Suplemen dan Vitamin untuk Melawan Corona dan Menjaga Imun

Suplemen dan Vitamin untuk Melawan Corona dan Menjaga Imun
kompas.com

Seruni.id – Suplemen dan vitamin untuk melawan Corona, penting sekali untuk kita konsumsi, guna membantu memperkuat daya tahan tubuh. Sebab, daya tahan tubuh yang kuat, akan membuat virus dan penyakit lainnya tidak mudah menyerang tubuh. Bukan hanya mengonsumsi vitamin saja, memiliki gaya hidup yang sehat juga sama pentingnya, loh.

Suplemen dan Vitamin untuk Melawan Corona dan Menjaga Imun
fame.grid.co.id

Melengkapi tubuh dengan vitamin, mineral, herbal, atau zat tertentu lainnya dapat meningaktkan respons kekebalan tubuh, sehingga tubuh akan lebih terlindungi dari penyakit. Nah, berikut ini Seruni akan merekomendasikan beberapa suplemen dan vitamin untuk melawan Corona yang bisa kamu konsumsi mulai sekarang.

1. Vitamin C

Vitamin C sangat penting sekali untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Karena jika tubuh kekurangan vitamin C, maka dapat membuat tubuh mudah terserang virus dan penyakit. Untuk memenuhi asupan vitamin C pada tubuh, kamu bisa mengonsumsi sejumlah buah dan sayuran yang memang mengandung vitamin C.

Contohnya seperti jeruk, strawberry, paprika, bayam, kangkung, dan brokoli. Perlu diketahui, bahwa ternyata vitamin C adalah salah satu vitamin yang tidak diproduksi oleh tubuh, sehingga kamu harus memenuhinya dari luar. Untung saja, vitamin C tersebut banyak terkandung dalam berbagai jenis makanan, sehingga kamu tak perlu lagi mengonsumsinya dari suplemen vitamin C.

2. Vitamin D

Vitamin D merupakan nutrisi yang memiliki peran sangat penting. Salah satunya untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Vitamin D ini dapat larut dalam lemak dan berfungsi untuk melawan patogen dari monosit dan makrofag, sel darah putih yang merupakan bagian penting dari pertahanan kekebalan tubuh. Selain itu vitamin D juga dapat membantu mengurangi peradangan. Kekurangan vitamin D dapat menyebabkan peningkatan risiko infeksi saluran pernapasan bagian atas, termasuk influenza dan asma alergi.

3. Vitamin B6

Tubuh kita memerlukan vitamin B6 untuk membuat sel imun yang dapat melawan mikroba berbahaya. Caranya kerjanya, yakni dengan membantu tubuh memproduksi sel-T, sejenis sel kekebalan yang membantu membunuh sel-sel yang terinfeksi dalam tubuh. Selain itu, vitamin B6 juga mengaktifkan respons sistem kekebalan tubuh. Untuk perempuan, jumlah kebutuhan vitamin B6 harian sekitar 1,2 mg. Sedangkan pria membutuhkan 1,4 mg vitamin B6 harian. Merangkum dari Cleveland Clinic, beberapa makanan kaya vitamin B6 termasuk daging ayam, salmon, tuna, dan sayuran hijau.

4. Vitamin E

Vitamin E adalah antioksidan kuat yang membantu tubuh melawan infeksi. antioksidan sendiri telah dikenal sebagai pelindung dari radikal bebas. Radikal bebas dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, kanker, dan penyakit lainnya. Untuk itu, asupan vitamin E penting bagi tubuh. Makanan kaya vitamin E antara lain kacang-kacangan, biji-bijian, dan bayam.

5. Zinc

Zinc dibutuhkan untuk perkembangan sel kekebalan tubuh dan berperan penting dalam merespon inflamasi atau peradangan. Jika tubuh kekurangan zinc, maka akan memengaruhi kemampuan sistem imun serta meningkatkan risiko infeksi dan pneumonia. Beberapa penelitian mengatakan bahwa mengonsumsi vitamin yang mengandung zinc dapat membantu mencegah infeksi saluran pernapasan. Namun, kamu harus tetap memastikan, bahwa kamu mengonsumsinya dalam jumlah yang sesuai, yakni di bawah 40 mg. Sebab, mengonsumsi zinc dengan dosis yang berlebih hanya akan meningkatkan risiko infeksi.

6. Jamur Obat

Sudah sejak lama, jamur obat kerap digunakan untuk mencegah dan mengobati infeksi dan penyakit. Lebih dari 720 spesies jamur obat diketahui memiliki manfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Seperti cordyceps, lion’s mane, maitake, shitake, reishi, dan turkey tail yang sudah terbukti manfaatnya bagi kekebalan tubuh. Mengonsumsi vitamin yang mengandung jamur obat dapat mengurangi asma serta infeksi paru-paru.

7. Propolis

Vitamin untuk melawan Corona yang tak kalah penting adalah propolis. Propolis adalah vitamin yang diproduksi oleh lebah madu. Propolis dipercaya memiliki efek yang sangat baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu juga memiliki sifat anti virus.

8. Bawang Putih

Bawang putih memang memiliki kandungan dan khasiat yang beragam. Di antaranya anti-inflamasi dan anti virus yang kuat. Selain itu, bawang putih juga sudah terbukti dapat membantu meningkatkan kesehatan kekebalan tubuh dengan cara merangsang sel darah putih pelindung seperti sel makrofag.

9. Elderberry

Menurut penelitian, ekstrak elderberry memiliki potensi anti bakteri dan anti virus yang kuat terhadap patogen. Selain itu, elderberry juga mampu untuk meningkatkan respon sistem kekebalan tubuh dan dapat mempercepat penyembuhan pilek dan gejala infeksi virus. Elderberry hitam sendiri atau yang juga disebut sambucus nigra telah lama digunakan sebagai obat untuk menyembuhkan infeksi.

Baca Juga: 8 Tanda Sistem Imun Tubuh Sedang Menurun

Jadi, sudahkah kamu mendapatkan vitamin untuk meningkatkan imun tubuh hari ini?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.