20 Manfaat Susu Beruang untuk Kesehatan

20 Manfaat Susu Beruang untuk Kesehatan
gitacinta.com

Seruni.id – Manfaat susu beruang sepertinya tidak perlu diragukan lagi. Terutama untuk kesehatan dan menambah stamina. Meski namanya susu beruang, tapi produk susu ‘Bear Brand’ dari Nestle ini bukanlah dihasilkan dari beruang sungguhan, sekali pun pada kemasannya terdapat gambar beruang, melainkankan hanya sekadar merek saja.

20 Manfaat Susu Beruang untuk Kesehatan
honestdocs.id

Susu Bear Brand sendiri terbuat dari susu sapi asli yang disterilkan dengan sedemikian rupa agar kemurniannya tetap terjaga, serta terhindar dari kontaminasi kuman penyebab penyakit. Karena proses sterilisasinya yang maksimal, membuat olahan susu ini memiliki manfaat yang lebih daripada susu sapi biasa.

Namun, sebelum membahas lebih jauh mengenai manfaat susu beruang serta kandungan yang ada di dalamnya, Seruni ingin memberitahu kalian sejumlah fakta menarik tentang susu beruang nih. Pastinya kamu penasaran ‘kan bagaimana faktanya? Berikut ulasannya:

Fakta Menarik Tentang Susu Beruang

  • Susu beruang ternyata merupakan produk olahan susu Baarenmarke asli Swiss yang telah ada sejak tahun 1898.
  • Bear Brand pertama kali diperkenalkan sejak lebih dari satu abad lalu, tepatnya pada 1906 unutk versi sterilized milk.
  • Produk ini dipasarkan dengan nama merk Marca Oso di Filipina, yang merupakan bahasa Spanyol untuk “Bear Brand”.
  • Pada tahun 2014 lalu, perusahaan riset konsumen menempatkan susu Bear Brand sebagai salah satu Fast Moving Consumer Goods (FMCG) paling populer.
  • Gambar beruang yang terdapat pada kemasakan baru muncul pada tahun 1992.

Kandungan Susu Beruang

Sebelum mengetahui apa saja manfaat susu beruang, ada baiknya kita juga mengetahui apa saja kandungan yang ada di dalamnya. Susu beruang ini memiliki banyak kandungan gizi, seperti protein, lemak, dan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Adapun vitamin yang terkandung di dalamnya antara lain seperti vitamin A, B1, B2, B6, B12, C, dan D.

Vitamin B6 berkhasiat untuk melembapkan kulit tubuh dan wajah, sedangkan vitamin D berkhasiat utnuk membuat kulit lebih kencang. Selain itu, susu beruang juga mengandung mineral yang dibutuhkan tubuh. Nah, berikut ini Seruni juga telah merangkum informasi gizi yang terkandung dalam satu kaleng susu beruang:

  • Fosfor
  • Kalori: 120 kilokalori
  • Karbohidrat: 9 gram
  • Kalsium
  • Lemak: 7 gram
  • Magnesium
  • Protein: 6 gram
  • Sodium: 115 miligram

Macam-maam Varian Susu Beruang

Susu beruang yang dijual di pasaran tersedia dengan berbagai macam varian, tentunya dengan kandungan gizi yang sama baiknya. Berikut variannya:

Original

Varian susu beruang yang pertama ada original, di mana susu ini terbuat dari 100% susu sapi murni tanpa tambahan pengawet dan bahan lainnya. Rasanya cukup enak dan bikin ketagihan.

Gold White Tea

Selain ada yang original, susu beruang dari Bear Brand ini juga memiliki varian gold white tea. Varian yang satu ini memiliki aroma serta rasa teh, jadi sangat cocok untuk kalian yang tidak susu murni. Dengan kandungan vitamin E yang tinggi, membuat susu beruang sangat bermanfaat sebagai antioksidan bagi tubuh. Bentuknya pun lebih mini, sehingga mudah dibawa ke mana saja.

Gold White Malt

Kandunga malt pada varian berikut ini, membuat susu beruang sangat baik dikonsumsi setelah banyak menghabiskan energi. Sehingga baik sekali jika diminum setelah melakukan aktvitas berat, misalnya sehabis olahraga.

Manfaat Susu Beruang

1. Menetralkan Racun di Dalam Tubuh

Manfaat susu beruang yang pertama, yakni dapat menetralkan racun yang ada di dalam tubuh. Dengan kandungan nutrisinya, membuat susu beruang efektif untuk mengeluarkan racun di dalam tubuh, yang nantinya dibuang melalui pencernaan. Jadi, tak perlu heran, kalau kamu keracunan makanan, maka susu beruang bisa menjadi pertolongan pertama.

2. Menyembuhkan Penyakit Paru-paru

Manfaat susu beruang yang berikut ini rasanya tak perlu kita ragukan lagi. Sebab, kandungan vitamin yang ada di dalamnya ternyata memiliki manfaat yang sangat baik bagi sel paru-paru. Dengan manfaat susu beruang yang diperoleh dari vitamin tersebut, akan membuat paru-paru menjadi bebas dari serangan virus ataupun paparan debu berbahaya dari luar.

3. Mempercepat Penyembuhan Penyakit Flu

Tahukah kamu? Ternyata susu beruang juga bermanfaat untuk mempercepat menyembuhan flu, loh. Hal ini karena adanya kandungan vitamin C yang tinggi di dalamnya dan mampu menjaga imun dari serangan virus flu yang bisa datang kapan saja. Jadi, untuk mempercepat penyembuhan flu, jangan ragu untuk mengonsumsi susu beruang secara rutin.

4. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Salah satu manfaat susu beruang yang paling bisa dirasakan adalah mampu mendukung sistem kekebalan tubuh. Dengan meningkatkan sistem imunitas di dalam tubuh, membuat penyakit tidak akan mudah menyerang serta membuat tubuh segar dan berstamina setiap hari.

5. Mengontrol Kolesterol

Penyakit berbahaya seperti serangan jantung dan stroke, bisa dipicu karena kolesterol yang tinggu. Oleh sebab itu, sangat disarankan untuk selalu mengontol kolesterol, agar hal yang tak diinginkan tidak terjadi. Mengontrol kolesterol bisa dilakukan dengan cara menjalankan hidup sehat dan mengonsumsi susu beruang. Hal ini karena susu beruang mengandung lemak baik yang mampu menekan kadar kolesterol.

6. Membersihkan Aliran Darah

Karena susu beruang mengandung antioksidan tinggi, sehingga tak heran kalau susu beruang bermanfaat untuk membersihkan aliran darah. Bukan hanya itu saja, kandungan antioksidan tersebut juga membersihkan organ di dalam tubuh, yaitu rongga dada, perut, dan hati.

7. Mengatasi Penyakit Tipes

Banyak orang yang mengatakan bahwa manfaat susu beruang dapat mengatasi penyakit tipes. Lantas, benarkah demikian? Nah, menurut ahli, susu steril seperti Bear Brand ini memang mampu memberikan manfaat dalam meredakan peradangan pada susu yang terjadi pada penderita tipes. Meski demikian, susu beruang tidak bisa dijadikan sebagai satu-satunya obat dalam mengatasi tipes. Menjadi asupan nutrisi dan gizi dari makanan lain, serta menjalani instruksi dokter juga penting dilakukan dalam mengatasi tipes.

8. Meningkatkan Fungsi Otak

Manfaat susu beruang yang tak kalah penting yakni dapat meningkatkan fungsi otak agar tetap prima. Hal ini karena kandungan protein yang tinggi di dalamnya. Salah satu manfaat protein adalah meningkatkan fungsi otak.

9. Mencegah Penuaan Dini

Penuaan memang akan terjadi seriring bertambahnya usia, meski demikian tentunya kita harus menjaga kesehatan kulit dan wajah, ‘kan? Untuk mendapatkan hal tersebut, kamu harus mengonsumsi makanan serta minuman yang kaya akan vitamin, kandungan tersebut bisa didapatkan dari susu beruang. Manfaat susu beruang ini tidak perlu diragukan lagi untuk menjaga kesehatan kulit, mengurangi kerutan, serta dapat meregenerasi sel kulit mati. Dengan begitu kamu akan terhindar dari penuaan dini.

10. Mencegah Osteoporosis

Osteoporosis terjadi karena adanya penurunan kepadatan tulang. Untuk itu, manfaat susu beruang mungkin bisa membantu mencegah terjadinya osteoporosis di kemudian hari. Karena susu beruang mengandung tinggi kalsium dan vitamin, sehingga sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang.

11. Mencegah Terjadinya Kerusakan pada Kulit

Manfaat susu beruang tidak hanya untuk organ di dalam tubuh saja, tapi juga dapat mencegah terjadinya kerusakan kulit wajah. Susu steril yang mengandung vitamin A, C, dan E ini mampu menjaga dan memperbaiki kulit. Selain itu, susu beruang juga bisa kamu manfaatkan sebagai masker wajah untuk membuatnya lebih lembap, cerah, dan bebas jerawat.

12. Membuat Tidur Lebih Nyeyak

Sulit mendapatkan waktu tidur yang berkualitas? Kamu harus merasakan manfaat susu beruang yang satu ini nih, dengan mengonsumsi susu beruang sebelum tidur, tubuhmu akan menjadi lebih rileks dan nyaman, sehingga kamu akan mendapatkan waktu tidur yang baik.

13. Mencerahkan Kulit Wajah

Manfaat susu beruang berkat vitamin dan mineral di dalamnya dapat menutrisi kulit wajah. Untuk merasakan manfaat susu beruang yang satu ini, kamu perlu menggunakannya sebagai masker wajah. Penggunaannya secara rutin, dipercaya mampu membuat kulit menjadi lebih cerah dan mampu menghilangkan belang, sehingga warna kulit akan lebih merata.

14. Menjadi Sumber Energi

Susu beruang bisa kita konsumsi kapan saja, baik pagi, siang, sore, maupun malam. Namun, pada waktu tertentu, seperti pagi dan siang hari, mengonsumsi susu beruang dapat menjadi sebuah energi, loh. Dengan begitu, tubuh tidak lemas atau mengantuk saat beraktivitas.

Susu beruang adalah sumber energi yang baik untu tubuh, hal ini karena di dalamnya terdapat kandungan vitamin B kompleks seperti vitamin B1, B2, B6, dan B12. Kandungan vitamin B kompleks yang terdapat di dalamnya, bisa dimanfaatkan untuk tumbuh kembang anak, mempercepat metabolisme tubuh, serta membantu meningkatkan sistem imunitas tubuh.

15. Baik Bagi Ibu Hamil

Karena diolah dengan cara dipateurisasi, membuat susu beruang aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Bukan hanya itu, kandungan vitamin dan mineral di dalamnya pun, mampu memenuhi nutrisi sekaligus menjaga daya tahan tubuh janin dan sang ibu.

16. Mengatasi Jerawat

Kehadiran jerawat membuat kita tidak nyaman dan kekurangan rasa percaya diri. Untuk mengatasinya, kamu bisa memanfaatkan susu beruang, loh. Manfaat susu beruang selain bisa mengatasi masalah jerawat, juga dapat menyamarkan bekasnya. Selain itu, kamu bisa mencampurkannya dengan bahan alami lain yang dibuat menjadi masker wajah.

17. Baik Bagi Perokok

Manfaat susu beruang bisa juga dirasakan oleh para perokok. Karena ketika mengonsumsinya secara rutin, akan ada efek relaksasi bagi tubuh. Selain itu, serangan bakteri dan bau mulut akibat rokok pun bisa diminimalisir.

18. Menghaluskan Kulit Wajah

Manfaat susu beruang untuk wajah, dapat menghaluskannya secara alami. Susu beruang bisa dijadikan sebagai masker dan digunakan dengan rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Manfaat ini bisa kamu rasakan karena susu sterilisasi ini memiliki kandungan nutrisi yang dapat membantu meregeneraasi kulit wajah.

19. Menurunkan Berat Badan

Susu beruang sangat aman untuk dikonsumsi, terlebih bagi kamu yang sedang menjalankan program penurunan berat badan dan menderita obesitas. Mengonsumsi susu beruang akan membuat perut kenyang lebih lama. Kamu pun bisa mengonsumsinya kapan saja. Namun, lebih disarankan untuk dikonsumsi sebelum makan, agar porsi makan bisa terkontrol.

Karena susu ini memiliki kandungan yang rendah lemak, sehingga tidak akan membuat perut menjadi buncit. Susu ini juga mampu melancarkan sistem pencernaan, serta dapat mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh.

20. Memperkuat Tulang dan Gigi

Sudah sejak lama, mengonsumsi susu secara rutin dapat memperkuat tulang dan gigi. Ini karena kombinasi zat gizi di dalamnya, termasuk kalsium, fosfor, kalium, protein, dan vitamin K. Semua zat gizi tersebut sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang. Sekitar 99% kalsium pada tubuh kita tersimpan di tulang dan gigi.

Cara Memanfaatkan Susu Beruang untuk Wajah

Setelah tahu apa saja manfaat susu beruang, kini saatnya kamu harus mencaritahu bagaimana cara memanfaatkannya untuk wajah, sehingga mendapatkan hasil yang maksimal. Berikut ini Seruni telah merangkum beberapa cara yang dapat kamu lakukan dalam mengaplikasikan susu beruang untuk wajah, yaitu:

Susu Beruang Murni Tanpa Campuran

Untuk mengaplikasikannya pada wajah, kamu hanya membutuhkan satu kaleung susu beruang tawar dan kapas saja.

Caranya:

  • Tuangkan susu beruang sedikit saja di dalam wadah.
  • Lalu rendam kapas di dalamnya.
  • Tunggulah beberapa saat, kemudian oleskan ke wajah secara merata. Kemudian biarkan selama kurang lebih 10 menit.
  • Terakhir bilas dengan air.

Susu Beruang dengan Tepung Beras

Caranya:

  • Pertama-tama, tuangkan 1 sendok teh tepung beras ke dalam wadah dan tambahkan susu beruang secukupnya.
  • Setelah tercampur, oleskan ke seluruh permukaan wajah.
  • Biarkan selama 10-15 menit.
  • Bilas dengan air.

Susu Beruang dengan Kopi

Caranya:

  • Tuangkan bubuk kopi murni ke dalam wadah secukupnya. Tambahkan susu beruang secukupnya, dan aduk hingga tercampur rata.
  • Oleskan ke seluruh permukaan wajah. Tunggu selama 10-15 menit. Jika sudah, bilas sampai bersih.

Susu Beruang dengan Kunyit

Caranya:

  • Siapkan wadah, masukkan 1 sendok makan susu beruang dan secukupnya taburan bubuk kunyit.
  • Jangan lupa tambahkan beberapa tetes jeruk lemon, aduk semua bahan sampai tercampur rata.
  • Cuci wajahmu dengan air hangat terlebih dahulu, barulah aplikasikan masker ke wajah secara merata.
  • Tunggu sampai 15 menit dan bilas.

Susu Beruang dengan Madu

Caranya:

  • Langkah pertama, tuang 1 sendok makan susu beruang bersama 1 sendok makan madu murni ke kedua telapak tangan.
  • Kemudian gosokkan ke wajah dengan gerakan memutar sambil memijatnya.
  • Lakukan selama 2-3 menit. Kemudian bilas hingga bersih.

Baca Juga: Gejala Alergi Susu pada Orang Dewasa dan Cara Mengatasinya

Itulah informasi mengenai manfaat susu beruang yang bisa Seruni berikan kepada kalian. Ternyata manfaatnya sangat banyak dan luar biasa. Untuk mengimbangi manfaat susu beruang tersebut, jangan lupa menerapkan pola hidup yang sehat, ya. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.