12 Daftar Tempat Jajan Bakso Lava yang Pedasnya Bikin Nagih

  • Bagikan
12 Daftar Tempat Jajan Bakso Lava yang Pedasnya Bikin Nagih
birik.id

Seruni.id – Jangan mengaku pencinta makanan pedas kalau belum pernah merasakan kelezatan dan kenikmatan bakso lava, bakso yang cukup fenomenal ini memiliki rasa yang sangat pedas dengan ukuran yang super besar. Umumnya bakso hanya berupa adonan daging yang berbentuk seperti bola-bola. Tersedia dalam pilihan polos, urat, terlur, atau isi daging tetelan yang kerap disebut bakso rudal.

12 Daftar Tempat Jajan Bakso Lava yang Pedasnya Bikin Nagih
liburanyuk.com

Namun, berbeda dengan bakso lava, bakso yang satu ini cukup unik. Diberi nama lava karena bakso akan mengalirkan kuah merah layaknya lava gunung berapi saat dibelah. Kuah lava tersebut terbuat dari cabai rawit yang pedasnya nampol. Jumlahnya bukan hanya satu atau dua, tapi berlimpah. Bakso tersebut kini jadi menu favorit di beberapa gerai bakso. Banyak penggemar bakso tertantang untuk menikmati sensasi pedasnya bakso lava. Kalau kamu penasaran dan ingin segera mencicipi, berikut ini Seruni telah merangkum beberapa tempat makan bakso lava di berbagai daerah, siapa tahu salah satunya adalah tempat yang terdekat denganmu.

1. Bakso Rusuk Joss, Bogor

Buat kamu warga Bogor yang ingin mencicipi bakso lava pedas, kamu bisa datang ke gerai Bakso Rusuk Joss yang berada di Jl. Pandu Raya No. 71, RT02/16, Tegal Gundil, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor, Jawa Barat. Di tempat ini, tersedia berbagai menu bakso, loh. Mulai dari bakso jumbo besar, bakso bumbu bakar, bakso buaya, bakso rusuk setan, dan menu andalan di restoran ini, yaitu bakso lava. Bakso lava menjadi menu wajib para pelanggan di sana, loh.

Cara penyajiannya cukup unik dan berbeda dari biasanya, bulatan bola daging yang cukup besar ini tersaji di atas hotplate. Untuk menyantapnya bakso harus diguyur terlebih dahulu dengan saus barbeque yang disajikan secara terpisah. Bakso tersebut tidak hanya berlumuran cabai saja, tapi ada beberapa bakso kecil di dalamnya. Kelezatan bakso ini sungguh juara, dagingnya terasa kuat dengan tekstur bakso yang kenyal. Kalau kamu ingin mencicipi menu bakso lava, disarankan untuk datang lebih awal, ya. Sebab, semakin siang restoran akan semakin ramai. Harga untuk satu pori bakso lava dibanderol dengan harga Rp115.000 saja.

2. Bakso Rusuk Doodle Art, Bandung

Kalau kamu warga Bandung dan gemar mencari kulineran berkuah, Seruni sarankan untuk datang ke gerai Bakso Rusuk Doodle Art yang berlokasi di Jl. AH. Nasution No. 45, Ujung berung. Di kedai ini tersedia berbagai menu bakso, yakni rusuk bomber, bakso buaya, hingga bakso lava. Namun, buat kamu pencinta pedas, kamu wajib banget mencicipi menu bakso lava nih.

Bakso tersebut disajikan dengan kuah merah dan kental. Dari mangkuk bakso yang dihidangkan akan tercium aroma pedas cabai bercampur aroma sedap khas daging. Di dalam bakso tersebut pun terdapat potongan cabai rawit dan bakso kecil. Untuk satu porsinya dijual seharga Rp50 ribu, bakso rusuk bomber seberat 1,5 kg seporsinya Rp70 ribu, sedangkan bakso buaya Rp90 ribu. Selain ketiga menu tersebut, mereka juga punya menu lainnya, loh.

3. Bakso Rusuk Joss Semanan, Jakarta Barat

Kamu yang berada di kawasan Jakarta Barat, jangan lupa mampir dan cicipi kelezatan bakso lava yang ada di Bakso Rusuk Joss Semanan. Meski di kedai ini banyak menu yang bisa kamu pilih, tapi Seruni sarankan untuk mencoba bakso lava. Bakso dengan irisan cabai rawit ini jadi favorit banyak orang, loh. Nah, kamu juga bisa memilih menu lain nih, seperti bakso pizza dengan topping mozzarella atau bakso hotplate ori dengan tambahan saus barbeque.

Bakso yang disajikan di kedai ini sudah terjamin halal, ya. Satu porsi bakso lava dijual seharga Rp128 ribu, bakso pizza Rp68 ribu, dan bakso hotplate Rp29 ribu. Oh ya kedai ini berlokasi di Jl. Taman Semanan Indah, Blok H No. 5, Daan Mogot, Jakarta Barat.

4. Bakso Rusuk Joss, Bekasi

Di daerah Bekasi, tepatnya di Perumahan Pesona Metropolitan, Nanggrong, Bekasi, Jawa Barat, juga ada bakso lava, loh. Bisa dibilang bakso di sini merupakan paket komplit, karena selain bakso, di dalamnya juga berisi mie, sayuran, dan kuah bakso yang berfungsi sebagai penetralisir rasa pedas. Selain itu, ada pula beberapa saus siram yang dicampur dengan beberapa jenis saus. Ada saus kemasan, saus barbeque, dan saus nana yang diracik secara khusus.

Kemudian, bakso dihidangkan di atas hotplate. Karena ukurannya yang cukup besar, sebelum memakannya kamu harus membelahnya menjadi dua bagian. Setiap pelanggan pasti akan dibuat terkejut, karena sambal lumer dan cabainya sangat melimpah, loh. Para pencinta pedas pasti sangat suka. Apalagi teksturnya sangat lembut dengan daging yang tebal dan padat. Perpaduan antara sambal cabai dan baksonya pun sangat lezat, tidak terlalu pedas, tapi bikin nagih. Bakso berukuran besar itu ternyata memiliki berat mencapai 1,2 kilogram. Karena porsinya yang cukup besar, mungkin bisa dinikmati untuk tiga sampai empat orang.

5. Bakso Rusuk Joss, Cibinong

Bakso Rusuk Joss memang juara, sejak dirintis tahun 2015 lalu, kini kedai bakso ini sudah memiliki cabang di mana-mana, salah satunya di kawasan Cibinong. Bagi warga Cibinong, kamu bisa mendatangi tempat ini yang berlokasi di Komplek Ruko Hijau, No. 7, Jalan Raya Sukahati Cibinong, Kelurahan Sukahati, Cibinong, Bogor, Jawa Barat. Tempatnya cukup luas, bahkan bisa menampung lebih dari 50-70 orang.

Untuk mencicipi hiadangan  yang sangat fenomenal, disarankan untuk datang lebih awal. Karena biasanya di sore hari menu tersebut sudah habis. Jam operasinya dimulai pukul 10:00-22.00 WIB. Tempat ini menjadi sorotan karena sudah diliput beberapa kali oleh stasiun TV ternama. Selain masuk ke beberapa stasiun televisi, Bakso Rusuk Joss juga populer di media sosial, loh.

6. Bakso Ngeces, Banten

Tempat makan berikutnya ada di daerah Banten, tepatnya di Jl. Kadu Kacang No. 184, Baubantar, Cimanuk, Pandeglang. Tempat dengan nama Bakso Ngeces ini memiliki menu bakso lava julid dengan isian yang berlimah. Bakso berukuran besar disajikan di atas hotplate yang menghasilkan asap tipis dan suara desis saat disiram dengan saus. Saat bakso dibelah, di dalamnya terdapat pula bakso mini dan sambal cabai madun yang segar dan pedasnya bikin ketagihan.

Buat kamu pencinta keju, di sini juga tersedia bakso baper dengan isisn berpua bakso kecil dan keju mozzarella. Tidak hanya bakso lava, tapi banyak sekali varian bakso yang bisa kamu cicipi. Mulai dari bakso iga yang dibalut dengan adonan bakso hingga bakso japanes style berbentuk pilih yang disajikan dengan kentang, wortel, buncis, saus kecap, dan saus barbeque. Harganya pun sangat terjangkau, yakni mulai Rp15 ribu – Rp45 ribu per porsi.

7. Bakso dan Mie Ayam Bamieta, Lampung

Kamu yang berada di Lampung, juga bisa menikmati lezat dan pedasnya bakso lava di kedai Bakso dan Mie Ayam Bamieta yang beralamat di Jl. Pulau Legundi No. 206, Suarame. Kedai bakso ini sudah berdiri sejak 2018 lalu, dan bakso yang dijual terbuat dari daging sapi pilihan. Pemilik kedai bakso ini, yakni Septa Karwan pun menjamin semua menu bakso yang ia jual halal untuk Muslim.

Bakso dengan berat hampir 1 kilogram menjadi menu andalan di kedai tersebut. Di dalamnya terdapat berbagai isian, mulai dari telur puyuh, bakso kecil cabai ceplak, dan saus cabai. Menu bakso berukuran jumbo ini bisa dinikmati oleh empat orang yang dijual dengan harga Rp120 ribu. Selain big lava, tentu saja masih banyak menu bakso dan mie ayam lainnya yang tak kalah lezat.

Beberapa di antaranya adalah lava krakatau, bakso judez, bakso urat pedas, bakso melted cheese, bakso ranjau hitam, bakso big mozzarella, mie ayam original, mie ayam jamur, mie karet ayam jamur, dan masih banyak lagi menu lainnya.

8. Bakso Rusuk Joss, Ciracas

Bakso Rusuk Joss memang memiliki beberapa cabang di Jakarta, salah satunya berada di Jl. Pengantin Ali No. 30, Ciracas, Jakarta Timur. Menu bakso yang ada di kedai ini, tidak hanya enak, tapi memiliki beragam bentuk yang unik. Ada yang berbentuk buaya, mangkuk, dan ada pula bakso yang disajikan dengan menggunakan hotplate. Dengan hotplate tersebut kamu bisa memasak telur di atasnya, loh.

Meski namanya bakso rusuk, tapi menu yang menjadi favorit adalah bakso lava. Soal rasa, dijamin nagih, terutama bagi kamu pencinta makanan pedas. Harga untuk satu porsi bakso lava adalah Rp128 ribu dan Rp165 ribu unutk bakso rusuk. Kamu bisa nyaman makan bakso di sini, karena terdapat tempat makan indoor dan ada pula tempat khusus untuk yang merokok. Tempat ini tak pernah sepi pengunjung, kebanyakan dari mereka penasaran dengan rasa yang pedasnya. Nah, kalau kamu tidak ingin terjebak antrean, sebaiknya hindari datang pada jam makan siang hingga sore hari.

9. Bakso Lava Dek Ahttar, Sumatera Utara

Untuk kamu yang berada di Pulau Sumatera, kamu juga bisa mencicipi kenikmatan bakso lava di Bakso Lava Dek Ahttar, loh. Tempat ini berlokasi di Jl. Pendidikan Dusun 2, Desa Peyagmbr, Batangkuis. Ada dua jenis bakso yang ditawarkan di kedai ini, yakni bakso lava mercon dan bakso lava boom.

Meski sama-sama lava, tapi isiannya berbeda. Bakso lava mercon isinya adalah tetelan sapi dan cabai, sedangkan bakso lava boom berisi bakso, telur puyuh, dan cabai. Selain bakso lava kamu juga bisa menikmati hidangan bakso lainnya seperti bakso lobster dan bakso seafood.

10. Bakso Rusuk Joss, Bintaro

Untuk kamu yang tinggal di kawasan Bintaro, jangan lewatkan untuk mencicipi nikmatnya bakso lava yang fenomenal ini. Kedai bakso ini berlokasi di Jl. Boulevard Graha Raya Bintaro, Blok N1 No. 7, Bintaro, Tangerang Selatan. Bakso di sini memiliki berat 1 kilogram yang tersaji di atas hotplate. Sensasi pedas dari baksonya  bikin kamu ketagihan, apalagi daging baksonya lembut dan terasa gurih dinikmati bersama dengan kuah kaldu. Untuk satu porsinya dijual seharga Rp50 ribu.

11. Bakso Lava Ummu Akbar, Medan

Bakso lava yang super pedas dan nikmat juga bisa nikimati oleh para pencinta bakso di Medan. Salah satu tempatnya adalah Bakso Lava Ummu Akbar yang beralamat di Jl. Pahlawan Tanjung Morawa dan cabangnya di Jl. Panglima Denai Ujung Simpang 3. Kedai ini menyediakan beragam menu bakso unik dan super pedas. Yuk segera datang dan cicipi.

12. Bakso Hilda Tanjung Morawa, Medan

Masih di Sumarera Utara, tempat makan bakso yang juga wajib kamu coba adalah Bakso Hilda Tanjung Morawa. Ini merupakan kedai bakso pertama di Medan yang menyajikan bakso di atas hotplate. Menu andalan di kedai ini adalah bakso lava dan gunung merapi. Bakso di sini disajikan dengan hotplate lengkap dengan pendampingnya seperti saus, kuah, kentang, dan sayur. Di dalamnya ada bakso-bakso mini dan cabai. Untuk kuah bakso di sini terbuat tanpa micin alias kaldu asli, lho!

Daging yang digunakan untuk membuat bakso adalah daging sapi dan daging ayam. Selain itu, tersedia pula bakso presiden Saddam Husein yang mana daging baksonya berlapis keju. Untuk bakso gunung merapi, di dalam bakso terdapat isian berupa telur rebus dan sambal yang banyak. Tempat makan bakso ini beralamat di Jl. Panglima Denai No.123, Denai. Satu porsi bakso lava di sini cukup terjangkau, yakni hanya Rp 30 ribuan.

Baca Juga: 15 Resep Kuah Bakso Super Sedap, Wajib Coba!

Itulah beberapa rekomendasi tempat makan bakso lava yang ada di berbagai daerah. Buat kamu yang ingin mencicipinya, jangan lupa untuk menyajikan penawar rasa pedas, ya. Karena rasanya cukup pedas, kamu perlu berhati-hati. Pastikan perutmu tidak kosong sebelum memakannya, ya. Selamat mencoba!

  • Bagikan
seruni.id