Setop! Jangan Tanyakan 5 Hal ini pada Orang yang Baru Dikenal

  • Bagikan
Setop! Jangan Tanyakan 5 Hal ini pada Orang yang Baru Dikenal
kompas.com

Seruni.id – Berkenalan dengan orang baru, tentunya sangat menyenangkan, bukan? Selain bisa menambah teman, berinteraksi dengan orang yang baru dikenal juga bisa menambah relasi dan wawasan, loh. Saat berkenalan dengan seseorang, biasanya ada beragam pertanyaan basa-basi yang tak jarang ditanyakan, demi mengenal lebih dekat.

Setop! Jangan Tanyakan 5 Hal ini pada Orang yang Baru Dikenal
sulteng.pikiran-rakyat.com

Namun, harus kalian tahu nih, ada beberapa pertanyaan yang sebaiknya tidak ditanyakan pada orang yang baru dikenal. Selain dianggap tidak sopan, kamu pun akan dianggap tidak cerdas dalam memilih topik pertanyaan yang lebih berbobot. Lantas, apa saja pertanyaan yang tidak boleh ditanyakan pada orang yang baru dikenal? Simak berikut ini, yuk!

1. Agama

Saat berbincang dengan orang yang baru dikenal, hindarilah menyanakan tentang agamanya. Karena selain sensitif dan privasi, menanyakan kepercayaan seseorang sangatlah tidak sopan. Meskipun mungkin sebagian orang ada yang biasa saja jika ditanyakan hal tersebut.

Daripada kamu dicap tidak sopan, maka hindarilah pertanyaan tersebut, ya. Bukankah pertemanan bisa tetap terjalin meski adanya perbedaan agama? Lantas, mengapa pertanyaan soal agama kerap kali menjadi topik utama? Nah, kamu juga bisa kok mengetahui agama seseorang tanpa perlu menanyakannya secara langsung. Salah satu triknya adalah dengan membaca dari pakaian yang digunakan, aksesoris, atau tutur katanya. Jadi, hindarilah menanyakan secara gamblang, sehingga mereka menjadi tidak nyaman.

2. Perihal Status Perkawinan

Sering kali kita dibuat penasaran dengan status perwakinan seseorang, tak terkecuali pada orang yang baru dikenal. Tapi tahan dulu pertanyaan tersebut, ya. Pasalnya, pertanyaan tersebut bisa saja menyinggung perasaannya. Semestinya, perihal sensitif seperti ini tidak ditanyakan jika kamu tidak mengenalnya sangat dekat.

Pertanyaan seperti ‘Sudah menikah?’ atau ‘Suah punya anak berapa?’ ‘Kok usia segini masih belum menikah sih?’, bisa menjadi pertanyaan yang membangkitkan emosi bagi banyak orang. Bukannya senang, mereka bisa saja malah menjauhimu. Jadi, hati-hati dengan pertanyaan yang satu ini, ya.

3. Usia

Pertanyaan yang seharusnya tidak ditanyakan pada orang yang baru dikenal adalah usianya. Mungkin kamu binung harus memanggilnya dengan sebutan apa. Namun, ini bukanlah alasan yang tepat untuk mengetahui berapa usia lawan bicaramu.

Sebab, usia bukanlah hal yang perlu diketahui. Selain tidak begitu penting, usia kerap kali jadi tolok ukur dalam menilai kesuksesan seseorang. Mengenai sapaan, kamu bisa memanggilnya dengan sapaan hormat dan sopan.

4. Pekerjaan dan Pendapatan

Tidak dipungkiri, memang sering kali kita dibuat penasaran dengan pekerjaan orang lain. Apalagi, jika mereka tampak memiliki hidup enak atau sukses, pekerjaan dan pendapatannya setiap bulan, sering kali membuat kita penasaran. Namun, menanyakan pekerjaan dan pendapatan seseorang bukanlah hal yang sopan. Karena keduanya adalah perkara yang cukup sensitif.

5. Privasi Keluarga

Privasi keluarga sebaiknya juga tidak kamu tanyakan pada orang yang baru dikenal, ya. Sama halnya seperti pendapatan, keluarga adalah area privat. Tidak semua orang mau menceritakan tentang keluarganya, meskipun telah lama mengenal, apalagi kalau kamu baru saling mengenal. Selain hal itu adalah persoalan pribadi, mengetahui lebih dalam tentang keluarganya adalah hal yang tidak perlu. Sebab, kamu tidak memiliki kepentingan apapun untuk mengenal keluarganya.

Baca Juga: Tips Agar Tidak Mudah Tertipu Pria yang Dikenal dari Aplikasi Kencan Online

Jadi, itulah beberapa pertanyaan yang sebaiknya tidak kamu tanyakan pada orang yang baru dikenal. Yuk lebih bijak lagi dalam menghargai dan mengenal seseorang.

  • Bagikan