Tanda Kulit Dehidrasi Saat Puasa dan Cara Mengatasinya

Tanda Kulit Dehidrasi Saat Puasa dan Cara Mengatasinya
google.com

Seruni.id – Saat berpuasa, tubuh akan kekurangan cairan sehingga membuat kita mengalami dehidrasi. Hal ini sangat terlihat jelas pada area kulit. Saat kamu menemukan tanda kulit dehidrasi, maka sebaiknya segeralah melakukan beberapa langkah cepat sehingga dapat dengan mudah ditangani.

Tanda Kulit Dehidrasi Saat Puasa dan Cara Mengatasinya
google.com

Tanda kulit dehidrasi tentunya terlihat lebih kering. Namun, kulit dehidrasi berbeda dengan kulit kering, ya. Karena kulit kering ditandai oleh lebih sedikit kelenjar penghasil minak pada waah dan tubuh yang mengurangi sebum pada permukaan kulit sehingga membuatnya kering. Sedangkan, kulit dehidrasi disebabkan karena kurangnya kelembapan di kulit dan tidak berkaitan dengan minyak.

Nah, adapun beberapa ciri-ciri yang biasa kamu lihat dan reasakan saat mengalami kulit dehidrasi yaitu sebagai berikut:

• Gatal
• Keriput
• Kulit tampak kusam
• Kering
• Perubahan warna di sekitar mata

Tanda umum lainnya, yaitu muncul kemerahan, peradangan, jerawat, keritng di sekitar mulut, dan kulit yang melar. Kulit juga akan kehilangan kekenyalannya saat mengalami dehidrasi. Apakah kamu mengalami tanda-tanda seperti yang telah disebutkan? Jika iya, tak perlu khawatir berlebih, ya. Karena masalah ini masih bisa diatasi, dengan melakukan beberapa langkah perawatan berikut ini.

Cara Mengatasi Kulit Dehidrasi

1. Banyak Minum Air Putih

Jangan sampai tubuhmu kehilangan cairan ketika sedang berpuasa. Seperti yang sudah dijelaskan, kekurangan cairan saat puasa, menjadi salah satu penyebab kulit kering. Kamu mesti tahu bagaimana cara mencukupi kebutuhan cairan ketika berpuasa. Caranya adalah dengan rutin meminum dua gelas air putih saat sahur dan dua gelas saat berbuka, dan empat gelas pada malah hari. Dengan begitu, cairan di dalam tubuh pun tetap dapat kamu cukupi serta dapat terhindar dari kulit wajah yang kering.

2. Jangan Mengonsumsi Gorengan Secara Berlebihan

Agar kulit tidak dehidrasi saat berpuasa, sebaiknya hindari pula mengonsumsi gorengan berlebih ketika berbuka. Sebab, makanan yang mengandung minyak kurang baik untuk dikonsumsi. Dengan mengonsumsi gorengan, tubuh pun akan lebih cepat dehidrasi sehingga dapat memengaruhi kelembapan kulit wajah. Maka dari itu, sebaiknya hindari makan gorengan saat berbuka puasa, ya.

3. Makan Buah dan Sayur

Saat berbuka ataupun sahur, jangan lupa untuk mengonsumsi buah dan sayuran, ya. Sebab, buah dan sayuran dapat memenuhi kebutuhan vitamin untuk kulit. Namun sebelumnya, pilihlah buah dan sayur yang banyak mengandung air, seperti jeruk dan selada agar dapat memberikan tambahan yang dibutuhkan tubuh.

4. Gunakan Pelembap

Pelembap mengandung vitamin dan antioksidan penting bersama dengan asam Hyaluronic, senyawa alami yang dapat menyelamatkan kulit dehidrasi dan mengembalikan kekenyalan. Setelah mencuci kulit, sebaiknya segeralah untuk menggunakan pelembap. Aplikasikan sebelum kulit mengering, sehingga kelembapan kulit tetap terjaga. Sediakan pula mist untuk mengidrasi kulit saat bepergian. Semprotkan ke wajah tiap kali terasa kering.

5. Jangan Begadang

Di bulan puasa kamu akan terjaga saat dini hari untuk sahur. Sebelum sahur, usahakanlah untuk tidur lebih awal agar kulit tidak kering. Tidur yang cukup akan dapat meregenerasi kulit untuk bekerja lebih baik.

6. Rajin Menggunakan Masker

Salah satu cara menghindari kulit dehidrasi adalah dengan rajin menggunakan masker. Masker dapat membantu melembapkan wajah yang telah beraktivitas seharian. Gunakanlah masker di malam hari sebelum tidur untuk membuat wajah lebih lembap di pagi hari.

7. Jangan Mandi Terlalu Lama

Seringkali kita menghabiskan waktu lama saat sedang mandi. Memang sih ini membuat kita menjadi lebih segar. Namun, siapa sangka, mandi terlalu lama akan membuat kulit menjadi kering terutama ketika menggunakan air hangat. Semakin lama mandi akan membuat larutan lemak dalam kulit akan semakin larut dan membuat kulit menjadi kering. Pada saat kering, lapisan pelindung kulit akan terganggu. Hal ini akan membuat kulit menjadi rapuh dan membuat bakteri akan dengan mudah masuk dan menimbulkan keluhan wajah kering.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Hand Cream yang Efektif Atasi Kulit Kering

Itulah tanda-tanda kulit dehidrasi serta cara mengatasinya. Semoga artikel ini dapat membantu kalian untuk mencegah dehidrasi, ya. Selamat mencoba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.