Sering Dibuat Jus, Ini 10 Manfaat Terong Belanda

Sering Dibuat Jus, Ini 10 Manfaat Terong Belanda
lifestyle.kompas.com

Seruni.id – Masih banyak dari kita yang belum mengetahui apa saja manfaat terong Belanda. Sebab, masih banyak pula orang yang belum mengenal apa itu terong Belanda.

Sering Dibuat Jus, Ini 10 Manfaat Terong Belanda
galaxiorganik.com

Ternyata buah yang memiliki ukuran yang mungil dan bentuknya seperti telur ayam ini adalah buah yang berasal dari Peru, Amerika Selatan. Namun, pertamakali dikenalkan dibudidayakan oleh warga negara Belanda. Daging buahnya berwarna kuning kehitman, teksturnya lunak, dan rasanya yang asam manis. Biasanya kebanyakan orang mengolahnya menjadi minusan segar, selai, sirup, atau sebagai campuran salad.

Selain itu, buah yang dikenal dengan nama Tamarillo ini kaya akan kandungan zat gizi, seperti vitamin C, pro vitamin, juga senyawa fenoliknyang sangat baik sebagai sumber antioksidan alami untuk mencegah penyakit kronis, termasuk kanker. Sedangkan kandungan seratnya sangat baik untuk mengontrol kadar lemak darah dan mengatasi sembelit. Berikut beberapa manfaat terong belanda bagi tubuh jika mengonsumsinya secara rutin:

1. Mengatasi Masalah Pencernaan

Terong Belanda memiliki serat yang cukup tinggi dan sangat cocok sekali bagi kamu yang memiliki masalah pencernaan. Dengan cara mengonsunsi terong Belanda secara rutin, maka akan melancarkan buang air besar dan meningkatkan penyerapan nutrisi dalam tubuh. Kamu bisa memanfaatkannya dengan mengolahnya sebagai jus, loh.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Kalium memiliki peran penting dalam menyeimbangkan kadar natrum berlebih pada jantung. Jika kadar natrium seimbang, maka kesehatan jantung pun akan lebih terjaga, pun sebaliknya jika natrium tidak seimbang, kesehatan jantung akan bermasalah. Untuk mendapatkan kalium, kamu bisa memanfaatkan terong Belanda. Selain itu, terdapat juga magnesium pada terong Belanda yang optimal menjaga kesehatan jantung.

3. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Manfaat terong Belanda untuk kesehatan selanjutnya adalah bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Karena terong Belanda kaya akan vitamin B kompleks yang berfusngsi sebagai pengatur metabolisme tubuh, yang berguna untuk mengubah makanan menajdi nutrisi penting bagi organ dan sel jaringan. Bagi kamu yang kerap mangalami pingsan karena kelelahan, maka konsumsilah terong Belanda secara rutin. Sebab, terong Belanda dapat mengatasi masalah tersebut karena adanya kandungan vitamin B kompeks.

4. Menjaga Kesehatan Mata

Buat kamu yang saat ini sedang bekerja dari rumah atau belajar dari rumah, penting sekali untuk tetap menjaga kesehatan mata. Caranya bisa dengan mengonsumsi terong Belanda. Sama seperti wortel, buah terong ini juga mengandung vitamin A, loh. Dengan kandungan vitamin A tersebut, kamu dapat menjadikan buah dengan rasa segar ini sebagai alternatif asupan untuk kesehatan mata. Kamu cukup mengonsumsiya secara rutin setiap hari bisa mengolah sebagai jus atau memakannya secara langsung. Namun sebaiknya, jangan menambahkan gula jika ingin membuat jus, ya, hal ini agar nutrisi yang kamu dapatkan lebih optimal.

5. Mengurangi Kelebihan Berat Badan

Terong Belanda bisa jadi penyelamat saat kamu sedang menurunkan berat badan, loh. Buah yang manis ini memiliki kalori yang rendah serta serat dan kadar air yang tinggi. Sehingga, kamu dapat kenyang dalam waktu yang lama. Bahkan, tering Belanda juga bisa melawan sel-sel lemak. Segera rasakan manfaat terong Belanda untuk diet sekarang juga.

6. Menangkal Radikal Bebas

Vitamin C yang terkandung pasa terong Belanda terbilang cukup tinggi dan dapat larut dalam air. Vitamin ini sangat penting dalam membersihkan radikal bebas plasma serta mencegah masuknya partikel LDL dalam darah. Karena dapat larut dalam air, sebaiknya konsumsi terong Belanda dalam keadaan utuh, tanpa memasak atau mengolahnya lebih lanjut agar vitamin C di dalamnya dapat lebih optimal diserap. Jika tubuh bebas radikal bebas, maka racun-racun yang berpotensi menyebabkan berbagai penyakit tidak akan masuk ke dalam tubuh.

7. Menambah Darah

Terong Belanda juga dipercaya jadi salah satu buah yang baik untuk tambah darah. Khasiat ini berkat adanya kandungan zat besi di dalamnya. Zat besi adalah mineral alami yang diperlukan tubuh dalam proses pembentukan sel darah merah. Sel darah merah sendiri berfungsi untuk mengangkut oksigen ke seluruh tubuh, sekaligus menghasilkan energi dari makanan kamu konsumsi. Terong belanda juga kaya akan vitamin C yang berperan besar dalam melawan penyakit. Vitamin C juga meningkatkan penyerapan zat besi yang ditemukan dalam buah-buahan. Hal ini juga penting dalam pembuatan sel baru dan pembersihan radikal bebas dari darah, yang dapat merusak sel.

8. Baik untuk Kulit

Buah yang satu ini menawarkan berbagai nutrisi yang baik, loh. Seperti vitamin A, C, dan E yang penting untuk kulit agar tetap sehat dan bercahaya. Selain itu, ada juga kandungan antosianin, fenol, dan flavonoid yang bermanfaat untuk melindungi kulit dari stres oksidatif dan polusi akibat radikal bebas. Terong Belanda juga bermanfaat untuk anti aging alias anti penuaan.

Sama seperti tomat biasa, buah ini dapat digunakan sebagai pengobatan rumahan untuk berbagai masalah kulit dengan cara dibuat menjadi masker alami. Cara membuatnya mudah kok. Kamu hanya perlu menghaluskan dua sendok teh oatmeal, satu buah terong belanda, dan perasan 1 buah lemon. Oleskan ke wajah dan biarkan selama 15 hingga 20 menit. Kemudian bilas masker ini dengan air hangat.

9. Mencegah Diabetes

Terong belanda memiliki serat yang bisa menstabilkan kadar gula darah. Buah ini memiliki asam klorogenik yang berperan penting dalam menunda timbulnya diabetes, serta meningkatkan sensitivitas insulin. Dengan mengonsumsinya secara rutin, maka dapat mencegah perkembangan diabetes tipe 2.

10. Mencegah Kanker

Kadar antioksidan yang tinggi dalam buah terong Belanda dapat mencegah segala jenis kanker. Setiap 100 gram terong belanda yang segar, terdapat antioksidan dengan jumlah mencapai 1.659. Antioksidan yang terkandung dalam terong belanda antara lain pigmen athocyanin, poplyphenolic, flavonoid dan asam klorogenat. Antioksidan akan melindungi semua sel tubuh dari kerusakan yang disebabkan infeksi radikal bebas. Jadi, kerusakan DNA tidak akan terjadi.

Baca Juga: Memiliki Rasa Asam, Ini 11 Manfaat Buah Cranberry untuk Kesehatanmu!

Tips mengonsumsi terong belanda

Hingga saat ini, belum ada satu pun kasus yang menyebutkan bahwa terong Belanda memiliki efek samping yang membahayangkan. Namun, perlu kamu ingat, setiap mengonsumsi makanan atau minuman secara berlebihan, tentu tidaklah baik untuk kesehatan. Jika ingin membeli dan mengonsumsi terong belanda, berikut ini tipsnya:

  • Beli Terong belanda segar dengan warna terang. Pastikan tidak ada kerusakan pada kulitnya.
  • Hindari buah dengan tekstur lunak, berair dan yang sudah busuk. Namun, jika membeli yang mentah, simpanlah terlebih dahulu dalam suhu ruangan sampai benar-benar matang.
  • Jika ingin menyimpannya, langsung letakkan dalam kulkas. Terong Belanda bisa tahan selama 4-5 hari Sebelum memakan terong belanda, kupas kulitnya dan cuci dengan air, untuk menghilangkan residu.
  • Kamu bisa mengonsumsinya seperti tomat, yaitu langsung memakannya secara mentah, menjadikannya jus, maupun sebagai topping makanan berat, seperti pizza. Terong belanda juga bisa dipanggang atau direbus, kemudian disajikan dengan makanan berprotein, seperti steak, burger, ikan, dan lain-lain.
  • Kalau ingin dimakan mentah, langsung saja membuatnya menjadi jus atau dipotong-potong kecil menjadi snack. Tapi ingat, jangan makan kulitnya yang pahit itu, ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.