7 Tips Agar Hijab Tetap Tegak Tanpa Hair Spray

  • Bagikan
7 Tips Agar Hijab Tetap Tegak Tanpa Hair Spray
akurat.co

Seruni.id – Bagaimana caranya agar hijab tetap tegak meski tanpa menggunakan hair spray? Beberapa cara di bawah ini, bisa kamu praktikan agar tidak pusing dengan hijab yang selalu tampak berantakan.

7 Tips Agar Hijab Tetap Tegak Tanpa Hair Spray
stylo.grid.id

Pasti rasanya kesal deh, kalau sebentar-sebentar harus merapikan hijab yang suka mleyot alias bentuknya berantakan? Selain berantakan, terkadang hijab yang kurang rapi, akan mengurangi kepercayaan diri. Kalau sekadar digunakan saat hangout sama teman, mungkin tidak menjadi masalah besar. Namun, bagaimana jadinya jika kerudung berantakan ketika sedang menghadiri acara resmi? Pasti kamu tidak ingin hal ini terjadi, kan? Agar hijab tetap tegak danti badai, ada loh triknya. Berikut Seruni telah merangkumnya dari berbagai sumber:

 

1. Perhatikan Cara Pencuciannya

Ternyata cara pencucian hijab sangat berpengaruh terhadap tegak atau tidaknya hijab tersebut, loh. Agar tetap bersih dan terhindar dari bau apek, disarankan untuk mencucinya dengan menggunakan cuka. Selain itu, perhatikan juga detergen yang digunakan. Lebih baik, gunakan detergen cair daripada bubuk. Sebab, sabun bubuk hanya akan meninggalkan residu jika tidak dicuci sampai bersih. Disarankan juga, untuk tidak mencuci menggunakan mesin cuci, karena dapat mempengaruhi tekstur kain. Perubahan tekstur kain, menjadi salah satu penyebab utama jilbab mudah kusut dan sulit dibentuk.

 

2. Setrika Sebelum Digunakan

Agar hijab tetap tegak, sebelum digunakan, pastikan kamu menyetrikanya terlebih dahulu. Untuk membentuk lengkungan sempurna, kamu harus menyetrika dengan dibentangkan terlebih dahulu. Setrika setiap bagian dengan seksama dan pastikan tidak ada yang terlewat. Hindari menyetrika kerudung dengan melipat menjadi segitiga, ya. Karena membentuk lekukan atau garis akan membuat hijab sulit dibentuk. Jika dilipat, pastikan bagian lekukan hijab di kepala tidak terlipat.

 

3. Gunakan Inner Hijab

Selain agar tidak ada rambut yang terlihat, memakai inner juga sangat berfungsi agar hijab tetap tegak. Sehingga hijab akan tetap menempal pada inner. Jika kamu menggunakan hijab tanpa inner, maka akan memudahkan posisi hijab bergeser dan lebih mudah berubah karena rambutmu yang licin.

 

4. Perhatikan Bahan Kerudung

Selanjutnya, jangan lupa untuk memperhtaikan bahan kerudung yang kamu gunakan. Agar hijab tetap tegak, pastikan kamu memiilih kerudung dengan bahan yang mudah menyerap keringat dan teksturnya tidak licin. Sebab, bahan kerudung yang agak kaku, akan membuatnya lebih mudah dibentuk dan tidak gampang berantakan.

Hindari pula mengenakan kerudung dengan bahan mengkilap, apalgi hanya untuk beraktivitas berhari-hari, karena licin dan mudah bergeser. Walaupun hijab mengkilap membuat penampilan menjadi lebih menarik, tapi karena licin menjadi sulit untuk dibentuk. Dengan alasan kenyamanan dan kemudahan, disarankan untuk menggunakan kerudung dari bahan katun.

 

5. Kenakan Hair Clip

Saat ini, banyak hair clip dengan model-model yang lucu. Bahkan fungsinya tidak hanya membuat rambut menjadi cantik, tapi juga bisa dimanfaatkan sebagai aksesori hijab. Dengan memakai hair clip gemas di hijab, selain jadi aksen justru hijab kamu tetap rapi dan posisinya tiak berubah alias anti mleyot, loh.

 

6. Hindari Mengenakan Kerudung Saat Rambut Basah

Saat terburu-buru dan rambut masih dalam keadaan basah, mungkin kita akan langsung mengenakan hijab. Padahal, menggunakan kerudung ketika rambut basah akan menyebabkan kerudung tidak dapat berdiri tegak dan berantakan. Selain berdampak pada penampilan, mengenakan kerudung saat rambut masih basah memengaruhi kesehatan rambut dan kulit kepala. Kebiasaan ini memicu penumpukan ketombe di kulit kepala, juga memicu rambut lepek dan berminyak. Jadi, sebaiknya keringkan rambut terlebih dulu ya Moms sebelum mengenakan kerudung.

 

7. Menguncir Rambut

Cara terakhir agar hijab tetap tegak tanpa hair spray adalah dengan menguncir rambut sebelum mengenakan kerudung. Menguncir tidak membuat rambut berantakan dan memengaruhi penampilan kerudung secara keseluruhan. Dengan begitu kerung menjadi lebih mudah dibentuk dan tidak mudah kusut atau melorot. Berkaitan dengan jenis kunciran rambut yang cocok, pilih yang sesuai dengan kenyamanan. Disarankan untuk membuat cepolan dengan ukuran sedang di bagian belakang kepala. Kunciran ini juga berfungsi sebagai penyangga kerudung agar tetap rapi dan tidak mudah bergerak.

Baca Juga: 10 Warna Hijab yang Cocok Dipadukan dengan Baju Hitam

Jadi, itulah beberapa cara agar kerudung tetap tegak tanpa hair spray. Setelah mencoba sejumlah cara tersebut, semoga kerudung yang digunakan tidak berantakan dan dapat menunjang aktivitas harian yang dilakukan.

  • Bagikan