Tahu Gimbal Khas Semarang, Maknyus Rek!

Seruni.id – Kuliner khas Indonesia memang sangat luar biasa beragam dan semuanya enak-enak. Dari sabang sampai merauke, 34 provinsi di negara ini, semuanya memiliki makanan khas sendiri-sendiri yang patut dicoba jika kita berkunjung ke setiap daerahnya. Salah satunya adalah makanan khas kota Semarang yang nagih banget untuk disantap, yakni Tahu Gimbal.

Tahu gimbal banyak sekali bisa ditemui di Semarang, seperti misalnya di sepanjang simpang lima Semarang, pasti banyak kita jumpai makanan khas yang nikmat dan nagih ini.

Sebenarnya apa sih tahu gimbal itu? Tahu gimbal merupakan sebuah makanan dengan tahu goreng dan bakwan udang sebagai bahan pokoknya.  Sementara gimbal adalah sebutan untuk udang bagi orang Semarang, bukan rambut gimbal yang banyak orang pikir ya, hehe.

Udang atau gimbal ini dicampur dengan adonan bakwan sehingga menjadi bakwan udang. Kemudian tahu goreng dan bakwan tersebut dipotong-potong menjadi kecil. Bumbu yang digunakan untuk membuat tahu gimbal adalah daun sereh, rempah-rempah, kencur, jeruk, daun salam, pandan, dan bawang putih. Tahu gimbal ini diberi bumbu kacang yang dihaluskan dengan bawang putih ditambah garam secukupnya serta kecap. Rasanya manis, gurih, pokoknya maknyus rek!

Nah, jajanan khas Semarang Tahu Gimbal ini biasanya beroperasi mulai dari siang hari hingga malam hari. Apalagi jika malam libur, jajanan ini akan lebih ramai dikunjungi pembeli, sambil bermain-main naik kereta kencana dan berfoto di simpang lima, setelahnya wajib menyantap makanan khas ini, pasti dijamin ketagihan deh!

Bagaimana dengan harganya, apakah menguras kantong cukup dalam? Tenang saja, harga tahu gimbal juga sangat terjangkau sekali, yaitu sekitar 10.000-15.000an saja jika lengkap pakai udang dan bisa lebih murah jika anda tidak pakai udang. Satu porsi tahu gimbal ini juga cukup mengenyangkan loh karena isinya banyak dan lengkap nutrisinya mulai dari karbohidrat, protein, lemak, dan lain sebagainya.

Jadi kalau jalan-jalan atau liburan ke Semarang, jangan lupa menyantap tahu gimbalnya ya, jangan sampai terlewat, karena akan menyesal kemudian nanti, 😀

Semoga bermanfaat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.