnya maka Aku tinggalkan dia dan syiriknya.” (HR. Muslim).

5. Mendatangi Dukun dan Paranormal

Mendatangi dukun dan paranormal merupakan perbuatan yang dapat menghapus amal kebaikan seseorang. Jika tak ingin amal perbuatanmu hilang, maka jangan sesekali mendatangi dukun atau mempercayai paranormal. Sebab, dukun maupun paranormal merupakan golongan peyalanan setan. Sebagaimana yang disabdakan Rasulullah,

“Barangsiapa yang mendatangi tukang ramal kemudian menanyakan tentang sesuatu, maka tidak diterima darinya shalat selama 40 hari.” (HR. Muslim).

6. Tidak Memiliki Rasa Malu

Jika rasa malu telah hilang dari diri seseorang, maka akan membuat orang tersebut tidak takut untuk melakukan perbuatan tercela. Bahkan, tak tanggung-tanggung ia akan berbuat dosa secara terang-terangan. Rasulullah sendiri telah memberikan keleluasaan dan kebebasan kepada siapa saja yang tidak memiliki rasa malu untuk berbuat sesuka hatinya.

7. Su’udzon

Perbuatan yang dapat menghapus amal kebaikan berikutnya adalah su’udzon, yakni berburuk sangka terhadap orang lain atau terhadap Allah SWT. Perbuatan tidak terpuji ini lambat laun akan memunculkan keinginan untuk membicarakan keburukan orang tersebut kepada orang lain dengan melakukan ghibah, tanpa mereka sadari bahwa ia juga memiliki keburukan. Rasulullah bersabda,

“Jauhilah olehmu buruk sangka karena buruk sangka itu perkataan paling dusta, janganlah kamu memata-matai dan mencari-cari kesalahan orang lain.”

8. Bid’ah

Bid’ah merupakan salah satu perbuatan yang dapat menghapus amal kebaikan. Arti dari bid’ah ialah melebihkan sesuatu dalam ibadah atau mengada-ngada dalama hal ibadah. Sehingga apa yang mereka lakukan tidak sesuai dengan syariat agama Islam. Rasulullah bersabda,

“Barangsiapa yang beramal tanpa ada perintah dari kami, maka tertolak.” (HR. Muslim).

9. Sibuk dengan Aib Orang Lain, Namun Lupa dengan Aib Sendiri

Sebagaimana sebuah pepatah, “Kuman di seberang lautan nampak, sedangkan gajah di pelupuk mata tak nampak.” Membuka aib orang lain memanglah mudah. Bisa dilakukan kapan pun dan di mana pun. Meski mengasyikan, tapi perbuatan ini sangat merugikan diri sendiri. Rasulullah bersabda,

“Jauhilah olehmu buruk sangka, karena buruk sangka itu perkataan paling dusta, janganlah kamu memata-matai dan mencari-cari kesalahan orang lain…” (HR. Mutaffaqa’alaih).

Baca Juga: Amalan Sunnah di Hari Jumat

10. Bersumpah atas Nama Allah Bahwa Seseorang Tidak Akan Diampuni Dosanya

Ketika seseorang berkata atau bersumpah atas nama Allah, bahwa Allah tidak akan mengampuni dosa orang lain, maka hal tersebut dianggap sebagai ucapan tanpa ilmu, dan Allah sangat membenci hal itu. Sebagaimana disebutkan dalam hadits, Rasulullah bersabda:

“Siapakah yang bersumpah atas nama-Ku, bahwa Aku tidak akan mengampuni Si Fulan, sesungguhnya Aku telah mengampuni Si Fulan, dan Aku menggugurkan amalmu.” (HR Muslim).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.