9 Masalah Kesehatan yang Ditunjukan Melalui Kondisi Tangan

8 Masalah Kesehatan yang Ditunjukan Melalui Kondisi Tangan
semangat45.co

Seruni.id – Ketika tubuh mengalami masalah, maka akan ada gejala yang ditimbulkan. Biasanya masalah kesehatan ini dilihat dari kondisi mata atau mulut. Namun, tanda di anggota tubuh tidak hanya dilihat dari gejala yang khas saja. Tapi kondisi tangan juga bisa menunjukkan masalah kesehatan. Dilansir dari berbagai sumber, Seruni telah merangkum beberapa perubahan yang dapat kamu amati pada tangan sekaligus kemungkinan penyakit yang bisa didapatkan.

1. Kuku Tangan Terlihat Pucat

8 Masalah Kesehatan yang Ditunjukan Melalui Kondisi Tangan
merahputih.com

Biasanya, ketika tangan terlalu lama terkena air, memang akan berubah menjadi pucat. Namun, kamu harus berhati-hati jika kuku terlihat pucat dalam waktu lama, bahkan tidak hilang sama sekali. Sebab, kondisi ini bisa saja disebabkan karena anemia. Penyakit anemia dapat menyebabkan perubahan warna kulit dan kuku menjadi lebih pucat. Mengapa demikian?

Hal ini dikarenakan jumlah sel darah merah yang lebih rendah dari jumlah normal alias sel darah merah tidak mengandung cukup hemoglobin. Coba dicek kondisi kukumu saat ini, jika warnanya merah muda pucat atau kuning, maka ini bisa menjadi tanda bahwa kamu kekurangan zat besi. Pucat pada umumnya di area tertentu seperti wajah, kelopak mata bagian bawah dan kuku yang mungkin merupakan tanda defisiensi besi sedang hingga parah. Biasanya penderita anemia mengalami sesak napas, kelelahan, pusing atau sakit kepala.

2. Tangan Tidak Sensitif dan Sering Kesemutan

8 Masalah Kesehatan yang Ditunjukan Melalui Kondisi Tangan
tehasiantparent.com

Kondisi ini bisanya terjadi pada mereka yang kerap menghabiskan waktu di depan layar komputer. Masalah kesehatan ini dapat terjadi karena saraf sensoris di area tangan tersebut terjepit dalam waktu lama. Biasanya rasa ini akan kembali lagi setelah beberapa waktu. Akan tetapi, jika kmau sering merasakan kondisi ini tanpa alasan yang jelas, bisa saja kamu mengalami anemia, diabetes, sindrom carpal tunnel atau kondisi serius lainnya. Apabila masalah kesehatan ini masih terus berlangsung, sebaiknya segeralah hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan yang serius.

3. Telapak Tangan yang Memerah

8 Masalah Kesehatan yang Ditunjukan Melalui Kondisi Tangan
klikdoter.com

Coba cek kondisi telapak tanganmu, apakah berwarna merah normal atau justru memerah? Apabila telapak tanganmu terlihat memerah seperti bintik-bintik darah, bisa jadi ini menjadi tanda gejala penyakit sirosis hati. Kondisi telapak tangan yang memerah biasanya disebut dengan palmar eritrema.

Penyababnya karena ada perubahan keseimbangan hormonal yang mengakibatkan pelebaran pembuluh darah. Palmer eritrema kerap terjadi pada bagain bawah telapak tangan. Namun tak jarang, juga memanjang hingga ke jari-jari yang mungkin menyerupai ruam dan kulit akan berubah pucat ketika ditekan. Sedangkan, cirrhosis atau sorosis adalah penyakit yang disebabkan karena kerusakan hati jangka panjang.

4. Tangan Gemetar

8 Masalah Kesehatan yang Ditunjukan Melalui Kondisi Tangan
dream.co.id

Tangan yang gemetar memang sangat menganggu segala aktivitas, terlebih bagi 4% orang dewasa dengan usia di atas 40 tahun.Hal yang paling bisa diperkirakan lewat gejala tangan gemetar adalah parkinson. Namun, hal lain yang bisa menjadi sumber masalah ini adalah kelenjar tiroid yang overaktif. Stres, alkohol dan kafein juga bisa menjadi sumber penyebab tangan gemetar.

5. Ujung Jari Menggelembung

8 Masalah Kesehatan yang Ditunjukan Melalui Kondisi Tangan
today.line.me

Apabila terlihat ujung jari yang menggelembung, sebaiknya segeralah periksakan tekanan darah dan denyut nadi secara rutin dengan dokter. Jika terlihat adanya perubahan pada kuku, hal itu biasanya dikarenakan oleh kadar oksigen yang rendah. Kelainan bentuk kuku jari ini dapat diindikasikan memiliki penyakit paru dan jantung.

Ketika ujung jari sedikit membesar dan kuku melengkung bisa menjadi pertanda penyakit paru-paru, penyakit radang usus, penyakit kardiovaskular (penyakit jantung) hingga penyakit hati. Sedangkan, penyakit paru-paru bisa tergolong ringan atau serius dan dapat membahayakan nyawa penderita. Pada umumnya akan mengalami gejala seperti nyeri dada, sering merasa linglung dan sesak napas.

6. Telapak Tangan Sering Berkeringat

8 Masalah Kesehatan yang Ditunjukan Melalui Kondisi Tangan
health.grid.id

Banyak yang bilang, kondisi telapak tangan yang selalu berkeringat merupakan salah satu tanda masalah kesehatan, yakni lemah jantung. Akan tetapi, kondisi ini ternyata disebabkan oleh organ yang mampu memproduksi keringat berlebih, stres serta terlalu banyak mengonsumsi alkohol. Antiperspirant bisa menjadi solusi untuk hal ini. Batasi pula konsumsi alkohol dan cobalah untuk bisa mengontrol tingkat stresmu. Selain itu, meditasi juga bisa menjadi kunci untuk mengatasi hal ini.

7. Jari Membengkak

8 Masalah Kesehatan yang Ditunjukan Melalui Kondisi Tangan
doktersehat.com

Jangan khawatir ketika jari jemarimu membengkak, hal ini biasanya terjadi jika kamu sedang menstruasi, terlalu banyak mengonsumsi garam, memiliki terlalu banyak cairan tubuh, ataupun dehidrasi. Namun, kamu harus berhati-hati ketika kondisi ini disertai rasa pegal, karena bisa saja itu merupakan gejala penyakit rheumatoid arthritis.

8. Kulit Tangan Kering

8 Masalah Kesehatan yang Ditunjukan Melalui Kondisi Tangan
99.co

Terlalu sering mencuci tangan dengan sabun bukanlah satu-satunya faktor penyebab tangan menjadi kering. Masalah kesehatan yang satu ini, bisa dikarenakan dehidrasi atau tubuh kekurangan cairan. Alasan lainnya adalah masuk ke fase menopause, ketidakefektifan hormon estrogen, hingga kelenjar tiroid yang kurang aktif. Untuk mengatasinya, cobalah untuk memperbanyak minum air putih dan jangan lupa untuk menggunakan krim pelembap kulit. Apabila kondisi ini dikarenakan permasalahan hormone, segeralah ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

9. Benjolan Kuning

8 Masalah Kesehatan yang Ditunjukan Melalui Kondisi Tangan
intisari.grid.id

Benjolan kuning pada tangan bisa dikoneksikan dengan tingginya kadar kolesterolmu. Kalau kamu sedang mengakanu kasus ini dan menggenggam tanganmu, kamu bisa melihat kolesterol yang tersimpan di tangan tersebut.Tanpa adanya penanganan lebih lanjut, kasus ini mampu membunuh penderitanya lewat serangan jantung, karena kadar kolesterol yang terlalu tinggi.

Baca Juga: Kulit Tangan Kering Akibat Sering Cuci Tangan? Ini Cara Mengatasinya!

Itulah sembilan masalah kesehatan yang ditunjukan melalui  kondisi tangan yang patut kamu ketahui dan waspadai. Apakah kamu sedang mengalami gejala seperti yang sudah Seruni jelaskan? Jika itu mengacu kepada gejala penyakit kronis, maka segaralah ke dokter untuk mendapatkan pengobatan lebih lanjut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.