15 Tanda Penyakit Kista yang Harus Kita Waspadai Sejak Dini

0
bancodasaude.com

Seruni.id – Sebagai wanita kita tidak boleh mengabaikan dan menganggap bahwa penyakit kista adalah hal biasa. Anda pun harus tahu tanda penyakit kista yang harus diwaspadai. Kista adalah penyakit yang banyak menghantui kaum wanita, karena penyakit ini sering menyerang wanita.

Kista merupakan sejenis tumor jinak yang terbungkus selaput semacam jaringan, dan sel-sel tumor tersebut terpisah dengan jaringan normal yang berada disekitarnya, dan tidak akan menyebar ke bagian lainnya, sehingga kista atau tumor jinak ini dapat dengan mudah di angkat melalui proses pembedahan. Kista sering menyerang kaum wanita, khususnya menyerang organ reproduksi, kista umumnya tumbuh di dalam rahim dan indung telur, selain itu kista juga bisa tumbuh di vagina dan di bagian luar alat kelamin wanita.

Related image
manfaatqncjellygamat.com

Kista berbentuk sebuah benjolan yang berisi cairan kental, dan ada juga yang berisi udara dan nanah. Kista juga memiliki ukuran yang bervariasi ada yang kecil, sedang dan juga yang berukuran besar dan ganas, dengan kata lain membahayakan. Untuk ukuran yang kecil, biasanya tidak menunjukkan gejala apapun pada sipenderita, namun untuk ukuran yang besar dan ganas, biasanya akan menunjukkan beberapa gejala. Berikut tanda penyakit kista yang perlu kita waspadai.

Bagian Perut Bawah Terasa Tidak Nyaman

Rasa tidak nyaman dan rasa sakit pada perut bagian bawah merupakan tanda penyakit kista yang pertama, hal itu disebabkan karena kondisi rahim yang sedang meradang atau inveksi yang diakibatkan karena kista yang terus membesar, dan letak rahim itu sendiri berada di perut bagian bawah .

Susah Buang Air Besar

Tanda penyakit kista yang lainnya adalah susah untuk buang air besar. Kondisi tersebut disebabkan karena ukuran kista yang terus membesar menyebabkan terhimpitnya bagian rektrum, akibatnya si penderita sulit untuk buang air besar.

Sering Buang Air Kecil

Kista yang terus membesar menyebabkan kandung kemih menjadi terhimpit dan mengecilkan ruang kandung kemih sehingga mengakibatkan air seni sulit untuk disimpan dalam jumlah yang banyak, sehingga sering dikeluarkan secara terus menerus melalui buang air kecil.

Perut Membesar

Ukuran kista yang terus menerus membesar juga berpengaruh pada ukuran perut, perut juga akan semakin membesar layaknya seperti orang yang sedang mangandung janin (hamil).

Sesak Nafas

Ukuran kista yang semakin membesar dari waktu kewaktu juga menyebabkan terhimpitnya paru-paru atau organ pernafasan, sehingga mengakibatkan sipenderita kesulitan bernafas (sesak nafas).

Denyut Jantung Menjadi Lebih Cepat

Denyut jantung yang menjadi lebih cepat diperkirakan disebabkan karena pendarahan akibat pecahnya kista, semakin banyak darah yang keluar maka denyut jantung akan semakin meningkat.

Mual dan Muntah

Selain perut membesar seperti orang yang sedang hamil, tanda penyakit kista dalam rahim juga bisa menyebabkan hormon yang dihasilkan pun menyerupai hormon orang yang sedang hamil, maka tidak heran bila si pendertia juga akan mengalami mual dan muntah.

Menstruasi Tidak Teratur

Tanda penyakit kista lainnya adalah menstruasi yang tidak lancar dan tidak teratur, hal tersebut dikarenakan adanya pertumbuhan sel yang tidak normal di dalam rahim menyebabkan terhambatnya darah kotor yang akan di buang.

Nyeri Saat Berhubungan Intim

Nyeri saat berhubungan intim pada penderita kista disebabkan karena leher rahim yang terhimpit yang di akibatkan karena ukuran kista yang semakin membesar.

Perut Terasa Begah dan Kembung

Perut terasa kembung pada penderita kista juga disebabkan karena ukuran kista yang terus membesar memenuhi ruangan perut, atau bisa juga karena kista di dalam rahim tersebut pecah dan mengakibatkan perut di penuhi cairan yang menumpuk.

Demam Tinggi

Demam tinggi disini disebabkan karena adanya perlawanan tubuh atau sistem imun terhadap penyakit kista tersebut.

Baca Juga: Para Dokter Cilik Ini Membantu Mencegah Demam Berdarah di Semarang. Hebat!

Perut Terasa Tertekan

Perut juga akan terasa tertekan ketika kista di dalam rahim terus menerus membesar dan menghimpit organ lainnya.

Sakit pada Bagian Punggung

Tanda penyakit kista yang membesar dan tidak segera ditangani akan membuat Anda merasa nyeri luar biasa bahkan sampai ke paha. Jika Anda mengalami nyeri seperti ini saat Anda tidak habis jatuh atau terantuk, bisa jadi Anda terkena kista.

Adanya Benjolan di Bagian Perut

Hal ini sering terjadi saat kista menyerang usia lanjut di atas 50 tahun dan telah menoupause. Penanganan kista pada usia lanjut akan lebih sulit penanganannya. Sebaiknya jaga pola hidup dan pola makan agar anda terhindar dari penyakit kista.

Berat Badan Menurun

Terjadinya penurunan berat badan pada penderita penyakit kista disebabkan karena pola makan yang tidak optimal, dan juga disebabkan karena mudah merasa kenyang yang di akibatkan karena kista yang terus membesar.

Baca Juga: Ini Cara Mudah Turunkan Berat Badan Saat Tidur di Malam Hari

Itulah tanda penyakit kista yang harus kita waspadai sejak dini. Jangan menyepelekan apalagi tidak peduli dengan kesehatan diri sendiri. Dengan mengetahui semua tandanya, Anda bisa berjaga-jaga jika Anda merasakan salah satunya. Bisa langsung diatasi karena Anda awas dengan keadaan. Kalau bukan diri sendiri yang peduli dengan kesehatan tubuh, siapa lagi?

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.