5 Sikap yang Merendahkan Diri Sendiri

  • Bagikan
5 Sikap yang Merendahkan Diri Sendiri
glaminati.com

Seruni.id – Bagaimana sih sikap yang cenderung merendahkan diri sendiri? Untuk mengetahui apakah kita pernah atau sedang merendahkan diri, simak yuk ulasannya berikut ini.

5 Sikap yang Merendahkan Diri Sendiri
idntimes.com

Dianggap remeh hingga direndahkan oleh orang lain, terkadang membuat kita sakit hati. Bahkan, hal ini bisa membawa dampak berkepanjangan, salah satunya adalah membuat diri menjadi minder karena merasa dinilai kurang baik oleh orang di sekitar. Namun, bagaimana jadinya, jika yang merendahkan adalah diri sendiri?

Meski terdengar aneh, tapi pada kenyataannya masih saja ada orang yang tanpa secara meredahkan dirinya sendiri, dengan cara menunjukkan beberapa sikap seperti yang akan Seruni bahas berikut ini. Apakah kamu termasuk salah seorang yang dimaksud? Coba cek di bawah ini, yuk!

 

1. Membiarkan Orang Lain Mengambil Keputusan untuk Dirimu

Sesering apa kamu membiarkan orang lain mengambil keputusan tas dirimua? Contoh yang paling sederhana adalah ketika sedang memesan makanan, kamu sepenuhnya menyerahkan keputusan tersebut ke temanmu. Padahal, kamu punya kesempatan untuk memilih, loh. Tanpa mencoba memberikan masukkan, secara tidak langsung, kamu sedang meremehkan kemampuanmu sendiri, loh. Sebab, kamu pasti berpikir, mereka lebih bijak dalam mengambil keputusan. Sebagai orang yang biasa-biasa saja, kamu hanya menuruti kesepakatan mereka.

 

2. Sulitnya Mengatakan ‘Tidak’ untuk Permintaan Orang Lain

Tanda kamu merendahkan diri sendiri selanjutnya adalah, kamu sering sekali sulit mengatakan ‘tidak’ atas apa yang memberatkanmu. Biasanya hal tersebut dilakukan hanya untuk menyenangkan hati orang lain atau karena rasa tidak enak. Kamu tak melulu harus mengatakan ‘iya’ untuk hal yang tidak bisa kamu lakukan, loh. Kamu berhak kok menolak, jika permintaan tersebut memberatkanmu. Misalnya, ketika temanmu ingin meminjam uang, sementara kamu sendiri tidak ada uang lebih.

Jangan bilang, kalau kamu akan merelakan uang tabunganmu untuknya? Atau justru mencarikan pinjaman kepada orang orang lain atas namamu? Meski niatmu baik, tapi dengan seperti ini, sama saja kamu sedang merendahkan diri sendiri. Sebab, mengizinkan orang lain meminta seenaknya, sementara hal tersebut justru membuatmu kesusahan.

 

3. Menyerahkan Hakmu Secara Sukarela

Tanda kamu merendahkan diri sendiri berikutnya tak jauh berbeda dengan sulit menolak permintaan seseorang. Kamu sering kali memberikan apa yang menjadi hakmu secara sukarela. Rasanya tak masalah jika memang kamu tidak memerlukannya. Namun, jangan lakukan jika kamu sendiri saja masih membutuhkannya. Misalnya, kamu melihat temanmu sedang kelaparan karena tidak ada uang. Sementara kamu ada bekal makanan. Alhasil, bekal itu kamu berikan semua padanya. Hal tersebut memang patut mendapatkan acungan jempol, tapi bagaimana jika pada akhirnya kamu kelaparan? Jadi, cobalah untuk tidak memberikan sepenuhnya, tapi membagi secara rata.

 

4. Menganggap Diri Tak Mampu Melakukan Hal Baru

Ketika kesempatan emas menghampiri, seperti tawaran kerja di sebuah perusahaan besar dan terkenal, siapa sih yang bisa menolak peluang ini? Namun, bukannya menerima dengan senang hati, tapi kamu justru menolaknya begitu saja. Bahkan dengan alasan yang kekanak-kanakan, yakni tidak percaya diri. Seringnya, kamu menganggap bahwa kamu tidak mampu dan tidak cocok untukmu. Padahal, kamu belum mencobanya sama sekali. Alhasil, kamu kehilangan kesempatan tersebut. Kalau sudah seperti ini, bukankah hanya penyesalan yang akan kamu dapatkan?

 

5. Enggan Menegur Orang yang Telah Menghinamu

Bercanda sama teman memang hal yang wajar, tapi tidak semua topik bisa dijadikan bahan bercandaan. Misalnya, ketika sudah menyangkut fisik atau masalah pribadimu. Ketika ada teman yang mengejek bentuk tubuhmu, jangan ikut-ikutan tertawa, tapi segera tegur dia. Bukan perkara gampang baper, namun jika kamu tidak membela diri, nantinya akan banyak orang yang meremehkan dan menjadikan kekuranganmu sebagai bahan lelucon. Lama-lama pasti sakit hati juga mendengarnya.

Baca Juga: Cara Membangun Rasa Percaya Diri Ketika Menjadi Korban Body Shaming

Ternyata kita juga berpotensi merendahkan diri sendiri dengan hal-hal yang sering kali kita anggap wajar. Jika kamu pernah melakukan atau sedang melakukannya, coba yuk berhenti dan jangan diulangi kembali. Karena jika kamu tidak bisa menghargai diri sendiri, bagaimana bisa orang lain akan memperlakukanmu dengan baik?

  • Bagikan