10 Rekomendasi Susu Penambah Berat Badan Bayi

10 Rekomendasi Susu Penambah Berat Badan Bayi
review.bukalapak.com

Seruni.id – Sedang mencari susu penambah berat badan bayi, Moms? Tapi masih bingung susu apa yang cocok untuk si buah hati? Kebetulan nih Seruni ingin merekomendasi beberapa merk susu penambah berat badan bayi, oleh karena itu, simak ulasannya berikut ini, ya.

10 Rekomendasi Susu Penambah Berat Badan Bayi
food.chemlinked.com

Orangtua mana yang tidak khawatir, jika berat badan sang buah hati sulit mengalami kenaikan. Sebenarnya, tak ada salahnya orangtua khawatir dengan berat badan bayi yang sulit naik. Pasalnya, kenaikan berat badan memang menjadi salah satu indikator dalam memantau kesehatan dan tumbuh kembang bayi secara keseluruhan.

Untuk mengetahui, apakah berat badan bayi sudah ideal atau belum, berikut standar rata-rata yang telah dibuat oleh World Health Organization (WHO) berdasarkan jenis kelamin dan usia dari 0 hingga 12 bulan.

10 Rekomendasi Susu Penambah Berat Badan Bayi

Untuk menambah berat badan bayi, penting sekali untuk memenuhi asupan nutrisi yang tinggi. Misalnya dengan mengonsumsi susu formula. Memberikan susu formula pada bayi, tidak lantas menjadikannya sebagai pengganti ASI ya, Moms. Melainkan hanya untuk merangsang nafsu makan saja. Sehingga kebutuhan nutrisi, vitamin, dan mineral tetap terjaga. Apalagi saat masa pertumbuhan, jangan sampai buah hati tidak tumbuh secara maksimal. Lalu, bagaimanakah cara memilih susu penambah berat badan bayi dan merk apa yang harus kita pilih?

Tips Memilih Susu Penambah Berat Badan

Dalam memilih susu untuk si kecil, sebaiknya melakukannya dengan bijak dan tidak asal pilih, melihat berdasarkan iklan, apalagi melihat dari segi harga. Ada baiknya untuk melihat kondisi anak saat ini. Nah, agar tak keliru saat memilih susu penambah berat badan bayi, berikut Seruni berikan tipsnya:

1. Perhatikan Usia Anak dan Susu yang Dikonsumsi

Sebelum memilih susu untuk si kecil, sebaiknya perhatikanlah usia anak. Penting sekali mengetahui usia anak dan sesuaikan dengan susu yang ada. Apalagi, kini segala jenis susu anak sudah tertera informasi mengenai usia konsumsi.

Tentunya ini sangat membantu sekali bagi para orangtua yang baru akan mencoba susu formula untuk anak. Dimana kini semua susu sudah melalui seleksi ketat untuk kandungan gizinya. Tentu harus sesuai dengan kebutuhan anak, selain itu diskusikan dahulu dengan anak dan melihat komitmen untuk minum susu.

2. Pastikan Rasanya Enak dan Anak Suka

Kenapa sih memerhatikan rasa susu itu penting? Bayangkan saja, jika susu penambah berat badan bayi dibeli dengan harga yang mahal, tetapi anak tidak suka dengan rasanya. Pasti akan mubazir, kan? Logikanya, anak usia di atas 1 tahun sudah memiliki daya perasa yang bagus.

Bahkan, mulai konsumsi Makanan Pendamping Asi (MPASI), jadi berikan susu yang rasanya enak. Jika memang rasanya kurang enak, bisa ditambahkan coklat atau madu. Ini tidak akan merusak gizi dan nutrisi pada susu tersebut.

3. Perhatikan Kandungan Gizi dan Nutrisinya

Jangan lupa lihat pada kemesan susu mengenai kandungan gizi dan nutrisinya. Khusus untuk susu penambah berat badan, biasanya terdapat kalori yang cukup. Selain itu, anak-anak biasanya membutuhkan zat besi, kalori, dan kalsium. Hal ini untuk mendukung tumbuh kembang secara maksimal.

Bukan hanya itu saja, penting juga untuk memperhatikan kandungan mineral dan vitamin. Ini perlu untuk mendapatkan pertumbuhan maksimal bagi anak, jangan sampai hanya memberi susu agar anak gemuk tanpa melihat kondisinya.

4. Konsultasikan Terlebih Dahulu dengan Dokter

Biasanya, sesama orangtua pasti akan menyarankan susu penambah berat badan bayi yang terbaik. Hal ini sah-sah saja, kok. Namun, karena kondisi tubuh setiap anak itu berbeda, sehingga kita tidak bisa dengan mudah menerima saran tersebut.

Agar tak keliru dan tidak menyesal nantinya, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter anak. Sebab, dokter pasti lebih tahu dan paham kondisi anak. Nantinya dokter akan menyarankan susu yang sesuai dengan kebutuhan anak, tidak perlu gemuk, tapi kondisinya sehat dan tidak mudah sakit. Inilah yang perlu diberikan orang tua dan tidak perlu terlalu berlebihan.

Kandungan yang Terdapat di Dalam Susu Penambah Berat Badan Bayi

Protein

Susu penambah berat badan bayi haruslah mengandung protein. Sebab, protein menjadi nutrisi utama yang berperan penting terhadap kekuatan otot dan pertumbuhan bayi. Menurut penelitian yang dirilis oleh Journal of the International Society of Sport Nutricion, protein mampu menaikkan massa otot, sehingga akan berdampak pada massa tubuhnya. Apabila masa tubuh tinggi, maka berat badan pun akan meningkat.

Perlu diketahui, untuk bayi yang berusia 7-12 bulan, kebutuhan protein hariannya kurang lebih adalah 18 gram. Kendati demikian, kandungan protein tersebut hanya sebagai pelengkap saja. Karena bayi tetap membutuhkan asupan makanan yang mengandung protein, seperti telur, daging, seafood, jamur, dan kacang-kacangan.

Karbohidrat

Kandungan berikutnya yakni karbohidrat. Di mana kandungan ini harus ada di dalam susu penambah berat badan bayi, karena keberadaannya mampu menyediakan tambahan kalori pada asupan gizi harian. Karena apabila jumlah kalori pada konsumsi harian meningkat, maka berat badan pun akan mudah bertambah. Sebenarnya, kalori adalah jumlah energi yang dilepaskan tubuh saat mencerna dan menyerap makanan.

Seiring bertambahnya asupan kalori pada konsumsi harian, maka akan semakin banyak pula energi yang diberikan tubuh. Ketika asupan kalori lebih banyak dari yang dibutuhkan, tubuh akan menyimpannya dalam bentuk lemak tubuh. Penting untuk diingat, bahwa per gram karbohidrat terdapat 4 kkal energi yang dihasilkan. Untuk memenuhi asupan karbohidrat, anak usia 1-12 tahun sangat dianjurkan untuk mengonsumsi karbohidrat sebanyak 215-300 gram setiap harinya.

Lemak

Nutrisi yang harus ada di dalam susu penambah berat badan bayi berikutnya yakni adalah lemak. Sebab, kandungan tersebut sangat efektif dalam menaikkan berat badan bayi. Agar berat badan si kecil dapat bertambah, maka ia membutuhkan asupan lemak harian sebanyak 36 gram.

Sebenarnya kandungan lemak tidak hanya bisa didapatkan dari susu saja, tapi juga dari makanan yang mengandung asam lemak tak tenuh tunggal dan ganda, seperti ikan, kacang-kacangan, keju, telur, minyak ikan, mentega, dan minyak sayur.

Omega 6

Kandungan omega 6 tak boleh ketinggalan di dalam susu penambah berat badan bayi. Menurut studi yang dirilis oleh Multidisciplianary Digital Publisihing Institude Nutrients, asam lemak omega 6 merupakan nutrisi yang dapat menambah massa lemak sehat di dalam tubuh.

Penelitian tersebut juga menyebutkan, bahwa omega 6 yang terkandung di dalam darah, sangat berpengaruh pada peningkatan berat badan bayi. Oleh sebab itu, susu penambah berat badan bayi haruslah mengandung omega 6, hal ini agar berat badannya dapat meningkat sesuai batas ideal. Untuk bayi dengan usia 7-12 bulan, Kementerian Kesehatan menetapkan kebutuhan harian omega 6 harian sebanyak 7 gram.

Vitamin D dan Kalsium

Salah satu mineral yang dibutuhkan tubuh bayi dalam proses pembentukan dan kekuatan tulangnya adalah kalsium. Namun, agar kalsium tersebut dapat bekerja secara optimal, maka tubuh harus memiliki kadar vitamin D yang cukup. Oleh karena itu, saat memilih susu penambah berat badan bayi, pastikan susu tersebut mengandung vitamin D, ya, Moms.

Nutrisi tersebut dapat membantu menyerap kalsium dan jenis mineral lainnya yang dibutuhkan dalam meningkatkan kepadatan mineral di dalam tulang. Vitamin D yang terkandung di dalam susu penggemuk tubuh dapat membantu memperkuat dan memperkeras tulang bayi, sehingga massa tulang pun ikut meningkat.

Berdasarkan Angka Kecukupan Gizi (AKG) dari Kemenkes, kebutuhan vitamin D harian bayi usia 7-12 bulan adalah sebesar 10 mikrogram, sedangkan untuk kalsium sebesar 250 gram. Moms, bisa memperoleh vitamin D dari sinar matahari, kuning telur, produk kedelai, sereal yoghurt, jamur, tiam, dan ikan berlemak.

Merk Susu Penambah Berat Badan Bayi

1. Nutricia Nutribaby Royal Acti Duobio+ 1

10 Rekomendasi Susu Penambah Berat Badan Bayi

Rekomendasi susu yang pertama, yakni ada Nutricia Nutribaby Royal Acti Duobio+ 1, merupakan susu penambah berat badan bayi 0-6 bulan. Susu bubuk yang satu ini, memiliki tekstur yang mirip dengan air susu ibu (ASI), sehingga sangat mudah dicerna oleh usus bayi.

Nutricia Nutribaby ini juga dilengkapi dengan 18 jenis vitamin dan 12 mineral yang lengkap untuk mendukung pertumbuhan bayi lebih optimal dan meningkatkan fungsi organ tubuh bayi. Omega 3 dan omega 6 yang terkandung dalam susu ini sangat baik untuk meningkatkan potensi otak bayi sehingga bisa tumbuh menjadi anak yang cerdas.

Harga susu: Rp96.000-262.600

Untuk tahu bagaimana susu tersebut, mari simak review susu penambah berat badan bayi berikut ini:

2. Morinaga BMT Platinum

10 Rekomendasi Susu Penambah Berat Badan Bayi
orami.co.id

Kalau susu yang satu ini, bisa diberikan kepada bayi yang baru lahir hingga berumur enam bulan. Morinaga BMT Platinum dapat dijadikan sebagai pendamping maupun pengganti ASI sesuai dengan anjuran dokter. Terdapat kandungan Laktoferin yang dapat membantu tubuh bayi menyerap zat besi lebih baik, mengatasi berbagai jenis penyakit infeksi pada bayi, dan membantu bayi tumbuh sehat dengan baik. Kandungan vitamin dan mineral dalam susu ini juga mampu membuat tubuh bayi menjadi lebih sehat dan mengalami pertumbuhan yang baik.

Harga susu: Rp137.500-275.500

Review susu penambah berat badan bayi Morigana BMT Platinum:

3. Susu Frisolac Gold 1

10 Rekomendasi Susu Penambah Berat Badan Bayi

Frisolac Gold 1 menjadi salah satu pilihan susu penambah berat badan bayi usia 0-6 bulan. Di mana susu ini dapat memenuhi kebutuhan nutrisi bayi, terutama untuk bayi yang tidak mengonsumsi ASI. Susu ini bisa diberikan kepada sang buah hati dengan anjuran dokter. Apa saja sih kandungan yang terdapat di dalam Frisolac Gold 1?

Di antaranya yakni ada Lactobacillus Csaei, Nukleotida, dan Prebiotik Bifidobactium yang melindungi saluran cerna bayi dari bakteri jahat sekaligus menstimulasi sistem imun. Sementara kolin sebagai kelompok vitamin B akan membantu mengoptimalkan tumbuh kembang bayi.

Harga susu: Rp551.900-586.000

4. Dancow Advanced Excelnutri+ 1+

10 Rekomendasi Susu Penambah Berat Badan Bayi
merkbagus.id

Rekomendasi susu penambah berat badan bayi 1 tahun berikutnya ada Dancow Advanced Ecelnutri+ 1+. Susu dengan merk yang sudah tidak asing lagi ini, sangat aman dikonsumsi oleh bayi sebagai pendamping ASI, pastinya tidak akan membuat anak bosan meminum ASI. Sehingga susu ini cocok sekali bagi para ibu yang kekurangan ASI atau memiliki masalah dengan air susu yang sulit keluar.

Apalagi, kandungan Lactobacillus rhamnosusnya 3 kali lebih banyak dari susu pendamping lainnya, loh. Tak heran kalau Dancow Adavanced Excelnutri+ 1+ ini dapat memberikan perlindungan imun yang belum terbentuk sempurna. Selain itu, juga mampu mengatasi masalah saluran pencernaan anak hingga saluran pernapasan yang belum terbentuk sempurna.

Harga susu: Rp79.800-101.000

5. NAN PH Pro 1

 

10 Rekomendasi Susu Penambah Berat Badan Bayi
id.carousell.com

Pilihan susu penambah berat badan bayi yang berikutnya ada NAN PH Pro 1. Susu formula ini, aman dikonsumsi untuk bayo baru lahir hingga usia enam bulan. Kendati demikian, berikanlah susu ini pada bayi sesuai dengan anjuran dokter dan usahakanlah agar bayi tetap mengonsumsi ASI.

NAN PH Pro 1 dengan rasa plain memiliki kandungan Optipro HA Protein hypoallergenic, Bifidobacterium Lactis, dan DHA yang mampu mencukupi kebutuhan nutrisi si kecil. Bahkan, susu ini pun dapat mengurangi risiko alergi pada bayi, loh.

Harga susu: Rp325.000-507.000

Review susu penambah berat badan bayi NAN PH Pro 1:

6. Arla Baby & Me Organic

10 Rekomendasi Susu Penambah Berat Badan Bayi

Menurut penelitian, susu formula yang berasal dari sapi organik memiliki nilai gizi yang tinggi daripada sapi biasa. Si buah hati bisa mendapatkan manfaat tersebut dengan cara mengonsumi susu organik. Lantas, merk apa yang bisa dipilih? Seruni merekomendasikan para orangtua untuk memilih susu penambah berat badan bayi dengan merk Arla Baby & Me Organic.

Susu yang satu ini diproduksi dari sapi organik yang berkualitas. Perlu diketahui, bahwa sapi yang mengonsumsi rumput organik tidak terpapar pestisida dan tidak diberi suntikan hormon untuk meningkatkan produksi susunya. Tentunya susu ini baik bagi kesehatan bayi dan jauh lebih ramah lingkungan.

Harga susu: Mulai dari Rp139.000

7. Enfamil A+1

10 Rekomendasi Susu Penambah Berat Badan Bayi
susumurahonline.com

Sedang mencari susu pendamping ASI? Selain beberapa susu di atas, Moms juga bisa pilih Enfamil A+1 ini, loh. Susu ini bisa diberikan pada bayi mulai dari usia 0-6 bulan. Tak perlu khawatir untuk memberikannya pada si kecil, karena susu ini sudah teruji secara klinis dapat mendukung mempri dan problem solving alias kemampuan dalam memecahkan masalah, serta membantu mempertahankan konsentrasi.

Adapun sejumlah nutrisi penting yang terdapat di dalamnya yakni mulai dari DHA, ARA, dan Prebiotik GOS yang baik untuk kesehatan saluran cerna dan tumbuh kembang si kecil. Enfamil A+1 diproduksi oleh Mead Johnson, perusahaan asal AS. Perusahaan ini memformulasikan nutrisi yang terkandung dalam susu berdasarkan ilmu pengetahuan dan penelitian ilmiah sehingga takarannya pas untuk memenuhi kebutuhan bayi.

Harga susu: Rp145.000-1.500.000

Review susu penambah berat badan bayi Enfamil A+1:

8. Nestle Lactogen 1 Gold

10 Rekomendasi Susu Penambah Berat Badan Bayi
cekaja.com

Susu penambah berat badan bayi berikutnya ada Nestle Lactogen 1 Gold. Susu ini mengandung protein, 12 vitamin, karbohidrat, lemak, dan 11 mineral yang dapat membantu pertumbuhan sel-sel dalam tubuh bayi. Selain itu, susu penambah berat badan bayi usia 0-6 bulan ini juga mengandung zat besi, LA, dan ALA.

Untuk mendukung kesehatan fungsi saluran cerna bayi, Nestle Lactogen 1 Gold juga mengandung prebiotik dengan serat Frukto Oligo Sakarida (FOS) dan Galakto Oligo Sakarida (GOS). Kandungan DHA dalam susu pun bagus untuk perkembangan otak anak. Dalam susu ini terdapat pula kandungan zat besi untuk mencegah anemia akibat defisiensi zat besi.

Harga susu: Rp109.000-130.000

Review susu penambah berat badan bayi Lactogen 1 Gold:

9. Similac Advance 2

10 Rekomendasi Susu Penambah Berat Badan Bayi
misteraladin.com

Pada sejumlah kasus, bayo yang mengonsumsi susu formula bisa mengalami kontipasi alias sembelit. Mengapa hal ini bisa terjadi? Perlu kita tahu, bahwa hal ini dapat terjadi lantaran tekstur susu kurang lembut, sehingga bayi sulit untuk mencernannya. Maka hindarilah tersebut dengan memberinya susu formula yang mengandung minyak nabati, salah satu yang bisa Moms pilih adalah Similac Advance 2.

Minyak nabati yang terkandung pada susu tersebut berasal dari minyak bunga matahari tinggi oleat, minyak kelapa, dan minyak kedelai. Susu formula yang baik adalah bisa dicerna oleh tubuh bayi dan tidak menyebabkan konstipasi. Pada akhirnya, pertumbuhan bayi Anda bisa maksimal karena gizinya terserap secara optimal.

Harga susu: Mulai dari Rp127.600

10. Bebelove Nutricia 1

10 Rekomendasi Susu Penambah Berat Badan Bayi

Bebelove Nutricia 1 juga merupakan susu formula yang dapat menambah berat badan bayi. Susu untuk bayi usia 0-6 bulan ini mengandung nutrisi yang sesuai dengan kebutuhan si kecil loh, Moms.

Di dalam susu terkandung kalsium yang berperan penting dalam pertumbuhan tulang dan gigi, zat besi untuk mencegah anemia, dan prebiotik FOS untuk kesehatan pencernaan bayi. Susu rasa plain ini akan menjadi favorit si kecil dan terbebas dari kandungan gula sehingga membuat bayi aman dari obesitas.

Harga susu: Rp320.000-576.000

Review susu penambah berat badan bayi Bebelove Nutricia 1:

Baca Juga: 20 Manfaat Susu Beruang untuk Kesehatan

Cara Menyajikan

Jika ingin memberikan susu penambah berat badan pada si kecil, perhatikanlah dosis yang tepat, agar susu tersebut tidak memicu kenaikan yang berlebihan. Pemberian susu penambah berat badan yang aman adalah secara bertahap, mulai dari 300-500 kkal per hari.

Pada satu gelas susu, umumnya mengandung 200 kkaal, sementara bayi membutuhkan kalori sebanyak 1000-2000. Berdasarkan angka tersebut, maka pemberian susu penggemuk badan tidak boleh lebih dari 2000 kkal sehari. Bayi membutuhkan makanan padat yang mengandung kalori serta semua nutrisi penting untuk tumbuh kembangnya sebagai seumber asupan utamanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.