Hindari 10 Sifat Manusia yang Dibenci Allah

  • Bagikan
Hindari 10 Sifat Manusia yang Dibenci Allah
pixabay.com

Seruni.id – Ada beberapa sifat manusia yang dibenci Allah SWT. Sifat-sifat tersebut sudah sepatutnya kita hindari agar terhindar dari dosa. Sifat tersebut, tidak hanya dibenci oleh Allah SWT saja, manusia lainnya pun akan membencinya jika salah satunya terdapat dalam diri seseroang. Berikut Seruni telah merangkum sifat manusia yang dibenci Allah:

1. Orang yang Sombong

Sombong merupakan salah satu sifat yang dibenci Allah SWT. Ada dua jenis sombong yang harus diketahui, yakni menolak kebenaran yang disampaikan oleh orang lain padahl ia tahu bahwa itu benar. Hal ini bisa saja terjadi karena kebenaran yang disampaikan datang dari orang usianya lebih muda, lebih miskin, rendah status sosialnya atau karena hal lain. Kedua, merendahkan orang lain.

2. Sifat Bakhil

Setiap manusia dilarang memiliki sifat yang satu ini, karena akan berakibat buruk, baik di dunia maupun di akhirat. Sifat bakhil ini akan menghilangkan sifat kemanusiaan dan meneguhkan kebiasan kebinatangan. Inilah yang menyebabkan sifat bakhil sangat dibenci oleh Allah SWT.

3. Rakus

Sifat rakus juga dibenci oleh Allah SWT. Rakus yang dimaksud yakni berniat untuk mengumpulkan harta sebanyak-banyaknya dengan tujuan yang salah, kemudian didorong dengan kecintaannya terhadap harta. Bahkan, orang yang memiliki sifat rakus, tidak mempedulikan dari mana harta tersebut diperolehnya, entah itu halal atau tidak. Hal tersebut ia lakukan semata-mata untuk memenuhi keinginannya saja dan membanggakan diri di hadapan para hamba yang lain.

4. Tidak Memiliki Rasa Malu

Diriwayatkan dari hadis Al-Dailami, Rasulullah SAW bersabda, “Siapa yang tidak memiliki rasa malu, maka tidak ada agama baginya. iapa yang tidak memiliki rasa malu di dunia, maka dia tidak akan masuk surga.” (HR. al-Dailami).

5. Pelit atau Kikir

Sifat manusia yang dibenci Allah SWT berikutnya adalah pelit atau kikir. Pelit yang dimaksud yakni enggan berbagi rezekinya kepada orang lain meskipun hanya sedikit. Padahal, hal tersebut dapat memberikan manfaat bagi orang lain. Orang yang memiliki sifat pelit begitu dibenci oleh Allah. Tetapi, Allah paling membenci orang kaya yang pelit.

6. Cinta Duniawi

Mencintai dunia dan melupakan akhirat adalah salah satu sifat manusia yang dibenci Allah SWT. Sebab, apa yang kita cari dan kita miliki di dunia hanyalah sementara. Ketika kita terlalu fokus pada dunia dan melupakan akhirat, lantas apa yang akan kita bawa untuk bekal di kehidupan yang sesungguhnya nanti? Oleh karenanya, penting sekali untuk menghindari sifat ini. Usahakan untuk menjalankanya dengan seimbang antara kehidupan dunia dan bekal di akhirat kelak.

7. Ujub

Ujub merupakan sifat yang mengagumi serta senantiasa membanggakan dirinya sendiri. Harus kita ketahui, bahwa sifat ini sangat dibenci oleh Allah SWT. Sebagaimana yang disebutkan di dalam hadis yang diriwayatkan oleh Abu Nu’aim, Rasulullah SAW bersabda,

“Siapa yang memuji diirnya atas amal saleh yang telah dikerjakannya, maka sungguh telah sesat rasa syukurnya dan telah sia-sia amalnya.” (HR. Abu Nu’aim).

8. Kemalasan Anak-anak Muda

Seiring berjalannya waktu, kehidupan akan semakin berubah. Seperti saat ini, teknologi yang ada sudah semakin canggih. Namun, kecanggihan tersebut kadang kala membutakan anak-anak muda. Mereka sering kali menghabiskan waktunya untuk bercengkrama dengan gadgetnya dan melupakan kewajibannya sebagai seorang Muslim. Kemalasan inilah yang juga menjadi sifat manusia yang dibenci Allah SWT.

9. Ketamakan yang Timbul dari Ulama

Syekh Nawawi juga mengungkapkan kisah Nabi Musa AS yang berkata dengan ucapan penuh ketamakan, “Jika anda menghendaki, anda bisa meminta upah untuk pekerjaan ini.” (QS. Al-Kahfi [18]: 77), selanjutnya Nabi Khidir berkata padanya, “Saat inilah tiba perpisahan antara saya dan kamu.” (QS. Al-Kahfi [18]: 78).

10. Kedzaliman dari Penguasa

Syekh Nawawi kemudian menjelaskan hadis yang diriwayatkan Al-Hakim. Sebagaimana Rasulullah bersabda, “Siapa yang membuat senang penguasa dengan sesuatu yang sesuatu yang dibenci oleh Tuhan-nya, berarti dia telah keluar dari agama Allah.“ (HR al-Hakim)

Baca Juga: 20 Sifat Mustahil bagi Allah Beserta Arti dan Arabnya

Itulah 10 sifat manusia yang dibenci Allah SWT. Semoga dengan adanya ulasannya, bisa menjadi pengingat diri agar dijauhkan dari sifat-sifat tersebut. Jika salah satunya ada di dalam diri kita, mari hilangkan sifat tersebut secara perlahan, agar terhindar dari dosa dan dapat menjalani hidup dengan damai.

  • Bagikan
seruni.id