Tips Agar Tidak Malas Bangun untuk Shalat Malam

Tips Agar Tidak Malas Bangun untuk Shalat Malam
konsultasisyariah.com

Seruni.id – Sulit bangun di waktu sepertiga malam, menjadi tantangan terberat ketika hendak melaksakan shalat malam. Padahal tak jarang, sebeum mata terpejamkan, tekad untuk mengerjakan amalan sunnah tersebut sudah bulat sekali. Lantas, adakah tips agar tidak malas bangun untuk shalat malam? Pastinya ada dong. Nah, di bawah ini ada beberapa tipsnya yang bisa kamu lakukan.

Tips Agar Tidak Malas Bangun untuk Shalat Malam
idntimes.com

1. Niat

Pertama kali yang harus kamu lakukan ketika ingin melakukan shalat tahajud adalah niat. Niatkan di dalam hati bahwa kamu akan melaksanakan salat tahajud karena Allah SWT. Sebab, dengan niat yang kuat bisa menumbuhkan rasa semangat.

2. Membiasakan Diri untuk Tidur Awal di Awal Waktu

Kalau kamu terbiasa untuk tidur pada larut malam, bahkan hampir pagi, wajar saja jika kamu sulit sekali untuk bangun di waktu sepertiga malam. Namun, perlahan-lahan kamu harus mencoba tidur di awal waktu, setidaknya ketika kamu selesai menjalankan shalat isya.

Tentunya kamu tak akan sulit lagi bangun untuk mendirikan shalat malam. Membiasakan tidur lebih awal ternyata juga memiliki banyak manfaat, seperti mengistirahatkan tubuh lebih cepat, serta dapat memulihkan energi dan stamina. Akibatnya, ketika bangun tubuh pun menjadi lebih segar dan bugar.

3. Membuka Ventilasi yang Cukup di Kamar Menjelang Tidur

Agar tidur nyenyak, penting untuk memperhatikan sirkulasi udara yang baik. Ketika kamar menjadi sejuk karena perputaran udara, kamu akan bisa tidur lebih cepat. Sedengakan, jika sirkulasi udara buruk, kamar tentu akan menjadi pengap dan sulit untuk tidur. Maka, salah satu kunci tidur yang nyenyak adalah ventilasi udara yang cukup.

4. Memasang Alarm

Tips agar tidak malas bangun untuk shalat malam adalah dengan menyalakan alamr. Para ulama menyarankan untuk melakukan shalat tahajud di sepertiga malam, yakni pada pukul 3 dini hari. Jadi, tak ada salahnya untuk memanfaatkan alarm. Jika kamu sulit sekali bangun pada jam tersebut, agar tak kesiangan sebaiknya pasang alarm dalam tiga waktu yang berbeda, misalnya jam dua, setengah tiga, dan jam tiga.

5. Bersuci Sebelum Hendak Tidur

Biasanya untuk bersuci atau berwudhu sebelum tidur, ini bisa menjadi salah satu tips agar tetap istiqomah dalam menjalankan shalat tahajud. Sebab dengan berwudhu, memungkinkan untuk tidak digoda oleh setan yang membuat malas untuk bangun dan shalat malam.

6. Minum Segelas Air Putih Sebelum dan Sesudah Bangun Tidur

Asupan oksigen dalam air akan membantu otakmu untuk rileks dan aktif. Karena itu, cobalah selalu minum air putih menjelang tidur ditambah segelas lagi ketika bangun.

7. Jangan Makan Berlebihan

Selain itu, kamu juga harus mengontrol makan agar tak berlebihan. Karena jika makan berlebihan sebelum tidur, tubuh akan lebih lama mencerna makanan. Akibatnya, ketika tubuh sedang mencerna, tentu akan berada dalam keadaan rileks sehingga malas untuk bergerak. Rasa malas inilah yang nantinya bisa menghambat untuk bangun ketika henak melaksanakan shalat tahajud.

Baca Juga: Tata Cara Shalat Istikharah Menurut Sunnah

8. Tidur dengan Miring ke Kanan

Sesuai dengan sunah Rasulullah, adalah tidur dengan posisi miring ke kanan. Hal ini dikatakan bisa mempermudah untuk bangun di sepertiga malam. Posisi ini dapat membuat tubuh terjaga dengan baik sehingga kualitas tidur lebih optimal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.