8 Tips Agar Pernikahan Hasil Perjodohan Bahagia dan Rukun

  • Bagikan
8 Tips Agar Pernikahan Hasil Perjodohan Bahagia dan Rukun
maucash.com

Seruni.id – Pasangan yang menikah karena perjodohan, tentunya hanya punya sedikit waktu untuk saling mengenal satu sama lain. Tak menutup kemungkinan, jika pernikahan hasil perjodohan dapat menimbulkan kesalahpahaman hingga perselisihan kecil di dalam rumah tangga.

8 Tips Agar Pernikahan Hasil Perjodohan Bahagia dan Rukun
halodoc.com

Nah, buat kalian yang menikah karena dijodohkan orang tua, Seruni punya beberapa tips nih agar pernikahan yang kalian jalankan berjalan bahagia dan selalu rukun. Disimak, ya!

1. Komunikasi adalah Kunci

Kunci utama agar rumah tangga bahagia dan langgeng adalah komunikasi, sekalipun pernikahan yang dijalankan adalah hasil dari perjodohan. Sebab, semakin baik komuniasi yang kalian bangun, maka akan semakin baik pula untuk mengenal satu sama lain.

2. Berusaha Mengenal Satu Sama Lain

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, pernikahan hasil perjodohan memiliki waktu yang lebih singkat untuk mengenal satu sama lain. Berbeda jika sebelumnya kalian sudah saling mengenal. Namun, jangan khawatir, ya. Sebab, setelah menikah kalian bisa mencoba untuk saling mengenal lebih jauh, loh.

Dengan begitu, kalian akan mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang diri masing-masing. Begitu pun sebaliknya, beritahu juga padanya tentang tujuan dan prioritas hidupmu setelah menikah. Ini bertujuan agar pasangan suami istri memiliki visi dan misi yang sama, sehingga nantinya akan menciptakan keluarga yang harmonis.

3. Cobalah Mengenal Keluarganya

Agar pernikahan hasil perjodohan berjalan baik dan bahagia, sebaiknya satu sama lain harus saling mengenal keluarga dari pasangan. Cari tahu lebih banyak mengenai keluarga dari suami serta pahamilah sisi keluarganya. Tapi ingat, ya, bukan hanya keluarga inti saja, tapi seluruh keluarga besarnya.

Cobalah untuk lebih dekat dengan keluarganya. Ingatlah momen-momen spesialnya, seperti ulang tahun mertua dan kakak ipar. Selain itu, kalian bisa bertukar cerita mengenai hal-hal menyenangkan yang terjadi di masa kecil dan saat remaja.

4. Jangan Lelah Mencari Percikan Cinta

Menumbuhkan rasa cinta pada orang yang baru dikenal, dalam hal ini pernikahan hasil perjodohan, tidaklah mudah, bahkan tidak bisa terjadi hanya dalam waktu semalaman. Meski demikian, jangan pernah lelah untuk menumbuhkan benih-benih cinta di antara kalian. Hal ini memang membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Jadi, biarkan dirimu menemukan percikan cinta dalam pernikahan hasil perjodohan.

5. Bicarakan Tentang Masa Lalu

Membicarakan masa lalu, perlu juga dilakukan, jika kalian merasa cukup nyaman untuk mendiskusikannya. Kehidupan seseorang tentu tak lepas dari masa lalunya. Oleh karena itu, jika kamu ingin mengenal pasangan lebih dekat, dengarkan pula cerita mengenai masa lalunya dan orang-orang yang terlibat di dalamnya.

Perlu diingat, bahwa tidak ada satupun orang yang sempurna. Kalau hal-hal dari masa lalunya tidak sesuai harapan dan mengecewakan. Cobalah untuk menerima dan jangan menghakiminya. Ingatlah bahwa pernikahan ini akan menjadi awal baru untuk kalian berdua.

6. Cobalah Jujur untuk Segala Hal

Agar pernikahan hasil perjodohan bahagia, cobalah untuk jujur dan terbuka tentang segala hal. Apabila sedang menghadapi masalah, sekarang kamu tak perlu lagi menanggungnya sendiri. Jangan ragu curahkan keraguan dan keluh kesah di hadapan pasangan. Jangan lupa minta minta saran dan bantuan darinya. Kalian juga bisa mengatasi masalah berdua. Hal ini akan membuat ikatan di antara kalian semakin erat dan lebih kompak sebagai tim.

7. Selalu Ingin Tahu

Cobalah untuk memasuki dan pelajari di dunia kecil pasagan. Menjadi ingin tahu ke mana akan membantu kamu berdua belajar hal-hal baru tentang satu sama lain dalam pernikahan yang tersebut.

8. Bicara Tentang Keuangan

Membicarakan tentang keuangan mungkin tampak terlalu dini, tapi sebenarnya ini adalah waktu yang tepat. Pasangan suami istri harus punya aturan yang jelas mengenai pemasukan dan pengeluaran dalam rumah tangga.

Cobalah untuk saling terbuka dan mengambil bagian dalam diskusi. Pasalnya, sekarang sudah menjadi tanggung jawab kalian berdua untuk menangani keuangan rumah tangga.

Baca Juga: 6 Jenis Pernikahan yang Dilarang Dalam Syariat Islam

Itulah delapan tips membangun pernikahan hasil perjodohan agar berjalan baik, bahagia, dan rukun. Kalau kamu menikah karena perjodohan, jangan ragu menerapkan tips ini, ya.

  • Bagikan
seruni.id