Telapak Tangan Gatal? Waspadai Penyakit Serius

Telapak Tangan Gatal? Waspadai Penyakit Serius
nshamka.com

Seruni.id – Telapak tangan gatal kerap disebabkan oleh kondisi kulit. Namun, juga bisa menandakan masalah mendasar yang lebih serius. Biasanya rasa gatal yang muncul disertai dengan ruam atau kemerahan pada kulit.

Telapak Tangan Gatal? Waspadai Penyakit Serius
cabel-set.ru

Umumnya rasa gatal tersebut disebabkan oleh beberapa kondisi ringan, seperti kulit kering, iritasi kulit, infeksi jamur kulit, impertigo, hingga reaksi alergi. Selain beberapa kondisi tersebut, telapak tangan yang gatal juga bisa disebabkan oleh beberapa hal lain, seperti:

1. Diabetes

Telapak tangan yang gatal dan mengganggu, bisa terjadi karena diabetes. Ketika seseroang mengidap diabetes, maka kadar gula dalam darah yang terlalu tinggi berisiko membuat kulit kering dan terasa gatal. Menurut Express, jika kamu mengalami hal ini terus menerus ketika mederita diabetes, sebaiknya segeralah berkonsultasi dengan dokter. Sebab, beberapa pasien diabetes melaporkan, bahwa tangan atau kakinya terasa sangat gatal tanpa disertai bintik merah.

2. Eksim

Kondisi eksim atau bisa disebut dermatitis dapat terajdi pada seluruh bagian kulit tubuh. Di mana kondisi ini akan menyebabkan telapak tangan yang gatal serta gatal di kaki dikenal dengan istilah dermatitis dishidrotik. Tidak hanya itu saja, telapak tangan terasa gatal juga bisa disebabkan oleh dermatitis kontak, seperti kerusakan kulit akibat paparan deterjen, sabun, bahan kimia keras, atau alergi. Selain sensasi gatal yang tak tertahankan, gejala lain yang ditimbulkan bisa berupa ruam merah, kulit pecah-peceh, berisisik, hingga lecet.

3. Gangguan Saraf

Sejumlah kondisi yang memengaruhi sistem saraf dapat menyebabkan telapak tangan dan bagian tubuh lainnya terasa gatal. Gangguan saraf tersebut meliputi neuropati perrifer, herpes, zoster, gangguan saraf tulang belakang, epilepsi, hingga tumor otak. Selain gatal pada telapak tangan atau bagian tubuh tertentu. Harus diwaspadai, gangguan saraf ini juga bisa menyebebkan kesemutan hingga mati rasa.

4. Reaksi Alergi Terhadap Bahan Kimia Tertentu

Tak jarang, telapak tangan yang gatal disebabkan oleh paparan berulang terhadap bahan kimia tertentu. Sehingga lama-kelamaan kondisi ini menyebabkan reaksi alergi. MedicalNewsToday menjelaskan, reaksi alergi mungkin muncul 48 hingga 96 jam setelah kontak dengan alergen. Umumnya meliputi logam, pewangi pakaian atau parfum. Ketika merasa gejala mulai muncul, maka disarankan untuk mengonsumsi obat alergi. Biasanya, obat yang digunakan sebagai pertoloangan pertama yakni obat antihistamin, obat steroid, dan obat dekongestan.

5. Respons dari Obat Tertentu

Telapak tangan gatal juga bisa berkembang akibat dari sesuatu yang dikonsumsi oleh seseorang, misalnya obat. Bisa saja karena reaksi obat tersebut kemudian kondisi kulit seperti benjolan disertai dengan sensasi gatal yang berkembang saat tubuh bereaksi negatif terhadap pengobatan. Seperti yang dikutip dari NYULangone, seseorang dari segala usia bisa mengalami reaksi obat. Kebanyakan orang pulih sepenuhnya tanpa kerusakan permanen pada kulit meskipun gejala dapat bertahan selama beberapa hari atau minggu. Untuk mengatasi masalah ini, sebaiknya berbicaralah dengan dokter agar mendapatkan penanganan lebih lanjut.

6. Kudis

Penyebab telapak tangan yang gatal berikutnya adalah kudis (Scabies), yakni penyakit kulit menular yang disebabkan oleh tungau kecil yang masuk dan berkembang biak di dalam lapisan kulit terluar. Umumnya penyakit ini ditandai dengan beberapa gejala. Mulai dari gatal pada malam hari, ruam, lepuhan kecil, dan luka di beberapa bagian lipatan tubuh, seperti ketiak, siku, serta tangan dan kaki. Penyakit yang satu ini dapat tertular melalui kontak fisik dengan orang yang terkena kudis atau menggunakan peralatan pribadi, seperti handuk dan lap tangan, bergantian dengan penderita kudis.

7. Psoriasis yang Perlu Menggunakan Obat Oles

Kondisi kulit yang mengalami psoriasi menyebabkan pertumbuhan sel kulit secara lebih cepat. Kondisi ini akan membuat sel-sel kulit tidak dapat menglupas secara alami hingga menyebabkan munculnya ruam yang khas. Healthline memaparkan, selain gatal psoriasis dapat menyebabkan lepuh merah, nyeri, sendi bengkak hingga kulit pecah-pecah. Saat mengalami kondisi ini, gen yang mengontrol sinyal sistem kekebalan tubuh, sehingga sel-sel kulit bekerja secara berlebihan dan tangan pun terasa gatal. Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa menggunakan obat oles atau krim, melakukan terapi cahaya atau melalui suntikan dan infus.

Baca Juga: 9 Masalah Kesehatan yang Ditunjukan Melalui Kondisi Tangan

Itulah ketujuh penyebab telapak tangan gatal. Untuk mencegah kondisi gatal pada kulit, bisa dilakukan dengan cara rajin mandi minimal dua kali sehari dan menjaga kesehatan dengan baik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.