5 Jenis Ramuan Herbal yang Tidak Boleh Dikonsumsi Ibu Hamil

5 Jenis Ramuan Herbal yang Tidak Boleh Dikonsumsi Ibu Hamil
pertanianku.com

Seruni.id – Segala jenis ramuan herbal memang baik dikonsumsi untuk kesehatan tubuh. Kebanyakan ramuan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan sangat aman jika dikonsumsi oleh ibu hamil, untuk mengatasi berbagai kondisi saat kehamilan. Seperti membantu agar dapat tidur lebih nyenyak di malam hari.

Namun, meski demikian, perlu diketahui, ternyata tak semua ramuan herbal boleh dikonsumsi oleh wanita yang sedang mengandung, loh. Maka dari itu, saat masa kehamilan penting sekali untuk mengecek apakah ramuan herbal yang dikonsumsi aman atau tidak. Nah, berikut ini adalah beberapa ramuan yang harus dihindari:

1. Rosemary

5 Jenis Ramuan Herbal yang Tidak Boleh Dikonsumsi Ibu Hamil
aaj.tv

Menginsumsi rosemary dalam jumlah besar, ternyata terbukti menganggu uterin serta akan memengaruhi siklus menstruasi ibu, bahkan saat masa kehamilan. Rosemary tetap boleh dikonsumsi, namun jika hanya dibubuhkan sebagai topping dalam jumlah sedikit.

2. Akar Manis

5 Jenis Ramuan Herbal yang Tidak Boleh Dikonsumsi Ibu Hamil
sehatq.com

Akar manis licorice merupakan tanaman berjenis polong-polongan yang berasal dari Eropa Selatan dan beberapa bagian di wilayah Asia. Kandungan pemanis di dalamnya dapat memengaruhi kemampuan berpikir pada anak sejak dalam kandungan, itulah mengapa akar manis harus dihindari. Namun, kamu masih bisa mengonsumsi licorice dalam bentuk permen selama kehamilan.

Hal ini disebabkan adanya perbedaan antara permen licorice dengan akar manis licorice. Kamu hanya perlu menghindari akar licoricenya saja selama mengandung, karena dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, suatu kondisi yang disebut pre-eklampsia atau hipertensi pada kehamilan.

3. Black Cohosh

5 Jenis Ramuan Herbal yang Tidak Boleh Dikonsumsi Ibu Hamil
thewonkypotapotechary.wordpress.com

Biasanya para ibu hamil akan menggunakan tanaman ini untuk merangsang kontraksi rahim agar mempercepat proses kelahiran. Nah, sebaiknya jangan pernah mengonsumsi black cohosh pada masa awal kehamilan, ya. Pada umumnya tanaman yang berasal dari Amerika terutama bagian tengan dan timur ini, digunakan sebagai pengobatan untuk penyakit radang sendi, demam, dan sakit tenggorokan.

4. Jus Lidah Buaya

5 Jenis Ramuan Herbal yang Tidak Boleh Dikonsumsi Ibu Hamil
sajiansedap.grid.id

Meski jus lidah buaya memang sangat menyegarkan ketika mengonsumsinya di siang hari. Akan tetapi minum jus lidah buaya sangat tidak disarankan untuk wanita hamil. Karena dapat menyebaban kontraksi rahim dan diare yang kuat. Meski jus lidah buaya terkenal memiliki banyak manfaat untuk tubuh, namun tidak sebanding juga dengan risiko yang ditimbulkan.

5. Comfrey

5 Jenis Ramuan Herbal yang Tidak Boleh Dikonsumsi Ibu Hamil
arnorldzwicky.org

Ramuan herbal yang harus dihindari ibu hamil selanjutnya adalah comfrey, yang merupakan ramuan obat populer berasal dari Eropa dan subtropis bagian Asia. Biasanya, comfrey digunakan untuk penyakit seperti terkilir. Untuk keperluan medis, comfrey biasanya digunakan dalam bentuk salep. comfrey dapat berbahaya jika dikonsumsi pada masa kehamilan sebab hal tersebut dapat mengakibatkan komplikasi hati, yang berakhir dengan kelahiran prematur. Dengan demikian, comfrey sebaiknya tidak digunakan selama masa kehamilan dan menyusui.

Baca Juga: Ramuan Herbal Untuk Mengobati Asam Urat

Nah, itu dia daftar jenis ramuan herbal yang dilarang untuk ibu hamil. Konsumsi herbal untuk ibu hamil memang kerap disebut membantu, namun alangkah lebih baiknya jika ibu hamil berkonsultasi pada dokter atau ahli gizi untuk tahu apa jenis herbal yang baik untuk kesehatan.

Hal ini penting untuk menekan efek samping herbal yang berisiko untuk kesehatan kehamilan dan disesuaikan dengan kondisi kesehatan ibu hamil masing-masing. Pemilihan herbal yang tepat tentu akan mendukung kesehatan kehamilan karena efek samping dari konsumsi herbal bisa dihindari, bukan?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.