10 Solusi Mengatasi Depresi Menurut Islam

10 Solusi Mengatasi Depresi Menurut Islam
islampos.com

Seruni.id – Dalam kehidupan, seseorang tentu akan mengalami berbagai hal yang berbeda dalam hidup mereka. Bisa saja yang dialami merupakan perasaan senang namun tak jarang juga harus mengalami sebuah perasaan yang tidak menyenangkan, seperti depresi misalnya.

10 Solusi Mengatasi Depresi Menurut Islam
suaraislam.com

Ada banyak sekali yang dapat menyebabkan seseorang mengalami depresi. Seperti sedih yang berkepanjangan, terlalu berambisi akan sesuatu hal namun tidak terwujud, dan banyak hal lainnya. Tak jarang, mereka yang depresi menjadikan bunuh diri sebagai solusinya. Padahal, itu hal yang sangat salah dan tidak Allah sukai. Sebenarnya, selalu ada jalan untuk mengatasi hal ini, yang terpenting adalah niat dan kesungguhan.

Jika ingin benar-benar terbebas dari depresi, berikut ini Seruni berikan ulasannya tentang bagaimana mengatasi depresi menurut Islam:

1. Shalat

Cara mengatasi depresi dalam Islam yang pertama yakni dengan cara mendekatkan diri kepada Sang Pencipta melalui shalat. Shalat tak hanya menjadi kewajiban kita sebagai umat Muslim, namun terdapat manfaat yang sangat luar biasa. Salah satunya untuk membuat hati lebih tenang dan damai, sehingga bisa menjaga kestabilan emosi dengan baik. Bahkan, shalat juga menjadi obat dari berbagai macam penyakit.

2. Berzikir

Dengan berzikir hati menjadi tenang pikiran menjadi lebih jernih. Memperbanyak dzikir akan lebih mendekatkan diri kepada Allah. Hal ini juga didukung dari pandangan seorang dokter, dimana jika dipandang dari ilmu kejiwaan, dzikir merupakan salah satu terapi psikiatirk yang ampuh untuk diterapkan pada jiwa manusia.

3. Iman kepada Qada dan Qadar

Beriman kepada Qada dan Qadar, adalah salah satu solusi mengatasi depresi. Sebab, sebagai manusia, kita harus bisa menerima dengan lapangan segala takdir yang telah Allah tuliskan untuk kita, entah itu baik ataupun buruk. Jika mendapatkan suatu keburuan, tak perlu berlarut dalam kesedihan. Orang yang percaya akan takdir dan beriman maka akan mendapatkan manfaatnya, dengan segala yang terjadi akan diterima dengan hati yang lapang.

4. Berkumpul dengan Keluarga

Menjaga hubungan dengan keluarga meskipun di tengah-tengah kesibukan yang padat, juga bisa membawa seseorang kepada kebahagiaan menurut Islam. Keluarga bahagia adalah yang bisa menjadi keluarga sakinah, mawadah, warahmah, dengan selalu saling mengisi dan menemani seluruh anggota keluarga lainnya. Sekedar bersenda gurau, akan mengindarkan seseorang dari depresi.

5. Berdoa

Salah satu cara berkomunikasi dengan Allah adalah berdoa. Dengan memanjatkan doa dan berkeluh kesah hanya kepada-Nya, bisa meredakan depresi yang kamu rasa. Dibandingkan harus curhat dengan sesama manusia atau bahan di sosial media. Berdoalah, maka hatimu akan tenang dan damai.

6. Bersikap Sabar

Depresi yang timbul karena terlalu sulit dalam mengatasi suatu masalah atau mendapatkan masalah yang berat, maka yang harus dilakukan adalah bersabar. Bahkan Nabi Ya’kub pun pernah berkata, “Sabar itu lebih indah.” Sehingga, ketika menghadapi masalah seberat apapun itu, sebaiknya selalu bersabar. Sebagaimana yang tertulis dalam surat Yusuf ayat 18.

“Maka bersabar itu lebih indah. Dan hanya Allah tempat memohon pertolongan.”

7. Tawakkal

Solusi untuk mengatasi depresi berikutnya, kamu harus memiliki perasaan tawakkal kepada Allah. Tawakal merupakan perasaan untuk selalu bisa berpikir dan bersikap positif kepada Allah. Sebab, sikap ini juga bisa menjadi salah satu cara menjadi orang yang baik. Dengan sikap ini, maka seseorang harus bisa menerima segala cobaan dan musibah yang menimpanya.

8. Mengerluarkan Energi Positif

Ubahlah pikiran negatif menjadi lebih positif, agar perasaan depresi berangsur menghilang. Berusahalah hadapi setiap masalah dengan pikiran positif dan tidak terlalu berpikir akan berbagai hal sehingga pikiran tidak akan terlalu terkuras untuk hal-hal yang kurang baik.

9. Percayalah Bahwa Allah Maha Tahu

Hanya Allah yang maha mengetahui yang baik untuk hambanya. Jika menurut kita baik, maka belum tentu baik menurut Allah. Namun, jika menurut-Nya itu baik untuk kita, maka memang itu baik. Allah adalah sebaik-baiknya penentu hidup manusia. Dalam mengatasi situasi buruk, kita tidak pernah tahu bagaimana itu akan membantu kita untuk tumbuh lebih tinggi lagi. Percayalah Allah adalah yang terbaik dari para perencana, membantu menempatkan kesulitan dalam perspektif. Hal itu akan mendorong kita untuk terus maju tanpa kehilangan iman.

10. Ikhlas

Ikhlas memang mudah diucapkan, namun sulit dilakukan. Namun, dengan ikhlaslah kita mampu mencapai ketenangan batin dan menjadi satu langkah lebih dekat dengan-Nya.

Baca Juga: Ciri Depresi Anak Dan Cara Mengatasinya

Dengan melakukan berbagai cara di atas semoga kita bisa menjadi manusia yang sesuai dengan kehendak-Nya. Depresi bisa diatasi dengan cara Islam sehingga segala kesedihan bisa hilang dengan sendirinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.