Tips Membersihkan Jaket Kulit Serta Merawatnya Agar Tetap Awet Seperti Baru

Tips Membersihkan Jaket Kulit Serta Merawatnya Agar Tetap Awet Seperti Baru
ethica-collection.com

Seruni.id – Apakah kamu salah satu orang yang suka mengenakan jaket kulit untuk sehari-hari? Jika iya, kalian sudah tahu belum bagaimana cara membersihkan jaket kulit serta merawatnya agar tetap awet seperti baru? Bagi kalian yang belum tahu, sebenarnya untuk membersihkannya cukup mudah.

Tips Membersihkan Jaket Kulit Serta Merawatnya Agar Tetap Awet Seperti Baru
beutynesia.id

Tapi harus diingat, ya, jaket kulit tidak boleh dicuci menggunakan mesin cuci, ataupun detergen. Apalagi, jika jaket tersebut direndam dalam waktu yang lama. Bukan awet yang didapat, jaketmu justru menjadi memudar, bahkan rusak. Lalu, bagaimana sih cara tepat membersihkan jaket kulit? Berikut ulasannya:

Cara Membersihkan Jaket Kulit

1. Menggunakan Sabun

Membersihkan jaket kulit tidaklah sulit. Kamu hanya membutuhkan sabun dan dua buah kain dengan bahan yang lembut, dan juga air pastinya. Basahi kedua kain tersebut sampai lembab, bukan basah. Kemudian salah satu kain tersebut digosokkan ke permukaan sabun.

Setelah kain tercampur dengan sabun, barulah digosokkan ke area jaket kulit yang terkena noda dengan gerakan memutar dan tidak terlalu keras. Jika masih ada sisa kotoran yang tertinggal, kamu bisa menggunakan kain bersih lainnya. Terakhir, biarkan jaket tersebut sampai benar-benar kering.

2. Menggunakan Pembersih Kulit

Cara membersihkan jaket kulit sintetis berikutnya adalah dengan menggunakan pembersih khusus untuk kulit. Pembersih ini mengandung bahan-bahan yang dapat menghilangkan noda dan kotoran. Ini juga mengandung minyak yang dapat membantu kulit dan menjaga agar kondisinya tetap prima.

Untuk membersihkannya, kamu bisa mengoleskan sedikit larutan pembersih kulit ke bagian jaket yang kotor. Gunakan handuk dengan bulu lembut dan bersih untuk memijatkan larutan pembersih pada permukaan jaket kulit. Gunakan gerakan melingkar yang lambat dan mengarah ke luar. Ketika kamu membersihkannya pada jaketmu, pembersih tersebut akan mengumpulkan kotoran dan menyingkirkan bintik-bintik air yang terjebak dalam kulit.

Kemudian, gunakan handuk yang lain untuk membersihkan larutan pembersih yang tersisa pada jaket. Saat sudah selesai, jaket pun akan terlihat bersih dan berkilau seperti baru.

3. Menyemprotkannya dengan Cuka

Selanjutnya, kamu bisa menggunakan cuka untuk membersihkan jaketmu. Siapkan saja cuka putih, air, juga botol semprotan. Campurkan semua bahan yang ada. Untuk jumlah air, harus sama dengan jumlah cuka yang kamu masukkan ke dalam botol

Kemudian kamu bisa langsung menyemprotkan campuran tersebut ke area jaket kulit yang terkena noda, jangan sampai basah pun lembab, ya. Semprotkan saja tipis-tipis. Jika sudah, gantung jaket tersebut sampai kering. Ulangi langkah tersebut sebanyak yang diperlukan. Jika dirasa masih ada bau yang tertinggal, ulangi langkah-langkah di atas sampai noda benar-benar menghilang.

Cara Merawat Jaket Kulit

1. Jangan Gunakan Mesin Cuci

Seeperti yang sudah dijelaskan di atas, janganlah sesekali memasukkannya ke dalam mesin cuci, karena jaket akan lebih mudah untuk rusak. Hal ini disebabkan karena dalam membersihkan bahan dari jaket kulit, memang lebih baik dengan cara dilap saja di area yang terkena noda, untuk membuat jaket ulit lebih lama dan tidak cepat rusak.

2. Simpan dengan Cara Digantung

Jaket kulit akan terlihat bagus dan pastinya awet jika disimpan dengan cara yang baik, yakni dengan digantung. Usahkan untuk tidak melipatnya ketika selesai digunakan. Sebab, dapat menimbulkan kerutan serta garis-garis pada jaket kulit, yang tentunya akan membuat jaket tidak enak dipandang.

3. Hindari dari Air Hujan

Memang benar adanya, jaket kulit asli waterproof, tapi di saat hujan sedang deras-derasnya, pasti akan tembus juga. Dan biasanya, jika jaket kulit terlalu sering terkena air hujan, maka akan rusak. Jadi, agar jaket tetap awet dan bagus, sebaiknya dihindari dari air hujan.

4. Jangan Menyemprotkan Parfum

Jaket kulit sangat sensitif sekali terhadap bahan kimia. Maka dari itu, sebisa mungkin hindarilah berbagai zat yang mengandung bahan kimia, seperti parfum misalnya. Selain parfum, detergen dan pengharum pakaian pun sebaiknya dihindari, ya. Karena penggunaannya dapat merusak jaket kulit.

5. Langsung Dijemur Ketika Jaket Kulit Basah

Apabila jaket kulit basah, agar tetap awet, maka jemurlah dengan segera di tempat yang hangat atau dianginkan agar cepat kering. Jangan sampai kamu hanya mendiamkannya saja atau menimbunnya bersama cucian kotor lainnya. Sebab, jaket kulit yang lembab, dapat menimbulkan bau yang tak sedap. Dan jika didiamkan dalam waktu yang lama, akan menimbulkan jamur berupa bercak-bercak putih pada permuaannya.

Baca Juga: 10 Outer Kekinian untuk Kamu yang Berhijab Biar Telihat Modis

Demikianlah cara membersihkan serta merawat jaket kulit agar tetap awet dan terlihat seperti masih baru. Beberapa cara di atas, dapat digunakan untuk jaket kulit asli sapi dan juga domba. Bahkan, bisa juga untuk jaket kulit imitasi, sintetis, maupun oscar. Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.