Cara Membangun Rasa Percaya Diri Ketika Menjadi Korban Body Shaming

SehatFresh.Com

Seruni.id – Menghargai diri sendiri merupakan bentuk rasa syukur atas apa yang telah dianugerahkan Tuhan. Namun, terkadang penilaian orang seringkali membuat kita menjadi tidak percaya diri. Seperti penilaian negatif tentang fisik seseorang atau yang sering disebut ‘body shaming’, tindakan ini juga merupakan sebuah perlakuan yang mempermakukan penampilan fisik seseorang.

tirto.id

Seringkali orang yang menjadi korban ‘body shaming’ akan sulit membangun kepercayaan dirinya kembali. Untuk itu, Seruni akan membagikan beberapa cara mengembalikan rasa percaya diri. Berikut ulasannya:

Berlatih untuk Mengidentifikasi Mengapa Kamu Kecewa dengan Situasi

Ketika merasa kecewa dengan situasi tertentu, hal tersebut tidak mungkin terjadi tanpa ada alasan. Sebagai orang yang bijak, kamu harus mencoba untuk mencari tahu mengapa kamu marah dan kecewa terhadap orang yang mengomentari fisikmu. Munkin saja hal ini karena adanya miskomunikasi atau benar terjadi kritik yang berujung pada penolakan terhadap bentuk tubuhmu. Beranilah untuk mengatakannya.

Kenali Pihak yang Netral

Tidak semua orang yang ada di dekatmu memiliki sifat yang mengintimidasi orang lain karena fisiknya. Carilah teman yang kamu anggap netral yang tepat bagi kamu menghabiskan waktu. Hal ini akan sangat membantumu berjuang melawan orang lain yang mengintimidasi bentuk tubuhmu. Orang-orang yang netral akan membantu kamu membangun kepercayaan diri. Mereka akan membantumu melawan body shaming dan mengubahnya menjadi suatu yang lebih positif.

Hadapi Mereka yang Telah Melecehkanmu

Menghadapi body shaming bukanlah hal yang mudah. Kamu mungkin akan malu ketika bertemu dengan para pelaku body shaming. Namun, hal ini tidak dapat dibiarkan begitu saja. Alangkah lebih baik, kamu temui mereka dan bicarakan apa yang sedang kamu rasakan. Kamu juga bisa membantu mereka untuk menunjukkan betapa menyakitkan rasanya mengalami body shaming.

Olahraga

Jangan pernah meninggalkan olahraga karena itu merupakan bagian penting untuk menjaga kesehatan tubuhmu. Selain itu, olahraga juga bisa memperbaiki suasana hatimu dan salah satu cara meredakan stress. Dijamin ketika kamu olahraga dengan teratur dan benar, kamu pasti tidak lagi menjadi korban body shaming.

Temukan Sesuatu yang Disukai dari Tubuhmu

Memiliki bentuk tubuh yang kurang proposional tidak selamanya menjadi hal yang buruk, loh. Kamu bisa mencari sesuatu dari bagian tubuhmu yang istimewa, seperti rambut, bulu mata, gigi, dan sebagainya. Bukan hanya fisik, perilaku yang kamu miliki juga bisa menjadi kebanggan tersendiri. Ketika kamu telah menemukannya, rasa sakit tersebut pun akan terobati.

Buat Ritual Mencintai Diri Sendiri

Ritual mencintai diri sendiri tak melulu harus operasi plastik, kok. Dengan banyak bersyukur saja dan memberikan pikiran, serta semangat yang positif bagi diri sendiri sudah bisa membuatmu meningkatkan rasa percaya diri. Bersyukur dan berpikiran positif merupakan energi besar yang bisa membantumu membangun mood dan membangkitkan percaya diri. Carilah ritual yang membuatmu nyaman dan bisa menambah rasa penghargaan terhadap dirimu sendiri.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu coba untuk meningkatkan rasa percaya diri dan setelah menjadi korban body shaming. Jangan minder lagi, ya. Karena setiap makhluk Tuhan diciptakan sempurna dan kamu harus mensyukurinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.